TNI dan Polri Razia Kamar Narapidana di Lapas Pemuda Langkat

Cegah peredaran narkoba di dalam lapas

Langkat, IDN Times - Tim petugas gabungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas III Langkat, menggelar razia di semua kamar yang ada di Lapas. Razia insidentil ini dipimpin langsung oleh Kalapas Anton Setiawan, Sabtu (14/12) malam.

"Kita mengerahkan 35 Personil Satuan Tugas (PST) dalam melakukan razia. Tidak hanya personil lapas, dalam razia kita juga melibatkan personil TNI dan Polri," kata Kalapas Pemuda Anton Setiawan, Minggu (15/12).

1. Razia menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami

TNI dan Polri Razia Kamar Narapidana di Lapas Pemuda LangkatPara tersangka narkoba hasil Operasi Anti Mahakam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dikatakanya, razia dilakukan dalam rangka meminimalisir tindakan yang tidak diinginkan. Selain itu, pelaksanaan razia juga menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami melalui surat nomor: PAS.PK.02.10.01-1442 Tentang Pencegahan dan Penindakan Terhadap Peredaran Gelap Narkoba di UPT Pemasyarakatan.

"Pelaksanaan razia di Lapas Pemuda, membuahkan hasil tidak adanya ditemukan narkoba," ujar Anton.

 

Baca Juga: Ditjen PAS: Penyelundupan Narkoba di Lapas dan Rutan Kini Pakai Drone

2. Razia dilakukan secara mendadak

TNI dan Polri Razia Kamar Narapidana di Lapas Pemuda LangkatKapolres PPU, AKBP M. Dharma Nugraha beserta jajarannya menunjukan barang bukti narkoba dari empat tersangka yang lebih dahulu diamankan (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Menurut dia, pelaksanaan razia berjalan aman dan lancar. Bahkan, razia yang dilakukan ini juga secara mendadak. Disebut demikian karena pelaksana razia dilakukan saat para warga binaan berada di dalam kamarnya masing-masing.

"Selain geledah kamar, juga penggeledahan badan oleh setiap penghuni kamar. Penggeledahan kamar hunian juga disaksikan oleh penghuni kamar," katanya.

3. Razia dilakukan untuk menciptakan situasi Lapas yang aman dan terkendali

TNI dan Polri Razia Kamar Narapidana di Lapas Pemuda Langkatunsplash.com/freestocks.org

Meski tidak mendapatkan narkoba, jelasnya, dalam razia kali ini, Satgas Gabungan menemukan barang-barang dari penghuni berupa tiga unit HP, dua baterai HP, dua charger HP, empat sendok serta satu gunting.

"Barang-barang yang kita sita dari penghuni sudah kita amankan," terangnya.

Dirinya menjelaskan, penggeledahan akan terus dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya yang perlu diwaspadai adalah masuknya narkoba dalam lapas.

"Penggeledahan secara mendadak ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan untuk meminimalisir barang-barang yang dilarang berada di dalam Lapas. Penggeledahan juga untuk menciptakan situasi Lapas yang aman dan terkendali," ujar dia.

4. Barang temuan diinventarisir dan diamankan ke gudang kamtib

TNI dan Polri Razia Kamar Narapidana di Lapas Pemuda LangkatRazia di lapas pemuda Langkat (IDN Times/Handoko)

Dirinya mengakui, selain terus menerus melakukan razia di setiap blok dan kamar-kamar penghuni. Razia dilakukan juga secara mendadak dan acak. Sehingga warga binaan tidak bisa mengetahui gerakan dari tim satgas yang melakukan razia.

"Kita melakukan razia secara mendadak dilakukan dengan target acak sebagai antisipasi kebocoran. Artinya, tidak hanya blok dan kamar ini saja, semua akan dilakukan penggeledahan secara acak. Kini, barang temuan tersebut diinventarisir yang diamankan ke Gudang Kamtib," tukas dia.

5. Penjagaan diperketat dan setiap pengunjung diperiksa

TNI dan Polri Razia Kamar Narapidana di Lapas Pemuda LangkatPelaku penjual narkoba dengan menggunakan becak motor di Medan (IDN Times/Fadly Syahputra)

Selain menggelar razia secara rutin, jelasnya, penjagaan penerimaan tamu juga dilakukan pemeriksaan secara intensif dan terus menerus. Sehingga dengan tindakan ini, kondisi lapas terjaga dari peredaran narkoba serta penyeludupan barang yang dapat membuat ketidaknyamanan penghuni.

"Pastinya setiap pengunjung diperiksa, selain penjagaan yang ketat. Bagi penghuni lapas juga kita berikan himbauan dan arahan untuk selalu senantiasa menjaga kemanan dan ketertipan. Kita juga memberikan pelatihan kepada penghuni lapas. Sehingga jika kelak keluar atau habis masa hukuma. Exs penghuni dapat berguna bagi masyarakat luas," tegasnya.

Baca Juga: 44 Lapas dan Rutan Jadi Peredaran Narkoba, Dirtjen PAS Bersih-bersih

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya