Wabup Tapsel Nilai 6 Desa sekitar Komplek Pemkab Punya Potensi Besar

Usulkan bentuk Gugus Tugas Khusus Pembinaan Pertanian

Tapanuli Selatan, IDN Times - Akhir pekan biasa digunakan masyarakat dan pejabat untuk liburan bersama keluarga. Namun Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Rasyid Assaf Dongoran, M.Si punya kebiasaan lain. Akhir pekan malah digunakan untuk berkunjung ke desa-desa untuk berdialog dengan warga.

Akhir pekan lalu contohnya, Rasyid mengunjungi desa-desa sekitar Komplek Perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan. Ada 6 desa lingkar satu atau bertetangga langsung Komplek Perkantoran Pemkab. Yaitu Desa Janji Mauli, Desa Sialaman , Desa Kilang Papan, Desa Tolang di kecamatan Sipirok dan Desa Marisi, Desa Pargarutan Dolok di Kecamatan Angkola Timur.

"Tujuan utamanya memang untuk bertemu petani, kadang hanya melihat-lihat panorama desa saja agar tahu kondisi dan potensi desa tersebut," ujar Rasyid.

1. Lahan desa masih banyak yang tidur dan lahan pertanian belum optimal

Wabup Tapsel Nilai 6 Desa sekitar Komplek Pemkab Punya Potensi BesarWakil Bupati Tapsel, Rasyid Assaf Dongoran saat bermusyawarah dengan masyarakat (Dok. IDN Times)

Namun di balik aktivitas rutinnya berkeliling desa di akhir pekan, Rasyid punya harapan besar terhadap perbaikan sektor pertanian dan perkebunan rakyat untuk 6 desa tersebut. Agar menjadi lebih baik tertata dan pertaniannya maju di masa tahun-tahun kedepan nantinya.

"Tentu ini masih perlu pekerjaan panjang dan khusus," ungkapnya.

Menurutnya pria 47 tahun ini, lahan desa masih banyak tidur dan lahan pertanian masih banyak tidak optimal berproduksi serta tidak punya nilai optimal pemandangan landscape pertanian yang teratur ,rapi, sehat indah. Padahal lokasi kita tanahnya subur dan terletak di ketinggian yang udaranya sejuk, sangat cocok untuk holtikultura.

"Kenapa 6 desa yang mengelilingi Kompleks Perkantoran Pemkab Tapsel seperti itu kondisi sektor pertaniannya. Maka Sama sama instrospeksi diri, kami pemerintah dan juga masyarakat desa," tegasnya.

2. Akan usulkan pembentukan Gugus Tugas Khusus Pembinaan Pertanian terhadap 6 desa tetangga

Wabup Tapsel Nilai 6 Desa sekitar Komplek Pemkab Punya Potensi BesarWakil Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran, MSi, bertemu Kelompok Tani Desa Pahae Aek Sagala di Kecamatan Sipirok, Sabtu (19/8/2023). (Dok. IDN Times)

Rasyid menaruh harapan besar agar pada tahun-tahun mendatang pemerintah daerah khususnya dinas pertanian dan dinas ketahanan pangan serta dinas perikanan mampu melihat yang desa yang dekat dari kawasan perkantoran Bupati yang megah.

Tentunya juga, masyarakat petani 6 desa tersebut harus melihat kehadiran pemerintah kabupaten khususnya Instansi Dinas Pertanian, Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan dengan konsep pemahaman berbagi tugas. Petani jangan menempatkan diri sebagai penerima bantuan (objek) semata. Tapi kolaboratif menuju Tapanuli Selatan yang Maju alias Tapsel Mantap.

"Saya yakin tahun 2024 atau 2025 kedepan, perhatian pemerintah daerah kabupaten Tapanuli Selatan akan lebih khusus seperti gagasan bolehlah saya usulkan terbentuk Tim Gugus Tugas Khusus Pembinaan Pertanian terhadap 6 desa tetangga komplek perkantoran Pemkab ini, karena 6 desa itu adalah wajah langsung kita," jelasnya.

Meski demikian, bukan berarti 200 desa lain tidak diperhatikan. Karena semua memiliki hak yang sama mendapatkan pembangunan, namun khusus 6 desa sekitar kantor Pemkab ini menjadi wajah Pemkab Tapteng tentang pertanian.

Baca Juga: Saparuddin Rela Naik Angkot Satu Jam Demi Operasi Katarak Gratis

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya