Fungsi Sistem Penyedia Air Minum Rp948 M yang Diresmikan Jokowi

Jokowi: Saya merasakan pentingnya air sejak ke Afrika

Binjai, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang) yang berada di Marcapada, Kecamatan Binjai Selatan, Jumat (25/8/2023).  Jaringan Distribusi Utama (JDU) SPAM Mebidang yang menelan anggaran sebesar Rp. 948 miliar tersebut diresmikan Jokowi yang ditandai dengan pemutaran tuas katup air yang dilakukan langsung oleh orang nomor 1 di Indonesia ini.

"Urusan pagi ini adalah urusan air, saya bisa merasakan begitu pentingnya air setelah kemarin pagi berada di Afrika. Kita kadang tidak merasakan pentingnya air karena kita tidak pernah merasa kekurangan air. Alhamdulillah, pada pagi hari ini telah selesai Sistem Penyediaan Air Minum di Medan, Binjai, Deli Serdang, yang menelan anggaran Rp. 948 miliar," kata Jokowi dalam sambutannya.

1. Kerja sama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota

Fungsi Sistem Penyedia Air Minum Rp948 M yang Diresmikan JokowiPresiden Jokowi meresmikan SPAM Mebidang di Binjai, Jumat (25/8/2023) (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Jokowi juga mengatakan, pembangunan SPAM Mebidang itu merupakan kerjasama antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Menurutnya, jika kerjasama antara Pemerintah Pusat hingga ke Kabupaten/Kota berjalan baik, maka pembangunan di Indonesia akan semakin cepat.

"Ini kerjasama pemerintah pusat, provinsi, dan kota/kabupaten, tanahnya tanah provinsi. Kerjasama seperti ini, kalau kerja samanya baik, pembangunan juga akan berjalan dengan cepat," jelasnya.

Baca Juga: 3 Agenda Kunjungan Presiden Jokowi ke Binjai dan Deli Serdang Besok

2. SPAM berkapasitas 1.100 liter per detik

Fungsi Sistem Penyedia Air Minum Rp948 M yang Diresmikan JokowiPresiden Jokowi meresmikan SPAM Mebidang di Binjai, Jumat (25/8/2023) (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Jokowi juga menjelaskan, SPAM Regional Mebidang tersebut memiliki kapasitas 1.100 liter per detik. Menurutnya, akan ada sekitar 440 ribu jiwa yang bisa menikmati air minum.

"Ini memiliki kapasitas 1.100 liter per detik, ini juga sangat besar sekali, sehingga saya minta pada Gubernur, Bupati, Wali Kota, untuk menindaklanjuti sambungan-sambungan ke rumah tangga karena menyangkut kurang lebih 88 ribu saluran rumah tangga yang bisa tersambung karena SPAM ini, kalau dijiwakan bisa 440 ribu jiwa, sangat besar sekali," tegas Jokowi.

3. Jokowi sebelumnya kunjungi Pasar Brahrang

Fungsi Sistem Penyedia Air Minum Rp948 M yang Diresmikan JokowiPresiden Jokowi saat tiba di Binjai, Jumat (25/8/2023) (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Sebelumnya Jokowi terlihat meninjau Pasar Brahrang Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai sekitar pukul 10.00 WIB. Di sini Jokowi membagikan BLT ke para pedagang pasar yang ada di lokasi.

Didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wali Kota Binjai Amir Hamzah, Presiden Jokowi yang mengenakan berwarna putih, langsung mengunjungi sekaligus menyapa para pedagang.

"Kita ke sini untuk mengecek harga. Ada bawang merah yang harganya 20.000, ada yang 22.000. Beda di Jawa, harganya bisa 24.000 sampai 26.000. Sedangkan untuk jenis beras premium ada kenaikan sedikit," kata Jokowi.

Antusias warga pun terlihat saat Jokowi membagikan bantuan dan kaos yang diperuntukkan bagi para pedagang dan warga sekitar. Walau terlihat berjubel, masyarakat rela berdesak desakan untuk mendapatkan kaos. Bahkan sebagian warga ada yang terjatuh saat berebut kaos berwarna hitam yang bergambar Presiden Jokowi itu.

Baca Juga: Jemaah Membludak Ingin Salat Jumat Bareng Jokowi di Masjid Al-Musannif

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya