PT Pelni Medan Siapkan 11 Frekuensi Berlayar untuk Layani Pemudik

Biasanya hanya 4 frekuensi berlayar saja

Medan, IDN Times - PT Pelni Medan menyiapkan 11 frekuensi berlayar untuk melayani angkutan lebaran dari Pelabuhan Belawan Medan. Penambahan frekuensi untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah penumpang selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Penambahan jadwal pelayaran dari Pelabuhan Belawan dengan tujuan ke Batam dan arah sebaliknya. Kemudian rute perjalanan dari Belawan menuju Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Jakarta.

Kemudian, pada H+15 lebaran, ada lima "call" kapal dari Pelabuhan Belawan yang seluruhnya dilayani KM Kelud.

1. Ingin beri kenyamanan dan keamanan pemudik yang menggunakan jasa transportasi laut

PT Pelni Medan Siapkan 11 Frekuensi Berlayar untuk Layani PemudikPetugas garbarata memantau KM Kelud yang akan bersandar di Pelabuhan Bandar Deli, Belawan, Medan Sumatera Utara, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Kepala Cabang PT Pelni Medan, Biwa Abi Laksana, penambahan frekuensi angkutan lebaran dimulai  26 Maret hingga 26 April 2024. Jumlah ini lebih besar ketimbang angkutan lebaran sebelumnya yang hanya 4 frekuensi.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut," kata Biwa kepada wartawan, Selasa (2/4/2024) pagi.

Berdasarkan data PT Pelni Medan, pada H-4 lebaran sebanyak 1.700 pemudik dari Sumatera Utara berangkat menuju Batam sedangkan dari Batam menuju Sumatera Utara sebanyak 3.548 penumpang dan diprediksi akan terus meningkat.

2. Turunkan KM Dorolonda untuk membantu memperlancar arus mudik

PT Pelni Medan Siapkan 11 Frekuensi Berlayar untuk Layani Pemudikilustrasi kapal berlayar (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Mengantisipasi kepadatan penumpang saat arus balik, PT Pelni Medan telah menambah kapasitas angkutan pada kapal KM Kelud dan juga memperbantukan satu kapal lagi, yakni KM Dorolonda. KM Kelud kini mampu mengangkut hingga 3.761 penumpang, sedangkan KM Dorolonda dapat mengangkut sekitar 3.141 penumpang.

"Persiapan lebaran ini, kita menyiapkan dua armada kapal yang biasanya hanya menggunakan KM Kelud. Kami menambah satu lagi dengan menggunakan KM Dorolonda. Hal ini untuk memastikan bahwa semua penumpang dapat terlayani dengan baik dan nyaman," ujar Biwa.

Baca Juga: Mengintip Jurus Transformasi yang Bikin SPMT Melesat Lebih Tinggi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya