Rayakan HUT RI, Bikers Medan Konvoi dan Bersihkan Makam Pahlawan

Dilaksanakan di 28 Kota di Indonesia

Medan, IDN Times - Dalam memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia, sekitar 2.800 bikers pecinta sepeda motor Honda melakukan aktivitas beragam yang bernuansa kebangsaan.

Bertajuk “Convoi Merdeka,” dengan slogan  Bangga Menjadi Indonesia, touring persaudaraan ini diramaikan oleh 56 komunitas dan paguyuban Honda CB150R StreetFire bersama pecinta sepeda motor Honda lainnya.

Kegiatan Convoy Merdeka dilaksanakan serentak di 28 kota besar di Indonesia pada hari kemerdekaan RI (17/8).

1. Membersihkan makam pahlawan atau melakukan donasi untuk veteran

Rayakan HUT RI, Bikers Medan Konvoi dan Bersihkan Makam PahlawanDok. IDN Times/IStimewa

Konvoi para pecinta motor Honda ini bergerak dari lokasi main dealer Honda di setiap wilayah menuju tempat bersejarah sejalan dengan semangat kemerdekaan parabikers.

Aktivitas ini merupakan upaya mempererat persaudaraan dan silaturahmi antar bikersdalam meningkatkan semangat nasionalisme dan kebangsaan di komunitas Honda.

Sebagai wujud antusias merayakan kemerdekaan, peserta konvoi menggunakan atribut berwarna merah putih. Sesampai di lokasi bersejarah, para bikers mengikuti aktivitas upacara bendera untuk memperingati HUT ke-74 RI.

Para bikers melanjutkan rangkaian agenda Convoy Merdeka ini dengan melakukan aksi sosial seperti membersihkan makam para pahlawan atau melakukan donasi untuk veteran. Convoi Merdeka pun semakin meriah dengan hadirnya beragam perlombaan khas 17 Agustusan yang diikuti peserta.

Baca Juga: Makin Gagah, 5 Perbedaan New Honda CB150R StreetFire dan Versi Lama

2. Bentuk ekspresi nasionalisme para bikers Honda

Rayakan HUT RI, Bikers Medan Konvoi dan Bersihkan Makam PahlawanDok. IDN Times/IStimewa

Deputy General Manager Marketing Planning & Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Andy Wijaya mengatakan Convoy Merdeka merupakan bentuk ekspresi nasionalisme para bikers Honda pada Tanah Air di hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Semangat Satu Hati yang dimiliki para bikers tentu akan selalu kami dukung. Semoga aktivitas ini bisa menginspirasi para bikers Honda lainnya, juga masyarakat pada umumnya,” ujar Andy.

Di Pulau Sumatera, main dealer sepeda motor Honda PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) wilayah Aceh melakukan Convoi Merdeka menuju Rumah Cut Nyak Dien.

Lalu CDN wilayah Kepulauan Riau selaku main dealer area Kepulauan Riau, Astra Motor Palembang, PT Menara Agung selaku main dealer wilayah Sumatera Barat melakukan touring mengelilingi kota masing-masing.

3. Kegiatan melibatkan ribuan bikers menunjukkan semangat persatuan dalam keberagaman

Rayakan HUT RI, Bikers Medan Konvoi dan Bersihkan Makam PahlawanDok. IDN Times/IStimewa

CDN wilayah Riau, PT Sinar Sentosa Primatama main dealer area Jambi, PT Indako Trading Coy selaku main dealer area Sumatera Utara, CV Asia Surya Perkasa selaku main dealer area Bangka Belitung, PT Hayati Pratama Mandiri main dealer wilayah Sumatera Barat dan PT Tunas Dwipa Matra selaku main dealer area Lampung melakukan konvoi ke Taman Makam Pahlawan di area masing-masing.

PT Astra Motor Bengkulu main dealer sepeda motor Honda wilayah Bengkulu melakukan Convoy Merdeka menuju kediaman rumah Proklamator RI, Bung Karno.

Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan bahwa kegiatan yang melibatkan ribuan bikers ini menunjukkan semangat persatuan dalam keberagaman para bikers yang ditunjukkan dalam momen spesial HUT Kemerdekaan RI.

Menurutnya melalui solidnya persaudaraan antar bikers tentu akan melahirkan beragam aktivitas positif yang dapat menginpirasi masyarakat.

“Semangat  para bikers  Honda CB150R Streetfire dalam merayakan hari kemerdekaan RI ini tidak hanya mencerminkan kebanggaan mereka sebagai pecinta Honda, namun juga  proud to be Indonesia, “ ujar Leo Wijaya.

4. Komunitas bikers gelar berbagai kegiatan

Rayakan HUT RI, Bikers Medan Konvoi dan Bersihkan Makam PahlawanDok. IDN Times/IStimewa

Selain merayakan Convoi Merdeka, pada momentum yang sama di hari kemerdekaan RI yang ke-74 juga dilakukan Jambore Nasional Asosiasi Streetfire Indonesia (ASFI) yang ketiga di kota Cirebon dan Jambore Nasional Asosiasi Scoopy Indonesia (ASI) yang kedua di Ragunan, Jakarta (17/8).

Persaudaraan bikers Honda yang solid ini menghasilkan beragam kegiatan positif yang menjadi inspirasi tersendiri bagi masyarakat.

Mengusung tema “Semangat Satu Hati Satu Indonesia,” ASFI mengemas kegiatan Jambore Nasional yang ketiga ini dengan menonjolkan budaya Jawa Barat. Hiburan seperti Tari Topeng, sisingaan, dan angklung turut memeriahkan rangkaian acara.

Asosiasi yang telah menaungi lebih dari 120 klub dan komunitas Honda CB150 Streetfire ini, juga tak lupa melakukan aksi sosial dengan berderma pada Veteran RI.

Sementara itu, Asosiasi Scoopy Indonesia menggelar Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Ragunan. Mengusung konsep amazing race, para bikers akan mengikuti rangkaian permainan yang dibagi dalam beberapa pos. Pada kegiatan Jambore Nasional ASI ini juga dimeriahkan dengan Doorprize berupa 1 unit Honda Genio untuk bikers yang beruntung.

Baca Juga: Honda ADV150 Sudah Mengaspal di Medan, Harganya Mulai Rp34 Jutaan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya