Comscore Tracker

Udah Tahu? Kampus USU Kalahkan Universitas Indonesia Dalam Hal Ini

Ini deratan kampus terluas di Indonesia

Indonesia mempunyai ratusan universitas dengan kualitas terbaik, tidak hanya unggul dalam pengajaran yang diberikannya, fasilitas lahan tempat pembelajaran yang diberikan juga sangat mendukung.

Tentunya untuk membangun satu universitas membutuhkan lahan yang luas, tidak hanya dibutuhkan untuk menampung mahasiswa dengan jumlah yang banyak, tapi juga karena biasanya setiap jurusan dan fakultas mempunyai gedung masing-masing dengan fasilitas pendukung yang berbeda-beda.

Adanya lahan yang luas membuat sarana dan prasarana yang disediakan kampus dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk program pendidikan yang diambilnya. Semakin banyak varian jurusan biasanya semakin luas pula lahan kampusnya.

Nah dalam hal luas kampus, Universitas Sumatera Utara (USU) mengalahkan Universitas Indonesia (UI) loh. Yuk simak, ini 5 kampus universitas terluas di Indonesia:

1. Universitas Sriwijaya

Udah Tahu? Kampus USU Kalahkan Universitas Indonesia Dalam Hal IniUniversitas Sriwijaya Indralaya (fk.unsri.ac.id)

Kebanyakan orang pasti mengira universitas/kampus terluas di Indonesia adalah Universitas Indonesia, tapi nyatanya kampus terluas di Indonesia yang pertama adalah Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya mempunyai luas 712 Ha (Hektare).

Universitas ini terletak di daerah Sumatera Selatan. Dikutip dari situs resmi Universitas Sriwijaya, unsri.ac.id, ide pendirian universitas ini sudah ada sejak 1950’an, dengan pendirian fakultas pertama, yakni Fakultas Ekonomi. 

Baca Juga: Nongkrong di Inter Coffee USU dengan Panorama Langit dan Kolam Biru 

2. Universitas Riau

Udah Tahu? Kampus USU Kalahkan Universitas Indonesia Dalam Hal Iniunri.ac.id

Kampus kedua terluas di Indonesia adalah Universitas Riau yang berada di daerah Pekanbaru, Riau. Universitas ini mempunyai luas 700 Ha. Dilansir dari unri.ac.id, Universitas Riau atau biasa disingkat dengan Unri, berdiri pada 1 Oktober 1962.

Pada saat itu, Unri hanya mempunyai dua fakultas, yakni Fakultas Komersial dan Konstitusional, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sekarang Unri sudah mempunyai 10 fakultas, dengan jurusan yang beragam. 

3. Universitas Andalas

Udah Tahu? Kampus USU Kalahkan Universitas Indonesia Dalam Hal Iniquipper.com

Diurutan ketiga kategori kampus terluas, adalah Universitas Andalas. Universitas ini masih berada di Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Kota Padang, Sumatera Barat. Dilansir dari Unand.ac.id, Pada 1949 pemerintah Indonesia merencanakan untuk mendirikan Fakultas Hukum di Padang, Fakultas Kedokteran di Medan dan Fakultas Ekonomi di Palembang, tapi masih tertunda.

Kemudian, pada 1955 pada akhirnya Mohammad Hatta meresmikan Universitas Andalas di Padang. Kampus ini mempunyai luas sekitar 500 Ha (Hektare), dan berada pada ketinggian ± 200 m di atas permukaan laut. 

4. Universitas Sumatra Utara (USU)

Udah Tahu? Kampus USU Kalahkan Universitas Indonesia Dalam Hal IniKampus USU (Sumber: www.usu.ac.id)

Diurutan keempat, masih berada di Pulau Sumatera, yakni Universitas Sumatra Utara atau USU. Universitas ini mempunyai luas 416 hektar. Dilansir dari usu.ac.id, universitas ini didirikan pada 4 Juni 1952 yang dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara.

Pada 1957, kemudian USU diresmikan oleh Presiden RI, Dr. Ir. Soekarno menjadi universitas negeri yang ketujuh di Indonesia. Sampai saat ini USU juga menjadi salah satu universitas incaran mahasiswa. 

5. Universitas Indonesia

Udah Tahu? Kampus USU Kalahkan Universitas Indonesia Dalam Hal Inilifepal.co.id

Siapa yang tidak tahu Universitas Indonesia? Di tahun 2022, menurut data dari Webometrics, UI menjadi Universitas no.1 di Indonesia dan peringkat 649 di Dunia. Universitas Indonesia, berada di daerah Depok, Jawa Barat.

Universitas ini masuk ke dalam peringkat ke-5 Universitas terluas di Indonesia, dengan luas 320 hektare. Universitas-universitas di atas juga merupakan deretan Universitas favorit di Indonesia, banyak mahasiswa yang berlomba-lomba masuk ke dalam universitas-universitas tersebut.

Nah itulah deratan kampus universitas terluas di Indonesia. Mana nih kampus favorit kamu?

Baca Juga: Tekuk Hutapadang 4-1, Ar Rasyid Juara Grup B Bonas Cup Zona Sidimpuan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya