Pelindo Multi Terminal Raih 4 Sertifikasi ISO Series

Berharap dapat meningkatkan kepercayaan seluruh stakeholder

Medan, IDN Times - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas berkomitmen meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan yang dikelola dengan menerapkan manajemen mutu berstandar internasional.

Hal ini ditunjukkan dengan peraihan empat sertifikasi International Standardization Organization (ISO) pada Tahun 2023.

Sertifikasi tersebut diperoleh atas telah diimplementasikannya Sistem Manajemen Terpadu di Kantor Pusat dan 10 Branch SPMT (Belawan, Dumai, Tj Intan, Jamila, Bumiharjo, Balikpapan, Tj Wangi, Makassar, Bagendang, Trisakti) meliputi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ISO 45001:2018, Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015 tentang Standar Sistem Manajemen Lingkungan.

Selain 3 Sistem tersebut, SPMT juga telah mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016. Sertifikasi ISO Series ini diterbitkan oleh PT TUV Nord Indonesia dan telah melalui serangkaian proses serta telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Sertifikasi ini berlaku selama tiga tahun hingga 25 Mei 2026.

1. Berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko, dan memberikan kepuasan pelanggan

Pelindo Multi Terminal Raih 4 Sertifikasi ISO SeriesPelindo Multi Terminal Raih 4 Sertifikasi ISO Series (Dok. IDN Times)

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Yon Irawan, dalam kata sambutannya mengungkapkan, Sertifikasi ISO ini merupakan salah satu bentuk komitmen seluruh manajemen dalam memberikan layanan yang berkualitas kepada Pengguna Jasa serta merupakan salah satu program kerja transformasi standarisasi operasional pada SPMT.

"Dengan implementasi sistem manajemen yang terstandarisasi, semoga dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko, dan memberikan kepuasan pelanggan yang lebih baik. Semoga proses ini tidak hanya baik ketika dilakukan audit saja, tetapi juga menjadi budaya bahwa seluruh Pekerja dapat bekerja secara efektif dan inovatif," ungkap Yon Irawan.

2. Bukti penerapan sertifikasi yang baik berdasarkan hasil audit eksternal

Pelindo Multi Terminal Raih 4 Sertifikasi ISO SeriesSPMT lakukan Transformasi & Standarisasi Operasional di SPMT Branch Terminal Jamrud Nilam Milah (Dok. IDN Times)

Sertifikat ISO Series ini diserahkan oleh Gede Bayu Wicaksana selaku Direktur TUV Nord Indonesia kepada PT Pelindo Multi Terminal.

Disebutkan Gede Bayu Wicaksana, TUV Nord merupakan perusahaan dari Jerman, yang tetap memperhatikan peraturan sertifikasi dari Indonesia dengan bukti bahwa PT TUV Nord sudah tersertifikasi (Komite Akreditasi Nasional) KAN.

"Pelindo Multi Terimal telah memperoleh sertifikasi ISO series yakni ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, dan ISO 37001 berkat penerapan yang baik berdasarkan hasil audit eksternal yang dilakukan secara independen oleh para auditor TUV. Sertifikasi ini merupakan awal dari penerapan dan pemeliharaan sistem manajemen yang dilakukan oleh perusahaan," terang Bayu.

3. Berharap dapat meningkatkan kepercayaan seluruh stakeholder

Pelindo Multi Terminal Raih 4 Sertifikasi ISO SeriesPelindo Multi Terminal Raih 4 Sertifikasi ISO Series (Dok. IDN Times)

Dengan diperolehnya sertifikasi ISO ini, PT Pelindo Multi Terminal diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan seluruh stakeholder, pengguna jasa dan masyarakat kepada Perusahaan serta meningkatkan komitmen seluruh Pekerja untuk meningkatkan kinerja dalam menjalankan proses bisnis Perusahaan.

Sertifikasi ini juga menjadi dasar komitmen yang kuat bagi seluruh pekerja untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan, terus berinovasi serta meningkatkan budaya sadar K3, lingkungan dan anti penyuapan.

Baca Juga: Selamat, Yandrinal Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Askot PSSI Medan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya