Tekan Kasus Diabetes, Ada Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di Binjai

Dokter Hanjaya: Diabetes dipicu berkurangnya aktivitas fisik

Binjai, IDN Times - Di Indonesia, jumlah penderita diabetes terus meningkat dari 10,7 juta pada tahun 2019 menjadi 19,5 juta pada tahun 2021. Peningkatan jumlah penderita diabetes ini disebabkan oleh faktor sosio-ekonomi, demografi, lingkungan, dan genetik.

Menurut Dokter Hanjaya M.Biomed dari Akademi Keperawatan Columbia Asia, beberapa pendorong meningkatnya penderita diabetes adalah berkurangnya aktivitas fisik, peningkatan jumlah penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

"Pola makan yang tidak sehat di masyarakat seperti kurang makan berserat dan juga konsumsi makanan minuman yang manis juga berpengaruh dalam meningkatnya diabetes ini," ujarnya.

Dalam rangka ikut berpartisipasi dalam penanganan penyakit diabetes, Panitia Tahun Kesehatian HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat dan Forum Dos Roha Kota Binjai menyelenggarakan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis yang dilangsungkan di Sopo Godang HKBP Distrik Binjai Jalan Cut Nyak Dien Binjai, Selasa (12/3/2022).

1. Diabetes dapat dicegah dengan mempertahankan berat badan ideal

Tekan Kasus Diabetes, Ada Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di BinjaiPanitia Tahun Kesehatian HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat dan Forum Dos Roha Kota Binjai menyelenggarakan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis (Dok. IDN Times)

Dalam kesempatan itu Dokter Hanjaya menegaskan bahwa penyakit diabetes dapat dicegah dengan mempertahankan berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan rendah lemak, mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur.

Sementara itu Praeses HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat Pdt. Hercules Sihotang MTh mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk misi pelayanan Tahun Kesehatian HKBP.

Ketua Umum Forum Dos Roha Kota Binjai Martin Hasibuan berharap kegiatan sosial ini tidak hanya sekali dilakukan.

"Kedepan forum Dos Roha dan juga HKBP distrik XXIII akan selalu mengadakan kegiatan kegiatan sosial yang dampaknya diharapkan langsung bisa dirasakan masyarakat kota Binjai," kata Martin.

2. Pemeriksaan dan pengobatan gratis dihadiri sekitar 150 warga Binjai

Tekan Kasus Diabetes, Ada Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di BinjaiPanitia Tahun Kesehatian HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat dan Forum Dos Roha Kota Binjai menyelenggarakan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis (Dok. IDN Times)

Pemeriksaan dan pengobatan gratis dihadiri sekitar 150 warga masyarakat kota Binjai yang didominasi oleh warga berusia diatas 50 tahun.

Seorang warga Tjien Lie dari Vihara Sai Hong Sien Hut Binjai mengatakan kegiatan seperti ini sangat membantu warga yang sering kesulitan mendapatkan akses kesehatan.

"Kami warga lansia ini kan juga pengin mendapat pemeriksaan kesehatan. Apalagi diabetes, banyaklah terbantu. Harapannya ya sering sering diadakan acara begini dan kalau bisa pemeriksaan penyakit penyakit lain" kata Tjien Lie yang datang menyumbang logistik aneka kue, mi instan dan juga minuman kemasan.

Baca Juga: Kecelakaan di Aceh, Eks PSMS dan PSIS Meninggal Dunia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya