KPU Medan Lantik Relawan Demokrasi, Lima di antaranya Disabilitas

Target partisipasi pemilih 77,5 persen

Medan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Kota Medan mengukuhkan 55 relawan demokrasi. 

Dari 55 orang  tersebut, lima di antaranya adalah disabilitas.

Tugas relawan ini adalah membantu melakukan sosialisasi terkait pemilu ke berbagai kalangan dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan Agus Agussyah Ramadani Damanik di Medan, Kamis, saat mengukuhkan relawan demokrasi tersebut, mengatakan, ke-55 relawan tersebut sebelumnya telah melewati sejumlah seleksi yang digelar oleh KPU baik seleksi administrasi maupun wawancara.

Para relawan demokrasi itu setelah dikukuhkan, nantinya akan diberi pembekalan sebelum diterjunkan ke lapangan  untuk melakukan kegiatan sosialisasi terkait pemilu dan tahapan-tahapannya. Termasuk juga relawan penyandang disabilitas.

1. Melaporkan secara periodik kegiatan sosialisasi

KPU Medan Lantik Relawan Demokrasi, Lima di antaranya DisabilitasDok Antara Sumut

Adapun 11 segmen basis pemilih dimaksud adalah basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, tokoh agama, disabilitas, marjinal, komunitas, berkebutuhan khusus, warga internet dan relawan demokrasi. 

Para Relawan Demokrasi itu nantinya akan bekerja melakukan sosialisasi di 11 segmen basis pemilih  dan masing masing  segmen terdiri dari 5 orang yang akan disebar di 21 kecamatan yang ada di kota itu.

"Mereka akan bekerja selama  tiga bulan dan  melaporkan secara periodik kegiatan sosialisasi yang dilakukan kepada KPU Kota Medan. Kehadiran mereka sangat penting karena tugas-tugas mereka berkaitan dengan sosialisasi dan informasi terkait pemilu kepada masyarakat," katanya.

2. Target nasional partisipasi pemilih 77,5 persen

KPU Medan Lantik Relawan Demokrasi, Lima di antaranya Disabilitastwitter @kpu_kota_medan

Ia berharap usai dikukuhkan para relawan tersebut sudah dapat bekerja turun ke basis masing-masing untuk melakukan sosialisasi tahapan-tahapan pemilu sehingga target KPU Medan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu medatang dapat tercapai.

"Target secara nasional adalah 77,5 persen, maka kita juga akan menargetkan dapat memenuhi target tersebut. Tentunya dengan adanya relawan demokrasi tersebut yang nantinya bekerja melakukan sosialisasi di basis masing-masing, kita harapkan target partisipasi pemilih dapat tercapai," katanya.

Baca Juga: Antisipasi Hoaks, Ketua KPU Tinjau Langsung Pencetakan Surat Suara

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya