Gandeng BNNK dan TNI, Polres Binjai Tes Urine Sopir Angkot di Binjai

Hasil tes positif, sopir langsung diamankan untuk direhab

Binjai, IDN Times - Sopir bus lintas provinsi dan kota menjalani tes urine di Terminal Bus, Jalan Ikan Paus, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara, Selasa (28/12/2021).

Kegiatan dilaksanakan pihak kepolisian Polres Binjai bekerjasama dengan Badan Narkotikan Nasional Kota (BNNK) Binjai dan Dinas Perhubungan Kota Binjai, serta melibatkan TNI.

1. Antisipasi sopir yang dapat membahayakan masyarakat penumpang

Gandeng BNNK dan TNI, Polres Binjai Tes Urine Sopir Angkot di BinjaiTes urine yang dilakukan kepada para sopir di terminal Bus Jalan Ikan Paus, Kota Binjai (IDNTimes/ Bambang Suhandoko)

Kasat Narkoba Polres Binjai AKP Firman Imanuel mengatakan, pengecekan urine dilakukan untuk mengantisipasi adanya sopir angkutan antar kota dan lintas provinsi yang membahayakan penumpang.

"Bulan Desember liburan panjang dan cukup padat jalur mudik, baik itu dari Aceh ataupun Kota Medan," kata dia.

Kegiatan ini dilakukan, jelas dia, sesuai dengan perintah Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak. Agar seluruh sopir menjalani tes urine. "Kita antisipasi seminimal mungkin angka kecelakaan. Hal ini untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat penumpang sesuai arahan Bapak Kapoldasu," jelas dia.

2. Diharapkan sopir tidak ugal-ugalan saat berkendara

Gandeng BNNK dan TNI, Polres Binjai Tes Urine Sopir Angkot di BinjaiSopir yang diminta berhenti untuk melakukan tes urine di terminal Bus Jalan Ikan Paus, Kota Binjai (IDNTimes/ Bambang Suhandoko)

Dengan adanya kegiatan ini, dirinya berharap, agar para sopir tidak ugal-ugalan saat berkendara membawa penumpang. Sebab, belakangan ini banyak ditemukan sopir mengendarai kendaraan dengan ugal-ugalan tanpa memperdulikan keselamatan diri sendiri maupun masyarakat penumpang. 

"Keselamatan diri sendiri ataupun masyarakat penumpang harus diutamakan. Karena itulah kita harapkan kegiatan ini dapat mengantisipasi hal tersebut," terang dia.

Dalam kegiatan kali ini, dirinya memaparkan, selain di Terminal Bus Jalan Ikan Paus. Pihaknya juga mengadakan kegiatan di Jalan Megawati, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara. "Untuk di Terminal Bus, ada sekitar 15 sopir yang kita lakukan pengecekan urine," kata mantan Kasat Sabara Polres Langkat ini. 

3. Sopir positif gunakan narkoba diamankan dan direhab

Gandeng BNNK dan TNI, Polres Binjai Tes Urine Sopir Angkot di BinjaiTes urine yang dilakukan kepada para sopir di terminal Bus Jalan Ikan Paus, Kota Binjai (IDNTimes/ Bambang Suhandoko)

Dirinya menerangkan, dari belasan sopir yang diperiksa, sejauh ini tidak ada satu sopirpun yang ditemukan positif menggunakan Narkoba. Jika nantinya hasil ada sopir yang positif, maka pihaknya akan mengambil tindakan dengan langsung mengamankan dan merehab sopir.

"Kalau ada yang positif, langsung dilakukan rehabilitasi terhadap sopir. Kita juga melarang yang bersangkutan (sopir) melanjutkan perjalananya," kata Firman, saat berada di lokasi.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menghimbau kepada seluruh pengendara dan sopir lintas provinsi dan kota, agar tertib dalam berlalulintas serta selalu mematuhi rambu-rambu lalulintas. Karena menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain sanfat penting. 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya