Antisipasi Masuknya Virus Corona, Ini yang Dilakukan Pemkab Langkat

Bupati imbau warga Langkat gak panik dengan timbun sembako

Langkat, IDN Times - Masuknya virus corona ke Indonesia, membuat pemerintah Kabupaten Langkat mengambil beberapa langkah pencegahan. Kesehatan masyarakat merupakan prioritas utama bagi Bupati Langkat Terbit Rencana PA.

Rapat khusus dengan para pejabat eselon di jajaran Pemkab Langkat digelar. Rapat yang dipimpin Bupati, digelar dikediamanya di Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Selasa (10/3).

1. OPD harus mendata pekerja WNA di PLTU

Antisipasi Masuknya Virus Corona, Ini yang Dilakukan Pemkab LangkatBupati Langkat memimpin langsung rapat mengantisipasi masuknya virus corona (IDN Times/ istimewa)

Rapat ini bertujuan untuk menyatukan komitmen dalam penanganan virus corona atau Covid-19, agar seluruh masyarakat negeri bertuah tidak terkena (terjangkit).

Pada rapat itu, Bupati Langkat dengan tegas, menginstruksikan kepada instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan dan Tenaga Kerja melakukan aksi nyata pencegahan.

"Kepada OPD terkait, lakukan aksi nyata dalam mengantisipasi masuknya virus corona di Langkat, seperti mendata perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing. Terkhusus kepada Disnaker untuk mendata para pekerja asing yang bekerja di PLTU Pangkalan Susu," kata Terbit.

Baca Juga: [BREAKING] Bertambah Lagi, Sudah 27 Kasus Pasien Positif Corona

2. Pemkab Langkat berusaha mendeteksi segala kemungkinan masuknya virus corona

Antisipasi Masuknya Virus Corona, Ini yang Dilakukan Pemkab LangkatPembahasan mengantisipasi virus corona (IDN Times/ istimewa)

Sekdakab Langkat Indra Salahudin, menjelaskan, rapat ini juga membahas upaya Pemkab Langkat, dalam mengantisipasi virus corona, dengan cara mendeteksi segala kemungkinan yang bisa membuat menyebarnya virus corona.

"Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Untuk itu, mari sama-sama kita deteksi semaksimal mungkin dari mana saja kemungkinan virus corona itu masuk," kata dia.

Selain itu, dirinya menyebutkan, terhadap sekolah-sekolah juga harus mendapat imbauan, agar anak dan gurunya sama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar. "Ini perlu ditindaklanjuti dengan serius," kata dia.

3. Ada yang terserang demam tinggi hubungi Call Center 081396032994

Antisipasi Masuknya Virus Corona, Ini yang Dilakukan Pemkab LangkatPembahasan terkait virus corona antar pejabat di Pemkab Langkat (IDN Times/ istimewa)

Sementara dalam rapat itu, Kadis Kominfo Syahmadi menjelaskan, sebelumnya Bupati Langkat juga telah menyiapkan posko serta memberikan imbauan untuk pencegahan virus corona kepada masyarakat. Baik melalui media sosial dan melalui selembar PDF yang bisa disebarkan lewat aplikasi WA atau sejenisnya.

Adapun imbauannya kepada masyarakat Langkat terkait penyebaran Covid-19  tidak perlu panik dan jangan menyebarkan informasi yang belum tentu benar, terkait corona virus.

Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak perlu menimbun sembako atau kebutuhan lainnya, karena akan mengganggu kestabilan perekonomian yang merugikan banyak orang.

"Tapi masyarakat harus tetap mewaspadai dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga stamina tubuh. Jika mengalami demam lebih dari 38°C, batuk, sakit tenggorokan, sesak nafas, kenakan masker," kata dia.

Lalu lakukan tahapan dengan segera memeriksakan kesehatan atau melaporkan ke Posko Covid-19 Dinkes Kabupaten Langkat atau menghubungi, Call Center 081396032994 posko pelaporan Covid - 19 Dinkes Langkat.

Baca Juga: 5 Kondisi yang Bisa Mengurangi Risiko Tertular Virus Corona

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya