Mengenal Andar Harahap, Mantan Wali Kota Sidimpuan Jadi Bupati Paluta

Andar merupakan anak Bupati Paluta dua periode

Andar Amin Harahap merupakan Bupati Padang Lawas Utara yang menjabat pada periode 2018-2023. Ia menggantikan Bachrum Harahap yang merupakan ayah sekaligus Bupati di dua periode sebelumnya yaitu pada tahun 2008-2013 dan 2013-2018.

Padang Lawas Utara atau biasa juga disebut sebagai Paluta berada di Sumatera Utara.

Ia lahir di Padangsidimpuan, Sumatra Utara pada 26 Januari 1982. Ia merupakan putra dari pernikahan antara Bachrum Harahap dan Siti Aisyah Siregar. 

Baca Juga: Gak Sembarangan, Begini Teknik Kontrol Gas dan Pengereman yang Baik

1. Menempuh pendidikan di STPDN

Mengenal Andar Harahap, Mantan Wali Kota Sidimpuan Jadi Bupati PalutaAndar Amin Harahap, Bupati Padang Lawas Utara yang menjabat pada periode 2018-2023. (Dok. IDN Times)

Andar menikah dengan Ade Aan Rostian Nasution. Dari pernikahan tersebut, ia memiliki tiga orang anak. Anak yang pertama bernama Ana Diva Muliani Harahap, anak kedua Adinda Baitna Marito Harahap dan anak terakhir bernama Andara Arnisa Namora Harahap.

Andar bersekolah dasar di SD Negeri 26 Padangsidimpuan pada tahun 1987-1994 dan melanjutkan ke SMP Negeri 4 Padangsidimpuan di tahun 1994 dan lulus pada tahun 1997.

Selanjutnya di tahun 1997-2000 ia bersekolah di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Ia mengambil pendidikan perguruan tinggi di STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri atau sekarang dikenal sebagai IPDN) pada tahun 2001-2005 dan melanjutkan S2 di MAPBD-STPDN di tahun 2005-2008.

2. Menjabat Wali Kota Padangisidimpuan Periode 2013-2018

Mengenal Andar Harahap, Mantan Wali Kota Sidimpuan Jadi Bupati PalutaAndar Amin Harahap, Bupati Padang Lawas Utara yang menjabat pada periode 2018-2023. (Dok. IDN Times)

Jauh sebelum menjadi Bupati Padang Lawas, Andar pernah menjadi Staf Camat di Kecamatan Angkola Barat. Kemudian ia juga diangkat menjadi Kaban Kesbang Linmas Kabupaten Paluta.

Kemudian di tahun 2013 ia menjadi Wali Kota di kota kelahirannya, Padangsidimpuan. Di tahun 2018 ia terpilih menjadi Bupati Padang Lawas Utara hingga saat ini.

Di masa kuliahnya di STPDN (IPDN), Andar mengikuti organisasi dan ia ditunjuk sebagai Kasi Teritorial Resimen di Mahasiswa Batalion XII STPDN.

Andar juga menjabat sebagai Ketua Partai Golkar di Kabupaten Padang Lawas Utara di periode 2020-2025. 

Andar Amin Harahap merupakan putra dari Bupati Padang Lawas Utara sebelumnya. Bachrum Harahap, Bupati Padang Lawas Utara yang menjabat selama dua periode berturut-turut di tahun 2008-2013 dan 2013-2018 didampingi oleh ibu Siti Aisyah Siregar.

3. Bekerja sama dengan BMKG untuk Sistem Monitoring Seismik

Mengenal Andar Harahap, Mantan Wali Kota Sidimpuan Jadi Bupati PalutaAndar Amin Harahap, Bupati Padang Lawas Utara yang menjabat pada periode 2018-2023. (Dok. IDN Times)

Dalam masa kepemimpinan Andar Amin Harahap, ia bekerjasama dan mendukung penuh BMKG untuk mengembangkan sensor monitoring seismik yang berfungsi untuk memonitor gempa di Sumatera Utara.

Pembangunan sensor tersebut dimulai pada tahun 2019. Bentuk dukungan dari Andar adalah berupa penyediaan lahan pinjam pakai untuk keperluan pembangunan sensor maupun keperluan BMKG. 

Pada tanggal 11 Januari 2021 ia menerima vaksin covid yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara. Dengan demikian, Andar merupakan orang pertama di Padang Lawas Utara yang menerima vaksin covid.

Ia berharap hal tersebut bisa menjadi contoh untuk masyarakat, Sehingga masyarakat tidak lagi ragu untuk divaksin. Dan ia berharap penyebaran virus covid di Padang Lawas Utara bisa segera terputus mata rantainya.

Bagi sebagian orang di Padang Lawas Utara, Andar adalah sosok Bupati yang sangat santun dan bijaksana. Ia mengusahakan hal-hal terbaik untuk pembangunan dan kemajuan pembangunan kabupatennya. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan, Bisa Jadi Gejala Varian Omicron

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya