Hujan Es Landa Kota Binjai, Pohon dan Baliho Tumbang Diterpa Angin

Sebesar guli, es berserakan di halaman rumah warga

Binjai, IDN Times - Hujan es melanda sebagian Kota Binjai, Sumatera Utara. Butiran es sebesar guli ini sempat menghantam seng dan membanjiri pelataran rumah warga, Minggu (22/5/2022).

Seperti video berdurasi sekitar 21 detik yang diabadikan Erwin (36) warga Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Sumatera Utara. Dalam video, terlihat butiran es berserak dihalaman rumahnya.

"Hujan es melanda Kota Binjai, Sumatera Utara," terang Erwin, dalam video yang dikirimnya melalui pesan WhatsApp.

1. Es hantam rumah dan seng warga sempat membuat panik

Hujan Es Landa Kota Binjai, Pohon dan Baliho Tumbang Diterpa AnginButiran es disertai hujan angin yang melanda Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Hujan es ini juga sempat membuat sebagian warga heran. Diketahui Indonesia hanya memiliki dua musim yakni musim hujan dan panas. Baru ini warga menyaksikan langsung hujan es seperti di negara-negara lain.

"Hujan es, hujan es ini, lihatlah esnya ini kalau gak percaya," jelas Hendra (34), warga Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Binjai Barat, sembari mengambil es untuk diperhatikan secara jelas kepada saudara-saudaranya.

"Iya ya, pantas tadi seng gelondengan seperti dilempati orang. Rupanya hujan es dan aku lihat tadi memang dari dalam es menghantam seng lalu terpental," sambung saudara wanitanya Erni (32).

Baca Juga: Haru, Pedagang Siomai Daftar Haji Pakai Uang Logam dan Recehan Seribu

2. Diterpa hujan dan angin, pepohonan tumbang putuskan aliran listrik

Hujan Es Landa Kota Binjai, Pohon dan Baliho Tumbang Diterpa AnginPohon yang tumbang memutuskan aliran listrik akibat diterpa hujan disertai angin di Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Hujan kali ini memang terbilang cukup deras. Tidak hanya hujan es yang membuat sebagian warga panik. Akibat hujan deras dan disertai angin kencang ini juga mengakibatkan sebagian pepohonan tumbang.

Pohon yang tumbang sempat menutupi badan jalan dan memutus aliran listrik. Padahal hujan yang terjadi hanya sekitar setengah sampai satu jam.

"Pohon dekat rumah tumbang karena dihantam angin kencang. Listrik di sinipun padam akibat kabel putus tertimpa pohon," jelas Erwin lagi.

3. Petugas gabungan dibantu masyarakat bersikan pohon tumbang

Hujan Es Landa Kota Binjai, Pohon dan Baliho Tumbang Diterpa AnginBaliho yang rusak akibat hujan disertai angin kencang di kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sejauh ini belum ada data resmi dari pihak Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, berapa jumlah pohon yang tumbang ataupun adanya kebanjiran. Pihak BPBD masih melakukan pendataan terkait kerusakan yang terjadi akibat hujan disertai angin kencang.

Dilapangan, selain pohon yang tumbang ada juga baliho yang rusak di Kota Binjai, yang rusak akibat hujan disertai angin. Sementara petugas gabungan dibantu warga mulai melakukan pembersihan.

Masyarakat memotongi pepohonan yang tumbang dan menutup badan jalan. Demikian juga dengan petugas PLN yang turun guna memperbaiki aliran listrik yang sempat terputus.

Baca Juga: Dihantui Rasa Bersalah, Pembunuh Sopir Travel Curhat ke Paranormal

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya