Tujuan Terpenting Sociopreneur Adalah Memberikan Manfaat Sosial

Kampus punya peran penting menumbuhkan semangat entrepreneur

Medan, IDN Times - Akhir-akhir ini, muncul istilah sociopreneur dalam dunia bisnis. Sociopreneur sendiri berasal dari kata social dan entrepreneur, yang artinya seorang pebisnis yang menjalankan kegiatan wirausaha dengan fokus menciptakan dampak sosial bagi masyarakat

Sesuai dengan artinya maka tujuan terpenting dalam sociopreneur adalah produk usaha yang memiliki manfaat sosial bukan sekedar mencari keuntungan saja.

Pernyataan ini disampaikan Dekan FISIP USU, Dr Muryanto Amin dalam Webinar bertajuk Promoting Social Entrepreuneurship to Solve Social Problem yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Magister Managemen Universitas Sumatera Utara (USU), Jumat (13/11/2020).

1. Kampus sangat penting untuk menciptakan dan menumbuhkan semangat entrepreneur

Tujuan Terpenting Sociopreneur Adalah Memberikan Manfaat Sosialpexels.com/@shvetsa

“Jadi yang terpenting dalam sociopreneur adalah mematangkan ide produk usaha yang memiliki manfaat sosial bukan dilakukan dengan motif keuntungan meski itu sebagai dampak,” sebut Muryanto dalam webinar tersebut.

Lanjut Muryanto, peran perguruan tinggi sangat penting untuk menciptakan dan menumbuhkan semangat entrepreneur di kalangan mahasiswa yakni konsisten untuk melahirkan ide yang memberikan manfaat sosial secara berkesinambungan

“Semangat entrepreneur harus dilatih karena selalu menjadi masalah mendasar agar dapat menyesuaikan persoalan yang muncul,” ujar pria yang kerap disapa Mury ini.

2. Kampus harus menyusun kurikulum yang menumbuhkan jiwa sociopreneur pada mahasiswa

Tujuan Terpenting Sociopreneur Adalah Memberikan Manfaat Sosialpexels.com/@thisisengineering

Karena pentingnya peran perguruan tinggi dalam menciptakan mahasiswa yang mempunyai jiwa sociopreneur, maka lanjut Mury, sudah seharusnya perguruan tinggi menyusun kurikulum yang mengarah pada hal tersebut.

“Perguruan tinggi dan prodi harus menyusun kurikulum dengan cara problem based learning, case studies, funny learning,” pungkas Sekretaris Fordekiss itu.

Selain Muryanto Amin, webinar itu juga menghadirkan Aditya ST selaku pemilik Animation Director dan Creative Director DreamARCH Animation serta Yasmin Chairunisa Muchtar, pemilik ibok Yasmin dan juga Dosen FEB USU.

Baca Juga: Bikin Melongo, Ini 9 Potret Koleksi Mobil di Garasi Raffi Ahmad

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya