Ditutupi Pelepah, Jenazah Wanita Ditemukan di Sekitar Kebun Sawit

Semalaman tidak pulang, ditemukan sudah menjadi mayat

Binjai, IDN Times - Masyarakat yang bermukim di sekitar Dusun Jenggi Mawar I, Desa Tanjung Merahe, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara heboh. Mayat perempuan bernama Rani Angraini (23), ditemukan bersimbah darah dengan sejumlah luka yang diduga akibat hantaman benda tumpul, Kamis (24/9/2020).

Dugaan sementara, wanita yang menetap di Dusun I, Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, ini menjadi korban pembegalan. Sebab, sepeda motor yang dikendarainya hilang. Jasad ditemukan dalam kondisi telentang serta ditutupi pelepah daun sawit.

1. Ditemukan pekerja perkebunan yang kebetulan motornya mogok

Ditutupi Pelepah, Jenazah Wanita Ditemukan di Sekitar Kebun SawitPolisi melakukan identifikasi terkait temuan jenaza diperkebunan Afdeling II (IDN Times/ istimewa)

Temuan jasad wanita ini kali pertama ditemukan oleh Dedi Syahputra (41), karyawan perkebunan kelapa sawit PT LNK Afdeling I Desa Padang Brahrang. Menurutnya, sekitar pukul 08.00 WIB, dirinya hendak berangkat kerja dengan mengendarai sepeda motor. Namun di pertengahan jalan, tepat di lokasi penemuan mayat di perkebunan sawet PT LNK Afdeling II., depeda motor yang dikendarainya tiba-tiba mogok.

"Saya juga heran, kok tiba-tiba sepeda motor saya mogok di situ ya? Saat mogok itu, saya merasa curiga. Sebab, saya menemukan sandal jepit dan HP serta bercak darah di sekitar areal. Tapi saya tidak melihat ada seorang pun disana," kata Dedi, saat dimintai keterang oleh petugas.

2. Curiga! ditemukan percikan darah, hape dan sendal

Ditutupi Pelepah, Jenazah Wanita Ditemukan di Sekitar Kebun SawitWarga yang memadati temuan jenazah di perkebunan sawit Afdeling II (IDN Times/ istimewa)

Merasa ada yang ganjal atau tidak beres, Dedi coba mencari tahu asal muasal darah yang  mulai mengering di rerumputan perkebunan. Di situlah kecurigaannya terjawab dan sontak membuatnya terkejut. Sebab, dirinya melihat jenazah yang ditutupi dengan tumpukan pelepah kelapa sawit.

"Saya pikir percikan dara apa. Makanya saya telusuri dan ternyata ada mayat. Tidak yakin, saya coba perhatikan baik-baik, tenyata beneran mayat yang mengenakan celana hitam dan kaos merah ditutupi tumpukan pelepah sawit. Tapi saya tidak melihat ada kendaraan disana," sebut dia.

Baca Juga: Rekayasa 327 Kg Ganja Jadi Tak Bertuan, 8 Polisi Nakal Diadili

3. Dikerumuni warga, police line dipasang di areal temuan jenazah

Ditutupi Pelepah, Jenazah Wanita Ditemukan di Sekitar Kebun SawitJenazah yang ditemukan di perkebunan kelapa sawit Afdeling II (IDN Times/ istimewa)

Temuan mayat ini pun dilaporkan Dedi, kepada atasannya Darma Sembiring (50). Selanjutnya mereka mendatangi lokasi dan langsung kembali menghubungi Bhabinkantibmas Aiptu Ardiansyah. Lalu petugas kepolisian dari Polsek Selesai turun ke lokasi guna mengidentifikasi jenazah.

Akhirnya diketahui identitas perempuan tersebut adalah Rani Angraini (23) warga Dusun I, Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Wah, sudah ramai masyarakat memadati lokasi. Polisi juga datang memasang police line. Di situ juga kami mengetahui kalau dia warga sini dan merupakan sekretaris peternakan ayam Eropa,"ujar Dedi.

4. Suami akui korban tidak pulang semalaman

Ditutupi Pelepah, Jenazah Wanita Ditemukan di Sekitar Kebun SawitFoto jenazah semasa hidup diduga korban pembegalan di perkebunan kelapa sawit Afdeling II (IDN Times/ istimewa)

Kabar temuan ini pun sampai ke telinga Nurwahyuda (27) selaku suami korban yang juga turun ke lokasi. Setiba di lokasi, dia merasa sedih dan tidak menyangka jika jenazah yang ditemukan itu adalah istrinya yang sudah semalaman tidak pulang. Biasanya pukul 17.00, sang Istri selalu pulang ke rumah dengan mengendarai sepeda motor merek Honda Beat BK 4525 RAQ.

"Istri saya memang selalu melintasi jalan perkebun Afdeling II, untuk menuju ke rumah. Semalaman kemarin memang dia sempat tidak pulang ke rumah. Saya juga telah bertanya ke peternakan milik Aliong, tempatnya bekerja. Dikatakan rekan-rekannya sudah pulang, bahkan saya sempat melapor ke Polsek Selesai dan sama-sama mencari dan tidak kunjung ditemukan," terang Nurwahyudi.

Hingga akhirnya dia mendapat kabar ada temuan mayat dan melihat temuan tersebut adalah istrinya. "Saya gak menyangka, kok bisa tega pelaku melakukan tindakan sadis itu kepada istri saya. Saya berharap pelaku segera ditemukan dan dihukum seberat-beratnya," harap dia.

5. Dugaan sementara, jenazah merupakan korban aksi pembegalan

Ditutupi Pelepah, Jenazah Wanita Ditemukan di Sekitar Kebun SawitPolisi melakukan identifikasi terhadap temuan jenazah diperkebunan Afdeling II (IDN Times/ istimewa)

Kasubag Humas Polres Binjai AKP Siswanto mengakui, sejauh ini pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan guna mengungkap penyebab pasti kematian korban. Dugaan sementara, pelaku sengaja dibunuh untuk mengambil sepeda motor yang dikendarai korban. "Untuk motif sementara kita diduga jenazah merupakan korban pembegalan. Sebab, sepeda motor yang dikendarai korban tidak ditemukan," kata Siswanto.

Sejauh ini, jelas dia, ada sekitar 4 saksi yang sudah kita mintai keterangan. Baik itu rekan korban dan juga dengan saksi yang menemukan jenaza untuk pertama kali. Untuk suami korban juga sudah dimintai keterangan perihal temuan jenazah ini. "Ada beberapa saksi yang sudah kita mintai keterangan. Baik itu yang menemukan pertama kali, rekan kerja korban dan juga suaminya," sebut dia.

Dari hasil visum di rumah sakit, tuturnya, ditemukan sejumlah luka yang diduga luka benda tajam di bagian kening kepala atas, telinga sebelah kiri dan luka remuk di bagian kepala belakang. "Untuk jenazah sudah kita lakukan visum dan untuk selanjutnya akan dikebumikan oleh pihak keluarga," tegas Siswanto Ginting.

 

Baca Juga: Demo Lagi, Buruh Pasang Boneka Babi di Depan Kantor DPRD Sumut 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya