Jalan-jalan ke Danau Toba, Sekarang Ada Rest Area di Tiga Balata

Jalan-jalan ke Danau Toba, Sekarang Ada Rest Area di Tiga Ba

Bagi kamu yang suka jalan-jalan ke Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun sekarang perjalananmu bakal lebih seru. Karena saat ini sudah ada rest area yang memberikan pelayanan One Stop Service di Jalan lintas Siantar-Parapat KM 14.

Rest Area ini berada di SPBU Tiga Balata. Dengan luas sekitar 8.000 M2, SPBU yang dikelola oleh PPS Stations ini memiliki fasilitas sangat lengkap.

Abang Beradik Petrus Stuart Miller Sirait dan Paulus George Sirait selaku pengelola SPBU Tiga Balata menjelaskan fasilitas yang ada di Rest Area ini antara lain 3 Dispenser di SPBU dengan total 18 Nozzle, tempat pengisian angin ban dan air radiator gratis, musala, parkiran luas, serta 10 kamar mandi yang menggunakan pewangi calmic seperti di mall.

“Rest Area Tiga Balata ini juga memiliki kantin yang bisa menampung 80 orang. Di kantin tersedia berbagai macam makanan dan minuman untuk menemani para pengendara beristirahat,” ujar Paulus.

1. Menerapkan pelayanan yang ramah sesuai standart Pertamina

Jalan-jalan ke Danau Toba, Sekarang Ada Rest Area di Tiga BalataRest Area SPBU Tiga Balata, Jalan Siantar-Parapat KM 14, Simalungun (Dok. Google.com)

Ia menambahkan, SPBU yang didirikan sejak 26 Maret 2022 ini menerapkan pelayanan yang ramah sesuai standart Pertamina. Dengan total jumlah petugas yang bekerja di Rest Area ini sebanyak 15 orang.

Saat arus mudik dan balik Lebaran bulan lalu, Paulus mengakui sangat banyak pengendara yang berhenti beristirahat dan memanfaatkan fasilitas di Rest Area ini.

Terlebih saat malam hari, Rest Area ini memiliki lampu penerangan yang sangat baik, sehingga membuat pengendara nyaman untuk mampir dan beristirahat.

2. Semifoodcourt akan buka Akhir Mei

Jalan-jalan ke Danau Toba, Sekarang Ada Rest Area di Tiga BalataRest Area SPBU Tiga Balata, Jalan Siantar-Parapat KM 14, Simalungun (Dok. Google.com)

Kedepan, tambah Paulus, di rest area ini akan dibangun semifoodcourt yang bisa menampung hingga 160 orang dan akan menjual berbagai makanan seperti bakso, nasi goreng dan lainnya. Sehingga para pengendara betah berlama-lama mampir di Rest Area Tiga Balata.

“Saat ini semifoodcourt sedang tahap persiapan. Bangunan, kursi dan menjanya sudah tersedia, hanya tinggal menunggu launching pada akhir Mei 2023,” tambahnya.

Jika semifoodcourt ini dibuka, total pekerja yang melayani di rest area ini menjadi 25 orang.

3. Manfaarkan rest area, jangan paksakan berkendara jika lelah

Jalan-jalan ke Danau Toba, Sekarang Ada Rest Area di Tiga BalataPetrus Stuart Miller Sirait, Direktur Operasional PT Pessindo Makmur Jaya (Dok. IDN Times)

Petrus Sirait berharap dengan semua fasilitas yang lengkap ini, lebih banyak pengendara mampir untuk beristirahat dan menghabiskan waktu di rest area ini. Ia juga mengimbau para pengendara jangan memaksakan diri terus berkendara saat sudah kelelahan demi menghindari kecelakaan lalu lintas.

“Selama ini dari Siantar menuju Parapat tidak ada rest area jadi pengendara kesulitan untuk beristirahat saat lelah berkendara atau kesulitan mencari toilet dan musala. Sekarang sudah ada rest area pertama di jalur lintas ini. Jadi pengendara yang sudah merasa lelah tidak perlu memaksakan berkendara atau berhenti di pinggir jalan, kita hadirkan fasilitas lengkap atau One Stop Service di sini,” ujar Petrus yang juga merupakan Pengelola Pertashop Tiga Dolok, Simalungun.

Baca Juga: 7 Peserta UTBK USU Diduga Pakai Joki Ditangkap, Gunakan Alat Khusus

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya