Comscore Tracker

Tambang Emas Martabe Targetkan Jumlah Pekerja Perempuan 45 Persen

Perempuan terbukti dongkrak kinerja tambang

Tapanuli Tengah, IDN Times – PT Agincourt Resources (PTAR) selaku pengelola Tambang Emas Martabe menargetkan jumlah pekerja perempuan di perusahaan mencapai 45 persen.

Hal ini diungkapkan oleh Katarina Siburian Hardono selaku Manajer Senior Komunikasi Korporat PT Agincourt Resources usai pembukaan Uji Kompetensi Wartawan Sibolga Tapanuli Tengah XXX Tahun 2020 di Pia Hotel Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu (3/5/2020).

Menurutnya, perempuan masa kini khususnya yang tinggal di sekitar tambang punya semangat tinggi untuk bekerja di PTAR.

“Tahun ini merupakan tahun Ke-8, tepatnya 24 Juli 2020 kami genap beroperasi delapan tahun. Banyak sudah manfaat yang sudah didapatkan masyarakat sekitar dari keberadaan tambang. Kami melihat pentinganya pemberdayaan masyarakat lokal terutama perempuan di seputar tambang. Selama ini biasanya laki-laki yang mendominasi di tambang, tapi tidak demikian di Tambang Emas Martabe,” jelas Katarina.

1. Laki-laki atau perempuan bisa menduduki jabatan tertinggi

Tambang Emas Martabe Targetkan Jumlah Pekerja Perempuan 45 PersenTambang Emas Martabe (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Menurut Katarina, sejak 2016 Tambang Emas Martabe sudah memulai program kesetaraan gender. Yakni melakukan pelatihan dan pengembangan kapasitas terhadap perempuan yang ada di 15 desa lingkar tambang.

“Hasilnya, saat ini 28 persen pekerja perempuan. Angka ini bukan target akhir, tapi lebih pada budaya. Namun persepsi bahwa keberagaman gender itu harus dirangkul, karyawan nyaman bekerja antargender dan berbagi kewenangan,” jelas perempuan berdarah Batak ini.

Kedepannya, Katarina berharap, semua karyawan baik perempuan mampu berkompetisi, berlomba-lomba merebut peluang untuk berada di posisi tertinggi.

“Targetnya 45 persen karyawan perempuan bisa menduduki posisi dari level bawah hingga level manajer bisa tercapai,” ungkapnya.

Baca Juga: Ikut UKW, 30 Jurnalis Diajak Lihat Operasional Tambang Emas Martabe

2. Perempuan terbukti mampu mendongkrak performa Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe Targetkan Jumlah Pekerja Perempuan 45 PersenTambang Emas Martabe menerima penghargaan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Menurutnya, keberadaan perempuan di tambang terbukti mampu mendongkrak performa Tambang Emas Martabe. Karena perempuan jauh lebih telaten dan banyak sekali aspek-aspek yang mendukung.

“Kalau dulu pekerja tambang identik dengan otot, sekarang semua alatnya otomatisas, pakai teknologi. Sehingga mendukung perempuan bisa bekerja,” ungkapnya.

Selain mendongrak performa tambang, perempuan yang bekerja di tambang terbukti bisa lebih bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan. Karena mereka berpenghasilan, bisa membantu perekonomian keluarga. Selain itu juga bisa membantu lingkungannya.

3. 70 persen karyawan merupakan warga yang tinggal di desa lingkar tambang

Tambang Emas Martabe Targetkan Jumlah Pekerja Perempuan 45 PersenDok. IDN Times/IStimewa

Katarina menjelaskan saat ini total karyawan sebanyak 2.600 orang. Sebanyak 70 persen di antaranya adalah warga yang tinggal di desa lingkar tambang.

"Amdal kami ada di 15 desa lingkar tambang. Sehingga kami fokus memberdayakan yang ada di desa lingkar tambang," jelasnya.

Selain itu prinsip PTAR adalah Martabe atau Marsipature Hutanabe. "Jadi bukan hanya mendidik masyarakat lokal yang sudah ada. Namun orang lokal yang sekolah di luar negeri dan punya prestasi juga kita panggil untuk bekerja di tambang dan membangun kampung halaman," ujarnya.

Baca Juga: Tambang Emas Martabe Bangun Jembatan dan Irigasi di Tapanuli Selatan

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya