Sampah Menumpuk Bisa Menganggu Kesehatan Masyarakat

Kadinkes Deli Serdang lakukan aksi bersih sungai Percut

Deli Serdang, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Deli Serdang dan unsur desa melakukan aksi bersih sungai di Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (23/7/2024). Aksi bersih sungai itu dilaksanakan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Deli Serdang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, dr Asri Ludin Tambunan atau yang akrab disapa dr Aci pada kegiatan ini mengatakan, jika aliran sungai yang tersumbat dibiarkan tentunya akan mengganggu kesehatan dan aktivitas warga.

“Karena itu, saya telah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Bandar Khalipah untuk melakukan pemeriksaan ke seluruh warga di sekitar sungai. Karena kita lihat bersama-sama, sampah di aliran sungai ini sudah menumpuk, jangan sampai hal ini terjadi secara berulang,” tukasnya.

1. Dinkes aktif lakukan sosialisasi kesehatan

Sampah Menumpuk Bisa Menganggu Kesehatan MasyarakatAksi bersih sungai di Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Selasa (23/7/2024). (Dok. IDN Times)

Ia mengajak masyarakat Kecamatan Percut Sei Tuan dan Kabupaten Deli Serdang agar berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan karena jika sampah menumpuk, tidak hanya lingkungan yang terdampak tapi juga kesehatan.

“Kami dari Dinkes Deli Serdang ke depan akan terus turun dan bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang untuk bagaimana melakukan sosialisasi kesehatan agar masyarakat lebih paham dan peduli terhadap kesehatan mereka,” pungkasnya.

2. Berharap masyarakat melakukan pemilahan sampah yang bernilai ekonomis dari rumah

Sampah Menumpuk Bisa Menganggu Kesehatan MasyarakatAksi bersih sungai di Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Selasa (23/7/2024). (Dok. IDN Times)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang, Elinasari Nasution menyampaikan apresiasi terhadap Dinkes Deli Serdang yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan aksi bersih sungai.

Pihaknya menggandeng Dinkes Deli Serdang untuk mengedukasi masyarakat pentingnya memilah sampah, membuang sampah di tempatnya, yang nantinya akan berdampak pada kesehatan mereka sendiri.

“Kita lihat ya tumpukan sampah hari ini adalah akibat dari kurangnya pemahaman masyarakat dalam memilah sampah. Kita adakan aksi ini tujuannya juga untuk mengajarkan kepada masyarakat bahwa membuang sampah sembarangan akan merusak lingkungan,” tandasnya.

Ia menambahkan, aksi bersih sungai itu dilaksanakan di dua titik di Desa Tembung, Percut Sei Tuan. Harapannya, ke depan, masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan dan dapat melakukan pemilahan sampah yang bernilai ekonomis dari rumah melalui bank-bank sampah yang sudah terbentuk di desa-desa sehingga selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, juga dapat menciptakan Deli Serdang yang lebih sehat.

Baca Juga: PSMS Rekrut Bek Kanan Eks PSIS dan Persikabo, Ini Profilnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya