Palti Hutabarat Terdakwa Penyebar Hoaks Tulis Surat Permintaan Maaf

Terkait Rekaman Bocor Forkopimda Batu Bara Dukung Capres 02

Batubara, IDN Times - Influencer Palti Hutabarat atau Paltiwest menyampaikan permohonan maaf terkait cuitannya di platform X tentang "Rekaman Bocor Forkopimda Batu Bara Dukung Capres 02". Palti yang telah ditetapkan menjadi terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong (hoaks) itu, menulis Surat Permintaan Maaf dengan tulisan tangannya sendiri.

Dalam salinan surat yang ditulis pada satu lembar kertas tertanggal 13 Juni 2024 tersebut, Palti meminta maaf kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batu Bara, Amru Siregar.

Selain itu, Palti juga meminta maaf kepada jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, yakni Dandim 0208 Asahan Letkol Infrantri Muhammad Bassarewan, Kapolres Batu Bara Taufiq Hidayat Thayeb, dan Pj Bupati Batu Bara Nizhamul.

"Saya meminta maaf karena postingan saya telah menyinggung serta mencemarkan nama baik, nama kedinasan, serta berdampak juga kepada keluarga," tulis Palti.

1. Berharap kasusnya dapat berakhir damai

Palti Hutabarat Terdakwa Penyebar Hoaks Tulis Surat Permintaan MaafIlustrasi hoaks (pexels.com/Markus Winkler)

Dia juga mengungkapkan penyesalan atas perbuatannya yang menyebarkan "Rekaman Bocor Forkopimda Batu Bara Dukung Capres 02" dan berharap permintaan maafnya diterima, sehingga kasusnya dapat berakhir damai.

"Kiranya permintaan maaf saya ini diterima dan saya menyesal atas perbuatan saya tersebut," ungkap Palti.

2. Palti juga sudah sampaikan permohonan maaf di persidangan

Palti Hutabarat Terdakwa Penyebar Hoaks Tulis Surat Permintaan Maafilustrasi hoaks/hoax (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Palti Hutabarat telah menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pejabat di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, saat menghadiri sidang kasusnya di Pengadilan Negeri Kisaran, pada 30 Mei 2024.

Permintaan maaf itu disampaikan Palti langsung kepada Kepala Kejaksaan Negeri Batu Bara Amru Siregar saat sidang berlangsung.

Amru adalah pihak yang melaporkan Palti atas dugaan penyebaran kabar bohong. Pada kesempatan itu, Palti menyampaikan harapan permohonan maafnya bisa diterima sehingga kasus tersebut dapat diselesaikan secara damai.

3. Dijerat UU ITE

Palti Hutabarat Terdakwa Penyebar Hoaks Tulis Surat Permintaan Maafpinterest

Pengacara Palti, Andi Ahmad Falki, mengaku sudah mempersiapkan keadilan restoratif (restorative justice) untuk kliennya sebagaimana mengemuka di persidangan.

"Kami akan berkoordinasi dengan tim, dan InsyaAllah secepatnya akan direalisasikan. Terdakwa sendiri juga sudah mengakui, dan dengan rendah hati dia sudah memohon maaf kepada para pihak," kata Andi.

Sebagai informasi, Palti didakwa melanggar Undang-Undang Informasi Transaksi Eletronik (ITE) atas perkara dugaan penyebaran berita bohong pejabat di Batu Bara, Sumatera Utara, memerintahkan agar memenangkan pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Penyebar Hoaks Rekaman Forkopimda Batubara Menangkan 02 Tak Ditahan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya