Ribuan Saksi PAN Siantar Akan Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024

Akan laporkan hasil penghitungan secara berjenjang

Pematang Siantar, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) menyiapkan ribuan saksi yang akan ditugaskan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ribuan kader PAN se-Pematangsiantar diberi masukan dari Sekretaris PAN Pematangsiantar Boy Iskandar Warongan terkait penempatan saksi-saksi di tempat pemungutan suara (TPS) Pada pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari mendatang.

“Ini mencerminkan komitmen PAN dalam memastikan partisipasi aktif dan efektif dalam proses demokrasi,” ucap Boy Iskandar Warongan, Caleg PAN DPRD Sumut Dapil X (sepuluh) Pematangsiantar - Simalungun, Kamis (8/2/2024).

1. Kader PAN Siantar mendapat pelatihan bimbingan teknis

Ribuan Saksi PAN Siantar Akan Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024Beberapa Caleg PAN menggelar sosialisasi dan kampanye dengan warga Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (5/2/2024). (Dok. IDN Times)

Menurut Boy Warongan, pertemuan-pertemuan yang telah digelar sangat penting agar bagaimana dapat menjadikan penguatan bagi kader-kader pada pemilu mendatang untuk memantau atau menjadi saksi-saksi di tempat pemungutan suara (TPS).

“Menjadi saksi di TPS sebagai langkah krusial dalam menjaga integritas Pemilu,” ujarnya.

Dan tidak kalah penting, lanjut Boy Warongan agar bagaimana pemilu nantinya partai yang berlambang matahari tersebut dapat dimenangkan oleh para kader PAN Se-Kota Pematangsiantar.

“Alhamdulilah saya berterima kasih kepada masyarakat Pematangsiantar yang memberikan kepercayaan kepada PAN,” lanjutnya.

Sebelum bertugas untuk menjadi saksi di TPS para kader PAN dari wilayah Kota Pematangsiantar mendapat pelatihan bimbingan teknis (Bimtek).

2. Akan laporkan hasil penghitungan secara berjenjang

Ribuan Saksi PAN Siantar Akan Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024PAN Gelar Tabligh Akbar Bersama Haddad Alwi di Simalungun (Dok. IDN Times)

Boy Warongan melanjutkan, jumlah saksi disesuaikan dengan jumlah TPS di Kota Pematangsiantar. Jumlah saksi di tiap TPS akan disesuaikan dengan kebutuhan.

KPU Siantar sebelumnya sudah menetapkan DPT Kota Siantar sebanyak 202.206 pemilih. Kemudian menetapkan jumlah TPS di Kota Siantar sebanyak 796. TPS itu tersebar di 53 kelurahan, atau di 8 kecamatan yang ada di Kota Siantar.

Boy menambahkan, para saksi dibekali dengan sejumlah materi dari pihak-pihak yang terlibat dalam Pemilu seperti Akademisi dan Organisasi pemantau pemilu.

“Kita telah mempersiapkan instruktur yang memberikan materi mengenai aturan-aturan tugas saksi di TPS itu seperti apa. Dari Partai PAN memberikan pembekalan mengenai peran dan fungsi tugas seorang saksi selama bertugas di TPS,” pungkasnya.

"Terus melaporkan hasil total pengitungan itu dari saksi TPS ke ranting atau koordinator desa tentang hasil penghitungan termasuk C1-nya," katanya.

3. Menanamkan rasa kekeluargaan sesama kader PAN

Ribuan Saksi PAN Siantar Akan Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024Sekretaris PAN Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan bertemu dengan ribuan kaden PAN Pematang Siantar, Kamis (8/2/2024). (Dok. IDN Times)

Boy Warongan juga menjelaskan bahwa kegiatan ini, Partai PAN Pematangsiantar melibatkan semua calon legislatif yang sedang berkontestasi di Pemilu 2024 untuk memaparkan peran dan fungsi kepada saksi-saksi yang hadir.

Menurutnya, langkah ini tidak hanya menanamkan tentang kepentingan politik saja melainkan juga mengenal kekeluargaan.

"Kegiatan ini bagus, menanamkan kekeluargaan semoga sesama kader PAN bisa lebih kompak hingga bisa mendongkrak suara Partai PAN di Pemilu 2024," pungkasnya.

Baca Juga: Ada 12 Titik Panas di Sumut, Terbanyak di Kabupaten Langkat

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya