Sekolah Islam Al Azhar Asy Syarif Sumut Resmikan Gedung Auditorium

Cabang dari Sekolah Islam Al-Azhar Kairo Indonesia

Deli Serdang, IDN Times - Islamic Boarding School Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara melakukan peresmian Gedung Mafasa yang merupakan gedung auditorum baru, Rabu (26/10/2022).

Peresmian dihadiri oleh Kapolda Sumut Irjen. Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang, juga Kepala MUI Deli serdang.

Pembina Yayasan Al Azhar Asy Syarif, Maratua Simanjuntak mengatakan sekolah islam ini memang baru berdiri pada tahun 2019. Namun dengan kualitas pengajar dan pola pendidikan serta prestasi yang telah diraih, sekolah yang beralamat di Jalan Mahoni Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang bisa bersaing dengan sekolah lainnya. 

"Sekolah ini merupakan cabang dari Sekolah Islam Al-Azhar Kairo Indonesia yang telah hadir dibeberapa kota yaitu di Palembang, Banda Aceh, Pagar Alam, Yogyakarta, Bali, dan Bandung (Member of Al-Azhar Kairo Indonesia)," ujar Maratua Simanjuntak.

1. Bangsa ini memerlukan generasi yang paham membedakan benar dan salah

Sekolah Islam Al Azhar Asy Syarif Sumut Resmikan Gedung AuditoriumIslamic Boarding School Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara melakukan peresmian Gedung Mafasa, Rabu (26/10/2022) (Dok. IDN Times)

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, M.Si, mengatakan sudah seharusnya anak didik di generasi saat ini beretika dengan baik agar bisa menjadi generasi emas yang dapat menjadi penerus nusa dan bangsa.

Menurutnya bangsa ini memerlukan generasi yang paham untuk bisa membedakan mana yang baik harus dilestarikan dan mana yang tidak baik yang sekiranya akan merugikan untuk bisa kita singkirkan.

"Di era saat ini jika kita bersosialisasi tanpa ada kepribadian diri yang teguh, kita juga akan mudah goyah dengan cobaan yang akan datang. Apalagi dengan kenakalan remaja, ataupun narkotika yang sering kali menjadi ancaman paling dekat diusia para remaja saat ini," ungkapnya.

2. Berharap sekolah membantu dalam membentuk kedisiplinan dan ketekunan peserta didik

Sekolah Islam Al Azhar Asy Syarif Sumut Resmikan Gedung AuditoriumIslamic Boarding School Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara (Dok. IDN Times)

Kapolda juga berharap Islamic Boarding School Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara agar dapat membantu para anak didik dalam membentuk kedisiplinan dan ketekunan sebagai bekal utama mereka untuk siap melanjutkan langkah mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjalin hubungan baik antara kepolisian dan masyarakat, khususnya santri Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara," jelasnya.

3. Sekilas tentang Islamic Boarding School Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara

Sekolah Islam Al Azhar Asy Syarif Sumut Resmikan Gedung AuditoriumIslamic Boarding School Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara (Dok. IDN Times)

Islamic Boarding School Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara merupakan sekolah Islam cabang Al-Azhar Al-Sharif Mesir dibawah binaan Yayasan Cakrawala Insan Azhari Jakarta.

Sekolah ini merupakan sekolah penghafal Al-Qur’an yang menerapkan kurikulum Diknas dan kurikulum keagamaan dari Al-Azhar Cairo Mesir serta memadukan pendidikan berbasis IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Dengan menggunakan pola pendidikan ini, siswa Islamic Boarding School Al-Azhar Kairo Sumatera Utara bukan hanya cerdas nantinya, tetapi juga dapat secara intelektual, cerdas juga emosional dan spiritual dan memiliki kemampuan Leadership dan Enterpreunership serta berwawasan Internasional.

Sehingga dapat mencetak calon pemimpin ummat, agama, dan bangsa yang berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah.

Baru-baru ini, Al Azhar Asy Syarif menerima penghargaan sebagai 'The Best Leading Islamic Boarding School in Education Quality Excelent of The Year' tahun 2022.

Penghargaan itu, langsung diterima oleh Pembina Yayasan Haji Doktor Maratua Simanjuntak Islamic Boarding School Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara pada Jumat (10/6/2022).

Penghargaan diberikan Kartika Pramewari sebagai penyelenggara kepada Direktur IBS Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara Muhammad Adyan. 

Penghargaan ini merupakan kali kedua yang diterima oleh Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara, di mana untuk pertama kalinya penghargaan yang sama di terima di tahun 2019 lalu.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya