Selamat, Ryalsyah Putra Terpilih Sebagai Ketua Umum BPC HIPMI Medan

Ryalsyah baru berusia 28 tahun

Medan, IDN Times - Selamat! Ryalsyah Putra terpilih menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda (BPC HIPMI) Kota Medan periode 2023-2026 pada Musyawarah Cabang yang digelar di Arya Duta Hotel, Jumat (27/10/2023).

Ryalsyah sebagai kandidat nomor urut 1 mengalahkan kandidat nomor urut 2 Rahmad Paruhum Nasution dengan perolehan suara 87 berbanding 33. Sementara 7 suara abstain atau dinyatakan tidak sah.

Dengan hasil ini, Ryalsyah resmi menggantikan posisi Palacheta S Subianto sebagai Ketua Umum BPC HIPMI Medan. Berikut profil Ryalsyah Putra:

Baca Juga: Diduga Tak Bayar Pajak, Pemko Medan akan Sanksi Resto Ayam Goreng

1. Satu Dekade ber-HIPMI

Selamat, Ryalsyah Putra Terpilih Sebagai Ketua Umum BPC HIPMI MedanRyalsyah Putra (Duduk tengah) (Dok. Pribadi)

Ryalsyah Putra lahir di Medan pada 18 April 1995. Ia menempuh pendidikan menengah atas di SMA Negeri 4 Medan. Kemudian melanjutkan studi S-1 Ilmu Manajemen USU dan dilanjutkan studi S-2 di kampus yang sama.

Bagi Ryal, HIPMI bukan dunia yang baru. Genap sudah 10 tahun ia bergelut di dunia per-HIPMI-an. Jabatan pertama yang ia emban adalah sebagai Sekretaris Umum HIPMI Perguruan Tinggi (HIPMI PT) USU pada tahun 2016-2017.

Kemudia Ryal terpilih menjadi Ketua Umum HIPMI PT Sumut periode 2019-2022.

Pada masa kepemimpinan Palacheta S Subianto sebagai Ketua Umum BPC HIPMI Medan periode 2020-2023, Ryal dipercaya sebagai Ketua Kompertemen OKK BPC HIPMI Medan.

Karena keaktifannya, Ryal diangkat menjadi pengurus BPD HIPMI Sumut sebagai Ketua Kompertemen Pendidikan untuk periode 2021-2023. Kemudian menjadi Ketua Bidang X BPD HIPMI Sumut periode 2023-2024.

Berkat pengalamannya satu dekade ber-HIPMI, kini ia terpilih sebagai Ketua Umum BPC HIPMI Medan untuk tiga tahun kedepan.

2. Masih muda sudah menjabat direktur utama

Selamat, Ryalsyah Putra Terpilih Sebagai Ketua Umum BPC HIPMI MedanRyalsyah Putra (Dok. Youtube Ryalsyah Putra)

Di dunia usaha, Ryalsyah Putra adalah pemilik Photo Studio Renjana Arkana Surya. Kemudian ia kini juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Pembangunan Almamater Sejahtera yang merupakan Holding Company Universitas Sumatera Utara (USU).

Dalam pencalonan Ketua Umum HIPMI Medan ini, Ryal mengusung tagline "Menghimpun Kekuatan, Memberikan Pengabdian terbaik untuk BPC HIPMI Medan".

Ia pun berhasil mendulang suara terbanyak pada pemilihan yang baru selesai malam ini.

3. Bobby Nasution minta Ketua Umum HIPMI Medan terpilih benahi internal

Selamat, Ryalsyah Putra Terpilih Sebagai Ketua Umum BPC HIPMI MedanPembukaan Muscab BPC HIPMI Kota Medan, Jumat (27/10/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Seremoni pembukaan Muscab DPC HIPMI Medan ini dihadiri oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Ketua BPD HIPMI Sumut, Ade Jona Prasetyo dan jajaran pengurusnya, Ketua BPC HIPMI Medan, Palacheta S Subianto dan jajarannya, perwakilan BPP HIPMI, Polrestabes Medan, TNI, dan para undangan lainnya.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam sambutannya menekankan bahwa HIPMI Medan harus punya peran positif dalam Pembangunan di Kota Medan.  

Menurutnya, Presiden RI Joko Widodo sudah mencanangkan cita-cita besar Indonesia Emas pada 2045. Salah satunya mendorong Indonesia masuk peringkat keempat sebagai kekuatan ekonomi dunia.

“Indonesia Emas artinya kita jadi negara maju, keluar dari pendapatan rendah. Pertanyaan berikutnya, Medan kontribusinya apa? HIPMI Medan kontribusinya apa?” tanya Bobby.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum BPP HIPMI ini mengajak para kader memahami bagaimana HIPMI ini berdiri dan bagaimana HIPMI ini berjalan.

“Harus diingat mau apapun partai dan warnanya, kalau mau besar perannya tidak cukup membesarkan diri sendiri, besarkan juga HIPMI. Ini yang perlu saya titipkan pada dua calon. Jika organisasi ini besar akan membesarkan seluruh anggota HIPMI juga,” terang Bobby.

Untuk bisa mencapai Indonesia Emas, Bobby mengajak HIPMI aktifkan kembali organisasinya untuk men-support pemerintah. HIPMI harus hadir untuk sama-sama menjalankan program-program yang ditetapkan Pemerintah.

“Siapapun yang terpilih, pertama internal HIPMI Medan harus diperbaiki, kedua eksternalnya HIPMI harus berkolaborasi. Terakhir tentunya untuk mencapai Indonesia Emas sumber daya manusianya, yang salah satunya dibina organisasi, harus hidup dan harus jalan. Mudah-mudahan yang terpilih bisa membawa HIPMI lebih baik lagi,” tegas suami dari Kahiyang Ayu ini.

Usai memberikan sambutan, Bobby Nasution memukul gong tanda dibukanya secara resmi Muscab HIPMI Medan. Selanjutnya Bobby, Ade Jona Prasetyo, S.F Yudha, dan Palacheta S Subianto langsung ke bilik suara untuk mencoblos kandidat Ketua Umum BPC HIPMI Medan pilihan mereka masing-masing.

Baca Juga: Bobby Nasution Minta Ketua HIPMI Medan Terpilih Harus Benahi Internal

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya