Tantangan Masa Pandemik, AXA Mandiri Maksimalkan Layanan Digital

Cairkan Rp15 miliar untuk klaim nasabah COVID-19

Medan, IDN Times - Masa pandemik COVID-19 sudah setahun lebih dilalui. Selama setahun ini pula menjadi tantangan sekaligus peluang bagi PT AXA Mandiri Financial Services.

Agar tetap bisa menggaet nasabah, selama pandemik AXA Mandiri memaksimalkan pelayanan digitalisasi dalam memasarkan produk asuransi, termasuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah.

"Banyak tantangan dunia asuransi pada masa pandemik ini. Namun tantangan itu bisa menjadi peluang untuk menambah nasabah," ujar Direktur PT AXA Mandiri Financial Services, Rudi Nugraha dalam Webinar bertajuk 'Tantangan dan Peluang Industri Asuransi Jiwa di 2021' yang diselenggarakan pada Rabu (19/5/2021). 

Baca Juga: Pandemik, AXA Mandiri Cairkan Rp13 M untuk Nasabah Terpapar COVID-19

1. Selama pandemik, nasabah lebih melek teknologi

Tantangan Masa Pandemik, AXA Mandiri Maksimalkan Layanan DigitalTemu pers virtual AXA mandiri (Dok. IDN Times)

Pria yang akrab disapa Josua ini memaparkan saat ini banyak masyarakat yang sudah melek digital dan paham internet. Kondisi menjadi satu peluang bagi asuransi.  

"Kita harus bisa memaksimalkan peluang digital untuk bisa mendapatkan peluang nasabah, itu karena kondisinya sudah berubah tadi. Jadi kita memang harus mencari cara kreatif seiring memanfaatkan teknologi digital untuk bisa tetap mendapatkan peluang nasabah," sebut Rudi.  

Selain itu PT AXA Mandiri Financial Services, lanjut Josua, juga menyiapkan sejumlah produk asuransi baru yang menyasar segmen menengah ke bawah atau mikro dengan pertimbangan kondisi perekonomian saat ini. 

"Kami harus melihat segmen mana yang masih mampu membayar. Jangan sampai kami menjual itu, segmennya salah, mereka tidak mampu bayar akhirnya mereka habis uang karena mampunya hanya bayar satu atau dua kali. Jadi oleh karena itu, AXA Mandiri banyak membuat segmentasi dari yang besar sampai yang murah dari Mandiri Mikro Sejahtera dari yang cuma Rp50 ribu kami ada. Jadi kami sesuaikan segmennya karena kondisi market," beber Josua.

2. Cairkan Rp15 miliar untuk klaim nasabah COVID-19 sepanjang tahun 2020

Tantangan Masa Pandemik, AXA Mandiri Maksimalkan Layanan DigitalIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Dalam pemaparannya itu juga, Josua menjelaskan Axa Mandiri pada 2020 mencatatkan kinerja klaim asuransi sebesar Rp4,8 triliun. Di antara klaim itu tercatat Rp15 miliar untuk klaim nasabah COVID-19.  

Sedangkan untuk Sumatera Utara, jumlah polisi AXA Mandiri mencapai 63 ribu lebih atau sekitar 6 persen dari total nasabah AXA Mandiri nasional. 

"Di masa pandemik ini, jumlah jiwa di AXA Mandiri lebih tinggi dibanding dengan klaim kesehatan," terang dia.

Webinar bertajuk "Tantangan dan Peluang Industri Asuransi Jiwa di 2021" itu juga dihadiri oleh dua orang narasumber lainnya yakni Risca Bernadetta, selaku Kabag Pengawasan Pasar Modal Kantor OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara dan Aryanti Sariartha Sianipar, pemerhati Ekonomi dari USU.

Kedua narasumber itu juga pada intinya optimis prospek asuransi di Indonesia masih akan meningkat.

Baca Juga: Kepling Terbukti Lakukan Pungli, Langsung Dipecat Wali Kota Bobby

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya