OlympiAR Jadi Medium Mahasiswa Memahami Pertambangan Berkelanjutan

161 tim dari 28 kampus berkompetisi di OlympiAR 2024

Tapanuli Selatan, IDN Times - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, kembali menggelar kompetisi geologi ekonomi Olympiad Agincourt Resources (OlympiAR) 2024 bertajuk “Harmony in the Elements, Navigating Sustainable Mining Practices.” Dengan total hadiah Rp100 juta rupiah untuk tiga tim pemenang.

OlympiAR adalah bagian dari E-Coaching Jam (ECJ) Agincourt Resources. Sebelumnya, OlympiAR perdana yang berlangsung pada 2022 diikuti 72 tim dari 26 universitas di Indonesia.

Babak Pertama OlympiAR 2024 sudah dimulai sejak 25-28 Januari diikuti oleh 161 tim dari 28 kampus di Indonesia. Pada seleksi babak pertama ini sebanyak 20 tim dinyatakan lolos ke babak kedua dan akan adu ketangkasan pada 9-18 Februari 2024.

Sebelum babak kedua dimulai, PTAR menggelar Online Talkshow OlympiAR 2024 pada 6 Februari 2024. Acara ini dipandu oleh moderator Adi Sulaksono (Exploration Geologist Geo Fix Indonesia).

Sedang pembicara Carl Brauhart selaku Independent Principal Consultant, Putra Sadikin selaku Product Manager IoGASIMDEX Limited, Candra Nugraha selaku Mining Environmental Specialist and Environment Complaint Advisor, dan Putu Suputra Utama selaku Superintendent Exploration PT Agincourt Resources.

1. Pertambangan berkelanjutan mesti ditopang pengembangan keilmuan

OlympiAR Jadi Medium Mahasiswa Memahami Pertambangan BerkelanjutanGeneral Manager Operasional PT Agincourt Resources (GMO PTAR), Rahmad Lubis (Dok. IDN Times)

General Manager Operasional PT Agincourt Resources (GMO PTAR), Rahmad Lubis dalam sambutannya menjelaskan OlympiAR adalah salah satu inisiasi Agincourt Resources Pengelola Tambang Emas Martabe dalam pengembangan keilmuan pertambangan yang berkelanjutan. Pertambangan berkelanjutan itu diyakini bukan cuma praktik, melainkan mesti ditopang pengembangan keilmuan yang diperoleh dari berbagai aktivitas di lingkungan kampus seperti diskusi antara praktisi dan civitas academica, riset dan kompetisi.

“OlympiAR menjadi medium bagi mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan intelektualitasnya di bidang pertambangan melalui warisan pengetahuan dan keterampilan dari para praktisi pertambangan. Tidak hanya itu, OlympiAR menjadi medium bagi mahasiswa untuk meningkatan soft skill: keterampilan memecahkan masalah, berpikir kritis, manajemen tim, disiplin, dan bersikap sportif. Harapannya, OlympiAR bisa membantu mahasiswa siap terjun sebagai profesional dengan komitmen keberlanjutan,” ungkapnya.

Tahun 2024 ini, PT Agincourt Resources kembali menyelenggarakan OlympiAR yang bertema ‘Harmony in the Elements: Navigating Sustainable Mining Practices,’ dengan fokus bagaimana pertimbangan geokimia dan lingkungan dapat bekerja secara harmonis dalam industri pertambangan. Harapannya, semakin banyak lagi mahasiswa yang percaya diri, berani unjuk kemampuan dan bersaing secara sehat dengan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

2. Pendidikan akan dapat menunjang kemajuan pertumbuhan ekonomi dan sosial

OlympiAR Jadi Medium Mahasiswa Memahami Pertambangan BerkelanjutanPTAR menggelar Online Talkshow OlympiAR 2024 pada 6 Februari 2024. (Dok. IDN Times)

Untuk itu ia memberikan apresiasi atas diselenggarakannya Kembali kegiatan OlympiAR (Olimpiade Agincourt Resources) Tambang Emas Martabe tahun 2024 ini dengan semangat bahwa dunia pendidikan akan dapat menunjang kemajuan pertumbuhan ekonomi dan sosial di negara Indonesia.

“Hari ini, OlympiAR 2024 mempersembahkan Online Talkshow yang bertajuk ‘Harmony in the Elements: Navigating Sustainable Mining Practices’ yang merupakan sesi bincang-bincang menarik bersama para ahli untuk menambah wawasan baru dalam dunia pertambangan yang berkelanjutan dan juga sekaligus memberikan pembekalan kepada peserta untuk siap bersaing dalam kompetisi yang luar biasa. Ikuti “Online Talkshow” ini dengan baik, pergunakan waktu yang singkat ini semaksimal mungkin, banyak informasi yang perlu Anda ketahui di sesi bincang-bincang ini, sehingga memudahkan Anda dalam mengikuti kompetisi ini,” ujar Rahmat.

3. Pemenang berkesempatan magang selama 3 bulan di tambang emas Martabe

OlympiAR Jadi Medium Mahasiswa Memahami Pertambangan BerkelanjutanPTAR menggelar Online Talkshow OlympiAR 2024 pada 6 Februari 2024. (Dok. IDN Times)

Terakhir, Rahmat mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang sudah mendukung kegiatan ini. Dan tentunya kepada seluruh peserta yang hadir secara online hari ini.

“Semoga semangat belajar adik-adik selalu menyala, sejalan dengan semangat Agincourt Resources untuk terus menggali masa depan guna membangun masa depan yang berkelanjutan sekarang dan di masa mendatang,” pungkasnya.    

Babak kedua OlympiAR  yang akan berlangsung hingga 18 Februari nanti dimulai dengan Geochemistry & Environment Analysis. Bagi tim yang lolos hingga ke babak final, tim pemenang pertama akan meraih hadiah Rp50 juta serta mendapat kesempatan magang selama 3 bulan penuh di tambang emas Martabe. Pemenang kedua mendapatkan hadiah Rp30 juta, dan pemenang ketiga Rp20 juta.

Baca Juga: PTAR Gelar ECJ di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya