Supersol Ajak Masyarakat Gotong Royong Membersihkan Danau Toba

Sambut Perhelatan PON 2024 di Sumut

Simalungun, IDN Times – Program Supersol Gotong Royong - Bersih Anti Kuman kembali hadir melakukan aksi nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Setelah sebelumnya sukses membersihkan Jembatan Ampera dan beberapa Ikon Kota Palembang, kali ini program yang diinisiasi oleh merek karbol wangi produksi WINGS Care tersebut hadir menyambangi Pantai Bebas Parapat Danau Toba di Sumatra Utara, Jumat (8/3/2024).

Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Simalungun, ribuan peserta di sekitar Simalungun dan Pasukan Hijau Supersol bahu membahu membersihkan kawasan yang menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Kami melihat bahwa kebersihan adalah hal yang sangat penting, tidak hanya untuk kesehatan masyarakat setempat, tetapi juga untuk mendukung sektor pariwisata. Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia dan sudah seringkali menjadi tuan rumah event-event berskala nasional maupun internasional. Salah satunya Simalungun dan Sumatra Utara yang kini sedang mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Oleh sebab itu, harus kita dukung dan siapkan dengan lingkungan yang bersih. Namun bersih saja tidak cukup, harus bersih bebas virus, kuman, dan bakteri agar setiap orang nyaman berlaga dan beraktivitas, khususnya di sekitar Pantai Bebas Parapat ini,” ujar Anastasia Pamela, Marketing Manager Household Category WINGS Group Indonesia.

1. Kontribusi nyata menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat

Supersol Ajak Masyarakat Gotong Royong Membersihkan Danau TobaPenyerahan Simbolis Bantuan Supersol kepada Pemda Simalungun (Dok. IDN Times)

Menurutnya Program Supersol Gotong Royong - Bersih Anti Kuman sudah hadir sejak tahun 2020 dan turun langsung membersihkan belasan ikon daerah, sarana publik, hingga permukiman padat penduduk di Indonesia.

"Wilayah ini merupakan wilayah kelima di tingkat nasional dan wilayah ketiga di Pulau Sumatra yang kami sambangi, setelah Jakarta, Tasikmalaya, Palembang, dan Medan. Supersol berkomitmen untuk terus berperan aktif dan memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di Indonesia,” lanjutnya.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam program Supersol Gotong Royong - Bersih Anti Kuman merupakan bentuk upaya preventif agar masyarakat terhindar dari ancaman virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit.

Tidak hanya mengajak masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar, tetapi juga menghadirkan sejumlah kegiatan edukatif, inspiratif, dan apresiatif agar masyarakat dapat terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat yang berkelanjutan.

2. Supersol juga mengedukasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan

Supersol Ajak Masyarakat Gotong Royong Membersihkan Danau Toba(unsplash.com/Fahrul Razi)

Melalui kegiatan edukatif, Supersol bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mengelola kebersihan lingkungan, baik itu mulai dari tingkat rumah tangga hingga bermasyarakat.

Selain itu, Supersol juga mengedukasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan dengan menggunakan produk karbol wangi multifungsi yang telah teruji dapat membunuh 99,99% virus, kuman, bakteri, dan jamur.

Supersol tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan lantai maupun kamar mandi, Supersol yang dijuluki sebagai “Super Solution” ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau di sumbernya seperti di tempat sampah, serta dapat menjadi disinfektan untuk berbagai permukaan.

Kegiatan edukatif tersebut diiimbangi dengan kegiatan inspiratif dan apresiasi untuk masyarakat serta pemerintah daerah setempat. Supersol menyelenggarakan kegiatan inspiratif berupa dukungan cara membersihkan lingkungan bersama Pasukan Hijau Supersol, serta senam bersama yang dipandu oleh instruktur profesional.

Melalui gerakan kebersihan serta senam yang mudah diikuti, diharapkan masyarakat dapat menerapkan sendiri di rumah dan menjadi bekal masyarakat untuk terus menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Selain itu, Supersol juga memberikan sarana pendukung kebersihan lingkungan dan PHBS kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun agar kebersihan di wilayah tersebut dapat terus terjaga.

3. Simalungun punya budaya ‘Marharoan Bolon’

Supersol Ajak Masyarakat Gotong Royong Membersihkan Danau TobaPenyerahan Simbolis Bantuan Supersol kepada Pemda Simalungun (Dok. IDN Times)

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam sambutannya menyampaikan Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia yang  menjadi kebanggaan masyarakat Simalungun dan Provinsi Sumatera Utara.

Selain keindahan, tatanan budaya juga menjadi kebanggaan yang Kabupaten Simalungun miliki, salah satunya adalah gotong royong atau dalam bahasa Simalungunnya ‘Marharoan Bolon’, di mana interaksi dan kerja sama dilakukan secara masif, rutin, dan terstruktur oleh masyarakat.

"Semangat inilah yang menjadi kesamaan visi antara Pemkab Simalungun dan Supersol, sehingga tahapan demi tahapan proses penyelenggaraan kegiatan ini sangat mudah berlangsung,” ujarnya.

Selanjutnya, Supersol akan terus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya lingkungan yang bersih bebas kuman penyebab penyakit pada kanal media sosial @supersol.id.

Program Supersol Gotong Royong - Bersih Anti Kuman juga akan melanjutkan perjalanannya ke kota-kota berikutnya di Indonesia.

Anastasia Pamela mengatakan seluruh kegiatan yang dilakukan pada kesempatan kali ini sejalan dengan filosofi perusahaan, yaitu ‘the good things in life should be accessible for all’.

"WINGS Group, melalui Supersol, terus berkomitmen mendukung lingkungan yang bersih, bebas kuman dan bau melalui ketersediaan produk-produk pembersih berkualitas tinggi dan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat,” tutupnya.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya