Polres Labusel Siap Kawal Distribusi 5.125 Kotak Suara Pemilu ke PPK

Polisi, KPU, TNI, dan Bawaslu rakor persiapan Pemilu

Labuhanbatu Selatan, IDN Times - Seminggu menjelang Pemilu 2024 digelar, Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan KPU setempat, Rabu (7/2/2024) sore.

"Rakor itu sekaligus untuk kesiapan kita dalam pengamanan tahapan dan proses pemilu," kata Kapolres Labusel, AKBP Maringan Simanjuntak.

Disampaikannya, rakor yang diikuti pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, TNI dan Polri itu digelar di ruang Conventional Hotel Grand Suma Kota Pinang. Dalam rakor itu diketahui logistik pemilu 2024 sebanyak 5.125 kotak suara sudah siap digeser ke PPK.

"Selanjutnya tanggal 13 Februari 2024 petugas PPS sudah siap menjemput kotak suara dari kantor PPK untuk dibawa ke PPS," terang Maringan.

1. Pada 13 Februari 2024 sebanyak 1.025 TPS sudah berdiri

Sesuai hasil rakor, pada 13 Februari 2024 sebanyak 1.025 TPS sudah berdiri. KPU akan melaksanakan sosialisasi di Lapas Kota Pinang dan warga masyarakat tentang PKPU Nomor 25 tahun 2023 tentang Putungsura.

Maringan menyebut, secara umum Polres Labusel dibantu TNI telah siap mendukung KPU untuk pengawalan pergeseran kotak suara dari KPU ke PPK sd ke PPS.

"Kemudian, pengamanan kotak suara di tingkat KPU, PPK dan tingkat PPS serta pengamanan TPS," sebutnya.

2. Total ada 224.374 pemilih terdiri 5 kecamatan, 52 desa dan 2 kelurahan

Polres Labusel Siap Kawal Distribusi 5.125 Kotak Suara Pemilu ke PPKRapat koordinasi Pemilu 2024 di Labuhanbatu Selatan (Dok. IDN Times)

Dia menambahkan, pada rakor itu juga disampaikan Bawaslu Labusel mendukung KPU setempat dalam pengawasan pemilu demi lancarnya pelaksanaan yang aman, jujur dan adil.

Pada 21 Juni 2023 lalu, KPU Labusel telah melakukan Daftar Pemilih Tetap (DPT), yakni 224.374 pemilih terdiri 5 kecamatan, 52 desa dan 2 kelurahan.

"Juga disampaikan saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS dilarang memakai baju, atribut dan lambang partai, serta para saksi tidak dapat melakukan foto di dalam lokasi TPS," pungkas Maringan.

Hadir dalam rakor itu, Ketua KPU Labusel, Komisioner Bawaslu, mewakili Dandim 0209/LB, Mayor Inf P Purba, Kabag Ops Polres Labusel, Kompol Rahman, dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: [BREAKING] Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Meninggal Dunia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya