Mudik Lebaran, Tol Limapuluh - Kisaran Akan Dibuka Gratis

Operasional sementara dilakukan pada tanggal 5-16 April 2024

Medan, IDN Times - PT Hutama Karya (Persero) telah menuntaskan serangkaian uji laik fungsi (ULF) terhadap salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yakni Jalan Tol Indrapura-Kisaran II Seksi Limapuluh-Kisaran dengan panjang 32,15 km beberapa waktu lalu.

Evaluasi ini dilakukan dengan melibatkan sejumlah instansi yang terdiri dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Polri.

Kegiatan ini dimulai dengan peninjauan lapangan oleh Sub Tim 1 dengan memeriksa aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas, Sub Tim 2 dengan melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan sarana jalan, jembatan, dan bangunan pelengkap, serta Sum Tim 3 yang melakukan evaluasi dari sisi operasi dan administrasi. 

Dengan semua kesiapan ini, Tol Limapuluh - Kisaran akan dibuka selama Mudik Lebaran dan gratis.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan, Jalan Tol Indrapura-Kisaran terdiri dari dua seksi dengan total panjang 47,75 km. 

Menurutnya progres pembangunan fisik Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi II Limapuluh-Kisaran telah rampung. Maka itu, untuk mendukung percepatan pengoperasiannya, jalan tol ini dilakukan pemeriksaan sebelum dilalui oleh pengguna jalan.

Ia mengatakan, pengecekan fasilitas pendukung meliputi main road, simpang susun, intersection jalan tol dengan jalan nasional, gerbang tol, hingga Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP).

Branch Manajer Tol Indrapura-Kisaran, Ari Wibowo menjelaskan Tol Limapuluh - Kisaran dan Tol Tebingtinggi - Sinaksak yang nantinya difungsionalkan sementara waktu itu mulai 5-16 April 2024 dalam memperlancar arus lalu lintas selama libur mudik Lebaran.

"Untuk kondisi Jalur Tol Kisaran sepanjang 32 km pembangunannya sudah 100 persen sehingga sudah dapat dilalui kendaraan," ungkapnya.

Ari Wibowo menambahkan sarana dan prasarana sudah selesai dikerjakan sehingga jalur tol dapat difungsionalkan secara gratis saat mudik lebaran.

"Kita memprediksi sebanyak 14 ribu kendaraan akan menggunakan Tol Indrapura-Kisaran saat mudik lebaran 2024," jelasnya.

Baca Juga: Bank Indonesia Sumut Buka Penukaran Uang Rupiah Mulai Hari Ini

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya