Tak Punya Dana, Bocah Pengidap Tumor Kini Hanya Terbaring di Rumah

Dokter menyerah karena tumornya ganas

Pematangsiantar, IDN Times - Kendala dalam pendanaan, seorang anak berusia 2 tahun 4 bulan dari pasangan Mustika Putra Hutagalung-Kristina Romauli Ritonga tak dapat menangani penanganan medis seperti yang diharapkan. 

Warga Jalan Enggang, Kelurahan Sipinggol-pinggol, Kecamatan Siantar Marihat, Kota Pematangsiantar tersebut sudah berupaya bagaimana bisa mendapatkan kesembuhan anak mereka, sekitar tiga bulan terakhir ini tetapi belum menuai hasil.

1. Pertama kali anak usia 2 tahun 4 bulan ini alami perut gembung

Tak Punya Dana, Bocah Pengidap Tumor Kini Hanya Terbaring di RumahIDN Times/Patiar Manurung

Mustika Putra Hutagalung mengatakan, awalnya anak kedua mereka mengalami mencret dan perut gembung sembari demam. Kondisi itu pertama kali tidak terlalu dikuatirkan, tapi mereka membawa anak mereka, Laurez Kristian Hutagalung berobat. Apa yang mereka lakukan sedikit memuaskan, hanya saja gembung dari perut tak kunjung berkurang. 

"Awalnya mencret dan demam, perutnya agak gembung. Kita kira masuk angin biasa dan kita kasih obat serta daun jarak. Tapi usai mencret, perutnya masih gembung. Beberapa hari kemudian perut  anak kita disentuh, barulah diketahui perutnya tidak seperti biasanya. Agak keras" kata Putra Hutagalung, Selasa (6/8).

Baca Juga: Kisah Abdul Hakim, Hidupi Keluarga dari Sampah Plastik

2. Dokter menyerah karena tumornya ganas

Tak Punya Dana, Bocah Pengidap Tumor Kini Hanya Terbaring di RumahIDN Times/Patiar Manurung

Untuk mendapatkan kepastian, keluarga memilih membawanya ke rumah sakit. Dari sana diketaui ada masalah diginjal, tanggal 8 Mei 2019. Tidak lama dirujuk ke Medan untuk penanganan medis lebih serius.

"Selama dua hari di Medan, anak ini positif diketahui telah mengidap tumor dibagian ginjal. Saat itu belum diketahui apakah tumor ganas atau tidak. Sekitar 3 hari setelah hasil didapatkan, anak ini rujuk kembali ke rumah sakit type A" jelasnya.

Begitu diperiksa lagi, ditemukan ada cairan di paru-paru dan diketahui itu merupakan bagian tumor yang menyebar ke hati. Karena tumor dinilai telah cukup besar, pihak medis tidak berani mengambil tindakan operasi.

"Kata dokter, penanganan tidak bisa lagi" ucapnya dengan menambahkan setelah mendengar penjelasan dokter, kedua orang tua anak tersebut cukup terpukul. 

3. Orang tuanya tak mau menyerah dan berharap ada keajaiban

Tak Punya Dana, Bocah Pengidap Tumor Kini Hanya Terbaring di RumahIDN Times/Patiar Manurung

Namun mereka tak mau menyerah, berharap ada keajaiban dan sekarang ini mereka mengharapkan donatur, kelak anak tersebut bisa di bawah ke Penang, Malaysia. 

"Kita berharap penanganan medis di sana ada kemajuan kesehatan terhadap anak saya. Kita butuh donatur yang mau menyisihkan rezekinya supaya anak kita ini bisa ditangani. Harapan kita ada jalan keluar, baik dari sisi dana dan kesehatan," terangnya.

4. Tak sanggup melihat anaknya meraung kesakitan

Tak Punya Dana, Bocah Pengidap Tumor Kini Hanya Terbaring di RumahIDN Times/Patiar Manurung

Pasangan suami istri tersebut mengatakan, sebagai orang tua, tidak tahan melihat anaknya yang sering meraung-raung kesakitan. Bahkan, kesakitan itu membuat anaknya kerap menggarut bagian tubuh, sampai-sampai menimbulkan luka. Sesekali meminta minyak untuk dioleskan ke bagian wajah dan tubuh lainnya yang terasa sakit. "Dia garut terus bagian yang sakit sampai ada yang terluka" ucap Romauli Ritonga menimpali penjelasan suaminya.

Walau kata dokter sudah sulit dilakukan penanganan tetapi mereka tak mau berhenti dan tetap berusaha untuk mendapatkan penanganan medis. Rencana mereka, ingin membawa ke Penang, Malaysia.

"Karena ada orang punya pengalaman cerita kepada kita bahwa anaknya mengalami mirip dengan apa yang dialami anak saya. Orang tua dari anak yang cerita ke kami ini membawa anaknya ke Penang. Katanya harus cepat dioperasi, diangkat ginjalnya. Sudah tiga tahun dioperasi sampai sekarang sudah tiga tahun kondisinya sehat," jelasnya penuh harapan.

5. Pemko Siantar belum ada datang untuk memberi perhatian

Tak Punya Dana, Bocah Pengidap Tumor Kini Hanya Terbaring di RumahIDN Times/Patiar Manurung

Sejauh ini, kata ayah anak tersebut, pihak Pemerintah Kota (Pemko) belum ada datang untuk memberi perhatian. Putra Hutagalung yang merupakan karyawan swasta ini menjelaskan, selama ini mereka mengandalkan kartu BPJS Kesehatan. 

 "Soal dana yang selama ini kita pakai, menggunakan BPJS Kesehatan. Kalau ke Penang, pasti dana pribadi. Sementara uang kita tidak mencukupi" katanya.

Ke depan ini, kemungkinan dirinya akan bermasalah dengan pekerjaan karena terkendala masuk kerja. Selama ini masih memanfaatkan cuti lima tahunan dan cuti tahun 2019.

"Saya kerja di Aceh, karena anak lagi sakit terpaksa datang ke sini. Mungkin kalau pimpinan tau kelak saya sering tidak masuk kerja, bisa saja ada konsekuensinya, karena tidak mungkin bisa meninggalkan anak kondisi sakit" jelasnya.

Baca Juga: Cerita Angel, Cewek Gendut Juga Bisa Jadi Model Photoshoot Kok

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya