Teken Kerja Sama, Gojek Akan Menjadi Praktisi Mengajar di USU

Dorong mahasiswa USU sukses memasuki ekosistem digital

Medan, IDN Times - Gojek, super app terbesar di Asia Tenggara menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Sumatera Utara untuk mengakselerasi pembangunan sumber daya manusia di Indonesia yang berketerampilan tinggi yang siap menghadapi era revolusi industri dan persaingan global.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin S.Sos, M.Si dan District Head Gojek Medan, Sahli Adrian Fauzi di Kantor Biro Rektor USU, Padang Bulan, Kota Medan, Jumat (10/2/2023).

1. Kesempatan emas bagi para mahasiswa USU untuk menimba ilmu dan pengalaman dari Gojek

Teken Kerja Sama, Gojek Akan Menjadi Praktisi Mengajar di USUGojek melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Rektor USU, Dr. Muryanto Amin (Dok. Gojek)

Rektor USU, Dr. Muryanto Amin S.Sos, M.Si, menyampaikan apresiasinya terkait kerjasama strategis yang dibangun antara kedua belah pihak.

“Kerja sama strategis dengan Gojek sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia saat ini, merupakan sebuah kesempatan emas bagi para mahasiswa USU untuk menimba ilmu dan pengalaman melalui pengalaman kerja nyata yang akan menghadapkan para mahasiswa dengan berbagai sisi teknis dan non-teknis dalam sebuah aplikasi," ngkap Dr. Muryanto dalam sambutannya.

Seperti kita ketahui, ekosistem digital, adalah masa kini dan masa depan. Kesiapan sumber daya manusia, menjadi sangat penting. Kami sebagai lembaga pendidikan, memerlukan kerja sama dari para pelaku bisnis digital untuk memperkaya khazanah dan horizon mahasiswa agar mahasiswa siap memasuki ranah ekosistem digital dan bersaing.

"Tidak hanya di Indonesia namun juga secara global. Lewat kerjasama strategis ini, tentu akan saling melengkapi, agar para mahasiswa memiliki kesiapan tersebut,” tambahnya.

2. Jangan sampai ketinggalan mengejar kemajuan ekosistem digital

Teken Kerja Sama, Gojek Akan Menjadi Praktisi Mengajar di USUGojek melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Rektor USU, Dr. Muryanto Amin (Dok. Gojek)

Head of Public Policy & Government Relations Gojek Sumatera Bagian Utara, Teddy Firman Supardi mengatakan Gojek ingin memberi dampak sosial kepada para mahasiswa sebagai penerus tongkat estafet pembangunan ekosistem digital di Kota Medan.

Menjadi salah satu upaya Gojek  bersama Universitas Sumatera Utara untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap menghadapi pesatnya kemajuan dan perkembangan ekosistem digital di kota Medan.

"Harapannya melalui kerja sama strategis ini Medan dan Sumatera Utara tidak ketinggalan dalam mengejar kemajuan ekosistem digital, dan sumber daya manusia muda dari USU juga siap dalam menghadapi persaingan global,” katanya.

3. Ada beberapa poin kerja sama yang disepakati

Teken Kerja Sama, Gojek Akan Menjadi Praktisi Mengajar di USUGojek melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Rektor USU, Dr. Muryanto Amin (Dok. Gojek)

Kolaborasi strategis kedua belah pihak ini akan meliputi bidang akademis melalui Visit Lecturer, dimana Gojek akan menjadi praktisi untuk mengajar beberapa mata kuliah di USU.

Kedua, pengembangan karir, dimana Gojek akan menerima mahasiswa USU melalui Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Ketiga, Joint curriculum, dimana Gojek akan mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan pengembangan ekosistem ekonomi digital dan peningkatan kapasitas mahasiswa.

Terakhir, Branding activation di dalam Kampus USU untuk memudahkan mobilitas para mahasiswa yang menggunakan layanan Gojek.

Sebagai langkah lanjutan dari kerja sama yang dibangun, pihak Gojek dan Universitas Sumatera Utara akan mempersiapkan proses seleksi Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan melakukan eksplorasi lebih lanjut untuk mempersiapkan kurikulum untuk mengembangkan ekonomi digital bersama Tim Akademik Universitas Sumatera Utara.

Baca Juga: Jokowi Ajak Dua Cucunya Ngemal di Medan, Warga Berebut Ingin Foto

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya