Udah Gak Gratis Lagi, Segini Tarif Tol Limapuluh-Indrapura

Tol Binjai - Kuala Bingai masih gratis

Sejak dioperasikan empat bulan lalu, Jalan Tol Limapuluh menuju Indrapura di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara masih digratiskan alias tanpa tarif.

Namun per 29 Februari 2024, tol ini sudah dikenakan tarif. Pemberlakuan tarif berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang Penetapan Tarif Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura.

Nah berikut tarifnya:

1. Penetapan tarif berdasarkan SK Menteri PUPR

Udah Gak Gratis Lagi, Segini Tarif Tol Limapuluh-IndrapuraRuas jalan tol Tebingtinggi - Indrapura dan Indrapura - Limapuluh resmi dibuka, Jumat (10/11/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 251 Tahun 2024 tentang Penetapan Tarif Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura yang terbit pada 2 Februari 2024, tarif Gerbang Tol Limapuluh-Junction Indrapura sebagai berikut:

- Kendaraan kecil atau Golongan I sebesar Rp 20.500

- Golongan II dan golongan III sebesat Rp 30.500

- Golongan IV dan golongan V sebesar Rp 40.500

2. Tarif Tol Pekanbaru-Dumai naik mulai hari ini:

Udah Gak Gratis Lagi, Segini Tarif Tol Limapuluh-IndrapuraDitlantas Polda Riau saat berada di Jalan tol Pekanbaru-Dumai bersama pihak Hutama Karya (IDN Times/ Fanny Rizano)

Terhitung awal Maret, atau pada tanggal 4 Maret 2024 atau 14 hari pascaditetapkannya Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 415/2024 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Tol Pekanbaru-Dumai akan mengalami kenaikan.

 Sesuai Kepmen PUPR yang diteken Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Senin (19/2/2024) tersebut, berikut tarif baru Tol Pekanbaru-Dumai (Permai):

- Golongan I dari Pekanbaru menuju Dumai atau sebaliknya sebesar Rp171.500

- Golongan II dan III sebesar Rp257.000

- Golongan IV dan V sebesar Rp343 ribu

Sebelumnya, besaran tarif tol pada Jalan Tol Pekanbaru -Dumai telah ditetapkan terakhir melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1525/KPTS/M/2020 tanggal 22 Oktober 2020 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

Tarif yang ditetapkan saat itu (2020), kendaraan Golongan I atau jenis minibus seperti kendaraan pribadi dikenakan biaya sebesar Rp118.500. Ada lima jenis kendaraan yang diklasifikasi terkait besaran tarif ini, dari golongan satu hingga lima.

Khusus golongan dua ke atas, merupakan jenis truk, dengan biaya tertinggi sesuai SK sebesar Rp237 ribu untuk golongan lima.

3. Berikut tol trans sumatra yang masih gratis

Udah Gak Gratis Lagi, Segini Tarif Tol Limapuluh-IndrapuraPintu keluar dan masuk ruas jalur tol stabat kwala bingai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Beberapa ruas-ruas yang baru yang dioperasikan pada 2023 lalu oleh Hutama Karya, seperti Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang-Baitussalam), Tol Binjai-Langsa Seksi 2 (Stabat-Kuala Bingai), Tol Indralaya-Prabumulih & Tol Indrapura-Lima Puluh juga masih dioperasikan tanpa tarif atau belum berbayar.

Dengan ruas yang paling lama beroperasi secara gratis saat ini yaitu Tol Sibanceh Seksi 5 & 6 sejak Juni 2023, atau telah lebih dari 7 bulan dioperasikan tanpa tarif.

Baca Juga: Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 2 Ruas Tol Baru di Sumut Resmi Dibuka

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya