Pembangunan Berkelanjutan Lindungi Orangutan Tapanuli dari Kepunahan

Mitigasi yang tepat dapat menjaga kelestarian oranguta

Tapanuli Selatan, IDN Times – Pembangunan berkelanjutan seharusnya menjadi landasan utama pembangunan kawasan Area Penggunaan Lain (APL) di Batang Toru yang selain memiliki habitat spesies orangutan Tapanuli, spesies baru yang diumumkan tahun 2017 juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi dengan banyaknya pengembang hadir di kawasan ini.

Hal ini diungkapkan pemerhati lingkungan, Emmy Hafild dalam acara bertema ‘Mengelola Habitat Orangutan dalam Kawasan APL’ yang diselenggarakan secara daring oleh CSERM (Center for Sustainable Energy & Resources Management), Universitas Nasional, Senin (13/7/2020).

Emmy mengatakan bahwa pembangunan berkelanjutan sangat penting diterapkan di ekosistem Batang Toru karena memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, dan nilai ekonomi serta sosial yang harus dikelola secara baik dan seimbang.

“Tiga dimensi utama, ekonomi, sosial dan lingkungan hidup harus berjalan secara seimbang, kalau tidak seimbang maka pembangunan berkelanjutan tidak tercapai,” jelasnya

Baca Juga: Kisah Sarpan, Saksi Pembunuhan yang Diduga Dipukul dan Disetrum Polisi

1. Pembangunan PLTA Batang Toru dinilai tidak akan menyebabkan punahnya orangutan

Pembangunan Berkelanjutan Lindungi Orangutan Tapanuli dari KepunahanProyek PLTA Batangtoru berkapasitas 510 MW (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ia menjelaskan bahwa berbagai pihak mengkhawatirkan spesies yang diperkirakan kurang lebih 800 individu ini bakal punah dengan banyaknya pembangunan di Kawasan tersebut, termasuk PLTA Batang Toru.

Namun menurutnya studi yang dilakukan CSERM Universitas Nasional, membuktikan fakta sebaliknya. Emmy menjelaskan, pembangunan PLTA Batang Toru dinilai tidak akan menyebabkan punahnya orangutan Tapanuli sebaliknya dengan mitigasi yang tepat kehadiran PLTA Batang Toru justru dapat menjaga kelestarian orangutan Tapanuli.

Studi terbaru yang dilakukan CESRM Universitas Nasional (UNAS) memprediksikan sekitar 6 individu orangutan menggunakan kawasan hutan PT NSHE, namun jumlah orangutan ini harus dipastikan mengingat terdapat sifat orangutan sebagai penjelajah dan penetap. Sementara jumlah tersebut hanya mewakili 0,8% dari estimasi total 800 individu yang ada di seluruh ekosistem Batang Toru.

“Dengan mitigasi dan konservasi orangutan Tapanuli yang tepat dilakukan oleh NSHE, maka orangutan Tapanuli tersebut akan terjaga keamanan dan keselamatannya,” ucap Didik Prasetyo PhD salah satu pakar orangutan yang menjadi salah satu peneliti dalam studi tersebut.

2. PLTA Batang Toru hanyalah sebagian kecil dari total luas wilayah ekosistem

Pembangunan Berkelanjutan Lindungi Orangutan Tapanuli dari KepunahanIDN Times/Prayugo Utomo

Studi terbaru ini bertujuan untuk menyediakan data dasar terkini untuk membantu proses mitigasi dampak untuk Proyek PLTA Batang Toru, serta mengembangkan strategi konservasi baru yang lebih komprehensif dan lebih luas untuk orangutan Tapanuli di seluruh habitatnya yang tersisa. Dr Jito Sugardjito, Direktur CSERM (Center for Sustainable Energy & Resources Management), Universitas Nasional.

“Sudah selayaknya semua pihak harus segera bekerja sama untuk melakukan mitigasi dan konservasi,” kata Jito Sugardjito.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa wilayah PLTA Batang Toru hanyalah sebagian kecil dari total luas wilayah ekosistem Batang Toru yang harus difokuskan untuk konservasi orangutan Tapanuli.

"Harus ada kerjasama dari berbagai pihak yang berada di ekosistem Batang Toru dalam upaya melakukan konservasi orangutan Tapanuli, tidak hanya PLTA Batang Toru," jelas Jito Sugardjito.

3. Mengurangi dampak langsung dan tidak langsung pada semua orangutan

Pembangunan Berkelanjutan Lindungi Orangutan Tapanuli dari KepunahanIDN Times/Tunggul Kumoro

Lebih jauh Emmy Hafild mengatakan bahwa hasil studi ini dapat memberikan landasan yang kuat bagi perusahaan untuk meningkatkan upaya mitigasi yang lebih baik lagi serta upaya konservasi terhadap orangutan.

“Kami selalu percaya bahwa dengan mitigasi yang tepat orangutan Tapanuli dapat hidup berdampingan dengan PLTA Batang Toru. Studi mengenai penyebaran habitat orangutan Tapanuli di area proyek PLTA Batang Toru merupakan langkah awal yang kami lakukan, sekaligus sebagai alat verifikasi dan acuan bagi kami untuk melakukan program konservasi untuk orangutan Tapanuli selanjutnya,” ucap Emmy.

Para peneliti tersebut sepakat perlunya studi lanjutan dan pemantauan populasi orangutan di wilayah PLTA Batang Toru dan upaya mereka untuk mengurangi dampak langsung dan tidak langsung pada semua orangutan menggunakan Area of Impact (AOI) atau area terdampak mereka.

Oleh karenanya disepakati bahwa masa depan orangutan Tapanuli tergantung tidak hanya pada apa yang terjadi dalam AOI, tetapi pada apa yang terjadi di luar juga dalam lanskap yang lebih luas. “Untuk kelangsungan hidup jangka panjang orangutan Tapanuli, ada kebutuhan kritis untuk menjaga dan meningkatkan konektivitas habitat dan untuk mengurangi hilangnya habitat, perburuan, dan konflik manusia-orangutan di seluruh Ekosistem Batang Toru,” jelas Didik Prasetyo.

“Untuk memaksimalkan prospek kelangsungan hidup spesies ini, kami merekomendasikan agar para pemangku kepentingan dari sektor swasta, pemerintah, dan masyarakat setempat harus bergabung dengan kami untuk meningkatkan konektivitas di dua lokasi utama: dari blok Hutan Batang Toru Barat ke blok Hutan Batang Toru Timur, dan dari blok Barat melalui lanskap koridor tenggara (Sitandiang/Sibual-buali) ke Cagar Alam Dolok Sipirok. Kami juga menyoroti perlunya peningkatan upaya pemantauan untuk mengurangi deforestasi dan perburuan, dan untuk meminimalkan konflik manusia-orangutan,” ujar Didik

“Kami melihat peluang untuk meningkatkan habitat orangutan Tapanuli yang saat ini tidak terlindungi status dilindungi dan untuk meningkatkan hutan yang sudah dilindungi ke tingkat yang lebih tinggi di perlindungan,” tambah Didik.

Baca Juga: Artis HH dan Prianya Hanya Saksi, Sopir Taksi Malah Jadi Tersangka

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya