Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban di Binjai Meningkat

Tahun lalu saat wabah PKM penjualan sempat merosot

Binjai, IDN Times - Seminggu menjelang lebaran Idul Adha tahun 2023, peternak penjual sapi kurban mulai diserbu pembeli. Seperti peternakan sapi kurban Tabebuya Farmland di Jalan Rukam, Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatra Utara.

Menurut Muhammad Irsan Sikumbang pengelola Tabebuya Farmland mengatakan, penjualanan sapi kurban di peternakannya dibandingkan tahun sebelumnya terbilang stabil. Merekapun pada tahun ini menyediakan lebih kurang 250 sapi kurban.

"Di sini ada sekitar 250 ekor sapi kurban. Penjualan tahun ini dan tahun sebelumnya stabil. Tahun yang lalu kita sediakan sekitar 300 ekor," kata Irsan, Senin (19/6/2023).

1. Penjualan kembali berjalan normal pasca wabah PMK

Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban di Binjai MeningkatPeternakan Tabebuya, yang menyiapkan hewan kurban berkualitas (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Untuk penjualanan sapi kurban, dijelaskan dia, tahun kemarin pihaknya hanya mampu menjual sekitar 50 persen saja. Karena pada waktu itu peternakan di beberapa daerah di Indonesia, tengah mewabah virus PMK.

Sedangkan itu, menjelang hari raya Idul Adha tahun 2023 ini, di peternakan sapi kurban Tabebuya Farmland, sekitar 50 persen sapi kurban sudah di-booking pembeli.

"Memang tahun kemarin penjual tengah sulit. Alhamdulillah, tahu ini penjualan mulai kembali normal dan di peternakan kami ini 50 persen sapi sudah dipesan orang," terang Irsan.

Baca Juga: 3 Cara Memilih Hewan Kurban untuk Idul Adha, Perhatikan Syariat Ya!

2. Harga yang ditawarkan mulai dari belasan hingga puluhan juta

Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban di Binjai MeningkatPeternakan Tabebuya, yang menyiapkan hewan kurban berkualitas (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Diakui dia, untuk harga hewan ternak sapi dipeternakan yang dikelola bervariasi. Mulai dari harga belasan juga hingga puluhan juta. Tergantung pembeli mau yang harga kisaran berapa dan berat dari sapi yang akan dibeli.

"Untuk harga sapi kurban ini bervariasi, dari harga Rp 13 juta-Rp 30 juta. Begitu juga dengan berat dagingnya, dari mulai 70 kilogram hingga 200 kilogram, bahkan yang mendekati 1 ton juga ada," ungkap Irsan.

3. Begini cara peternakan Tabebuya Farmland menjaga kesehatan sapi

Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban di Binjai MeningkatVaksinasi yang dilakukan dinas Ketapang, di peternakan Tabebuya Farmland (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sementara itu, untuk menjaga kualitas sapi kurban, peternakan sapi kurban Tabebuya Farmland rutin menjaga kebersihan kandang dan pakan sapi dengan steril.

"Kami juga memberi vitamin, dan kami juga bekerjsama dengan dinas peternakan untuk mengecek kesehatan sapi kita," ujar Irsan.

Tak sampai di situ, peternah sapi Tabebuya Farmland juga sudah memvaksin sapi selama dua tahun ini belakangan. "Alhamdulillah sapi di peternakan kita tidak ada yang terkena virus PMK sampai saat ini," tegas Irsan.

Baca Juga: Cara Peternakan Tabebuya Binjai Menjaga Kualitas Hewan Kurban 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya