Nama Meryl Saragih Digadang-gadang Jadi Calon Wali Kota Medan

Meryl bakal jadi Calon Wali Kota Medan perempuan pertama

Medan, IDN Times - Pilpres dan Pileg 2024 baru saja usai digelar. Delapan bulan ke depan, akan digelar Pemilu untuk memilih kepala daerah atau Pilkada.

Meski Pilkada Serentak baru akan digelar November 2024, namun nama-nama kandidat yang akan diusung sudah bermunculan. Di Medan misalnya, ada nama Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, pengusaha muda Rico Waas, hingga politisi PKS, Salman Alfarisi.

Satu nama baru yang muncul adalah politikus perempuan, Meryl Rouli Saragih yang saat ini tercatat sebagai Anggota DPRD Sumut. Munculnya nama Meryl cukup mengejutkan dan bisa memberi warna baru pada Pilkada Medan. Pasalnya sejak Pilkada Pertama di Medan tahun 2005, belum pernah ada Calon Wali Kota Medan perempuan.

Jika Meryl benar-benar mencalonkan diri dan diusung partai, berarti akan jadi Calon Wali Kota Medan perempuan pertama sepanjang sejarah.

Lantas bagaimana tanggapan Meryl tentang hal ini?

1. Meryl kaget tapi siap mengemban amanah

Nama Meryl Saragih Digadang-gadang Jadi Calon Wali Kota MedanMeryl Rouli Saragih (Dok. IDN Times)

Saat diminta memberikan tanggapan, Meryl yang tercatat sebagai kader PDI Perjuangan ini mengaku cukup kaget mendengar namanya termasuk yang banyak disebut layak maju dalam Pilkada Kota Medan.

"Kalau dibilang kaget, yah pasti kaget yah. Ini satu hal yang luar biasa buat saya," ujar Meryl saat dihubungi, Jumat (22/3/2024).

Meski demikian, perempuan pemilik gelar magister hukum ini mengaku terhormat karena disandingkan dengan nama-nama besar yang sudah lebih lama berkecimpung di dunia politik.

Menurutnya, selama dorongan untuk maju sebagai kepala daerah itu untuk melayani masyarakat, tentunya ia menyatakan siap mengemban amanah itu. Termasuk jika memang partai politik tempatnya bergabung juga memberikannya kepercayaan untuk mengabdi melayani masyarakat.

"Selama masyarakat percaya kepada saya dan ada penugasan dari partai, tentunya saya harus siap mengemban amanah. Ini seperti motivasi saya ketika pertama kali maju sebagai anggota legislatif pada 5 tahun lalu," tegasnya.

Baca Juga: Pemilu 2024, Meryl Saragih Minta TNI/Polri dan ASN Tetap Netral

2. Dua kali terpilih sebagai anggota DPRD Sumut

Nama Meryl Saragih Digadang-gadang Jadi Calon Wali Kota MedanMeryl Rouli Saragih (Dok. IDN Times)

Meryl menilai, untuk bisa menjadi seorang kepala daerah yang baik, tentunya bukan hanya membutuhkan keahlian di bidang politik semata, tetapi kemampuan mengenali permasalahan dan mencari solusi dari masalah tersebut juga menjadi kunci sukses untuk memimpin.

"Hal ini pasti ada dalam diri seseorang, tinggal tergantung kemauan partai politik untuk memilih calon yang diusung dan kemauan masyarakat mengenali sosok yang ditawarkan Parpol itu," terangnya.

Diketahui, Meryl yang kembali maju pada Pileg 2024 yang digelar 14 Februari 2024 menempati peringkat pertama perolehan suara Caleg PDI Perjuangan untuk daerah pemilihan Sumut 2 dengan jumlah suara 24.550.

Perolehan suara ini mengalami peningkatan dibanding Pileg tahun 2019, dimana pada saat itu Meryl memperoleh 21.601 suara.

3. Aktif berkegiatan sosial lewat Yayasan Membangun Rakyat Sejahtera

Nama Meryl Saragih Digadang-gadang Jadi Calon Wali Kota MedanYayasan MRS Salurkan Beasiswa untuk 45 Mahasiswa di Medan (Dok. IDN Times)

Selain aktif di dunia politik, Meryl juga aktif dalam bidang sosial dan pendidikan serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Lewat Yayasan Membangun Rakyat Sejahtera (MRS) yang didirikannya di tahun 2019 lalu Meryl membantu masyarakat di bidang pemberdayaan ekonomi dan membantu mahasiswa mendapatkan beasiswa.

Diantaranya bantuan pembangunan 12 sekolah, 1 gedung perpustakaan, disamping bantuan untuk 19 rumah ibadah masjid dan gereja.

Di masa Covid-19, MRS juga bergerak memberikan bantuan makan siang gratis, bantuan beras kepada 7.241 orang dan 4.000 liter minyak goreng.

Sementara untuk pemberdayaan ekonomi, MRS memberikan bantuan kepada 5.558 pelaku UMKM di tahun 2020.

Baca Juga: Yayasan MRS Salurkan Beasiswa untuk 45 Mahasiswa di Medan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya