Comscore Tracker

UPH Kampus Medan Lantik 445 Wisudawan, Siap Mengabdi Bagi Bangsa

Wisuda menggunakan metode hybrid

Medan, IDN Times – Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Medan menggelar wisuda di Ballroom Adimulia Hotel untuk 445 orang lulusan program Strata I dari lima (5) Program Studi (Prodi); yang terdiri dari 242 wisudawan dari Prodi Manajemen, 104 wisudawan dari Prodi Akuntansi, 59 wisudawan dari Prodi Hukum, 31 wisudawan dari Prodi Sistem Informasi, dan 9 wisudawan dari Prodi Teknik Informatika, di mana 5 di antaranya merupakan wisudawan yang lulus dengan pujian/Cum Laude.

Pelantikan wisudawan dilakukan oleh DR. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng. Sc., selaku Rektor UPH, yang hari ini diwakilkan oleh Christine L. Sommers, Ph.D, RN, CNE selaku Wakil Rektor I UPH, dan Arifin Fu, SE, MM, MBA, CBV, CMA, CSMA, Executive Director and Dean UPH Kampus Medan. Sesuai dengan tema wisuda yaitu “Go Beyond”, Rektor UPH berharap para wisudawan UPH siap diutus menjadi profesional muda yang mengabdikan ilmu yang telah didapat untuk membawa perubahan dan menjadi berkat bagi bangsa.

“Pada kesempatan ini UPH mewisuda 445 wisudawan, yang siap mengabdi, melayani, memuliakan Tuhan. Bangsa kita sedang menantikan pemimpin-pemimpin yang berkarakter, yang integritasnya tidak diragukan, dan cerdas dalam menghadapi berbagai tantangan. Kami mengutus para wisudawan untuk membawa perubahan, perbaikan yang dinantikan bangsa ini. Kami mengharapkan agar para wisudawan akan terus menjiwai Visi UPH yaitu Ilmu sejati yang tinggi, iman yang kokoh kepada Kristus, dan karakter yang mulia. UPH mewisuda para wisudawan hari ini dengan doa dan harapan bahwa Visi UPH sudah terpatri dalam diri saudara-saudara,” kata Jonathan L. Parapak. 

1. Seluruh kampus UPH se-Indonesia telah dikonsolidasi menjadi satu UPH

UPH Kampus Medan Lantik 445 Wisudawan, Siap Mengabdi Bagi BangsaUPH Kampus Medan Lantik 445 Wisudawan (Dok. UPH Medan)

Turut memberikan sambutannya kepada wisudawan UPH, Arifin Fu, SE, MM, MBA, CBV, CMA, CSMA, selaku Executive Director and Dean UPH Kampus Medan, ia mengatakan bahwa para wisudawan merupakan harapan UPH untuk menjadi pemimpin sukses yang terus mengemban visi misi UPH sehingga dapat berguna bagi dunia.

“Hari ini, kami akan melepas para wisudawan yang telah menyelesaikan studinya ke tengah-tengah masyarakat dengan harapan agar para wisudawan dapat terus mengemban visi dan misi UPH yang sudah ditanamkan dalam pribadi setiap wisudawan sejak memasuki bangku perkuliahan. Yakinlah dengan berbekal apa yang Anda miliki saat ini, dengan niat yang tulus dan lurus, dengan semangat yang tinggi, selalu berusaha, dan berdoa memohon petunjuk Tuhan, Anda akan menjadi orang-orang yang sukses di kemudian hari, yang dapat berdedikasi dan berguna bagi keluarga, masyarakat, dan negara Indonesia yang kita cintai ini,” katanya.

Acara wisuda hari ini merupakan momen yang spesial karena seluruh wisudawan angkatan ke empat UPH yang dilantik hari ini akan memperoleh ijazah ‘One UPH’. Hal ini dikarenakan mulai dari Tahun Akademik (TA) 2018/2019, seluruh kampus UPH se-Indonesia telah dikonsolidasi menjadi satu UPH.

2. Tiga program inovatif UPH

UPH Kampus Medan Lantik 445 Wisudawan, Siap Mengabdi Bagi BangsaWisuda kampus UPH Medan menerapkan protokol kesehatan beberapa waktu lalu (Dok. IDN Times)

Selain itu, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, UPH Kampus Medan menawarkan program-program inovatif seperti program sertifikasi akuntansi bertaraf internasional (ACCA/ Association of Chartered Certified Accountants), yang merupakan satu-satunya kampus di pulau Sumatera yang terakreditasi ACCA,

Kemudian, Program Microsoft Technology Associate (MTA) yang diberikan dalam bentuk Sertifikat dan Gelar Profesi IT yang secara resmi dikeluarkan oleh Microsoft dan sudah diakui secara internasional untuk program studi Informatika dan Sistem Informasi; serta

Terakhir, kelas internasional dengan pengantar Bahasa Inggris, kelas perpajakan untuk para corporate executives.

Program-program yang menghadirkan pendidikan holistis bertaraf internasional tersebut mendapat sambutan positif dan antusias dari orang tua dan mahasiswa yang ada di kota Medan.

Oleh karena itu, UPH Kampus Medan secara regular menghadirkan para industry expert dari Singapura, Malaysia dan negara lainnya sebagai pengajar dan juga memberi masukan untuk kurikulum yang diimplementasikan dalam program studi yang ditawarkan.

3. Wisuda menggunakan metode hybrid

UPH Kampus Medan Lantik 445 Wisudawan, Siap Mengabdi Bagi BangsaOutstanding Active Student of UPH Medan Campus Graduate Ibu Christine L. Sommers, Ph.D. RN, CNE- Graduate- Arifin, SE, MM,MBA,CBV,CMA,CSMA. (Dok. UPH Medan)

Adapun acara wisuda UPH Kampus Medan diadakan dengan menggunakan metode hybrid, dimana keluarga wisudawan dapat mengikuti acara wisuda secara daring, sementara para wisudawan dapat menghadiri acara pelantikan wisuda secara langsung.

Untuk memastikan keamanan bersama, setiap panitia, pimpinan universitas dan wisudawan yang hadir diwajibkan untuk melakukan antigen swab test. Selain itu, protokol kesehatan yang ketat pun diaplikasikan, diantaranya seperti aturan memakai masker, face-shield dan rubber gloves untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Arifin Fu menyampaikan bahwa metode hybrid ini dipilih agar dapat memfasilitasi para peserta wisuda dengan sebuah momen wisuda yang berharga dengan tanpa mengurangi makna utama dari pelaksanaan upacara wisuda tersebut.

Rangkaian pelantikan wisudawan ini berjalan dengan hikmat dan penuh makna. Diharapkan kedepannya para lulusan UPH dapat terus mengobarkan semangat untuk bergerak maju dan melampaui batasan yang ada serta dapat mengatasi tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Cara Simpan Durian agar Awet untuk Oleh-oleh dari Medan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya