Jaga Kamtibmas, Polisi Lakukan Pendekatan Religius Lewat Minggu Kasih

Laporkan gangguan kamtibmas bisa lewat WA dan Call Center

Labuhanbatu Selatan, IDN Times - Kapolsek Kotarih, Iptu Mula Purba bersama Wakapolsek Ipda Brimen memiliki strategi tersendiri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukumnya. Salah satunya adalah melakukan pendekatan religius ke masyarakat lewat 'Minggu Kasih'

Hari ini pendekatan religius ke masyarakat lewat 'Minggu Kasih' dilakukan di Gereja GKPS Desa Damak Gelugur Kecamatan Silinda Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (28/11/2024) pagi.

Personel Polsek Ipda Brimen dan Bripka Sardodi Damanik, dengan hikmat menunaikan ibadah Gereja. Setelah ibadah menyampaikan edukasi kamtibmas serta memberikan bahan pangan beras kepada jemaat didampingi Kanit Sabhara Aipda Noman Purba.

"Esensi Minggu Kasih ini bukan hanya sebagai ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai upaya nyata polisi untuk mendekatkan diri dengan Tokoh Agama, masyarakat dan juga Personel turut ikut beribadah meningkatkan iman serta memberikan bahan pangan beras." ujar Mula Purba.

1. Berharap masyarakat dapat lebih proaktif bekerja sama dengan TNI-Polri

Jaga Kamtibmas, Polisi Lakukan Pendekatan Religius Lewat Minggu KasihPolsek Kotarih gelar 'Minggu Kasih' di Gereja GKPS Desa Damak Gelugur Kecamatan Silinda Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (28/11/2024) pagi. (Dok. IDN Times)

Ia menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan. Kegiatan Minggu Kasih yang digaungkan Polsek Kotarih bukan hanya sekadar formalitas, tetapi sebagai langkah konkret dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih proaktif bekerjasama dengan TNI-Polri. Memperkuat sinergi bersama tokoh agama dan masyarakat demi menciptakan Situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kecamatan Silinda," pungkasnya.

Pengurus Gereja Vorhanger B. Saragih me-respons positif kegiatan Minggu Kasih yang digaungkan Polsek Kotarih ikut beribadah dan Polisi memberikan bantuan bahan pangan kepada warganya.

"Ini pertama kalinya Polisi datang ke Gereja kita ikut beribadah meskipun jauh dari kantor Polsek dan kami sangat senang kedekatan kepedulian Polisi terhadap masyarakat," ujarnya.

2. Kapolres Labusel Minggu kasih di Gereja Methodist Indonesia

Jaga Kamtibmas, Polisi Lakukan Pendekatan Religius Lewat Minggu KasihPolres Labusel melakukan kegiatan Minggu Kasih di Gereja Methodist Indonesia (GMI) Tiberias Sei Kalam, Desa Perkampungan Teluk Panji, Minggu (24/1/2024). (Dok. IDN Times)

Kepolisian Resort Labuhanbatu Selatan (Labusel) juga melakukan kegiatan yang sama. Yakni Minggu Kasih di Gereja Methodist Indonesia (GMI) Tiberias Sei Kalam, Desa Perkampungan Teluk Panji, Kecamatan Kampung Rakyat, Minggu (28/1/2024).

Kapolres Labusel, AKBP Maringan Simanjuntak mengatakan kegiatan bertema "Minggu Kasih" ini menjadi salah satu inisiatif Positif Polri untuk membangun kedekatan antara kepolisian dan masyarakat. Tujuannya adalah menciptakan situasi harkamtibmas yang kondusif, sekaligus memberikan manfaat langsung kepada warga.

"Kami ingin menjadi bagian dari masyarakat, mendengarkan keluh kesah warga, dan menyampaikan pesan kamtibmas. Minggu Kasih ini sejalan dengan program kepolisian 'Jumat Curhat', di mana kami aktif mendatangi warga untuk memahami situasi kamtibmas di wilayah tertentu," ujarnya.

Selain menjadi ajang silaturahmi, kegiatan ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menyerap aspirasi, saran, dan kritik dari masyarakat. Kapolres Labusel berharap agar jemaat turut aktif memberikan informasi terkait isu Narkoba, balap liar, dan kejahatan lainnya yang dapat mengganggu kamtibmas di Desa Teluk Panji.

3. Laporkan gangguan kamtibmas bisa lewat WA dan Call Center

Jaga Kamtibmas, Polisi Lakukan Pendekatan Religius Lewat Minggu KasihKapolres Labusel, AKBP Maringan Simanjuntak (Dok. IDN Times)

Kapolres Labusel juga meminta dukungan dari seluruh jemaat untuk melaporkan segala bentuk gangguan keamanan melalui nomor WhatsApp yang telah disediakan. Selain itu, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan pemilu damai yang akan segera dilaksanakan.

"Kami mengajak bapak ibu saudara-saudara sekalian untuk bersinergi dalam menjaga keamanan dan kerukunan di tengah-tengah masyarakat. Gunakan hak pilih pada pesta demokrasi tanggal 14 Februari, serta turut menjaga situasi kamtibmas yang aman dan damai,” ungkapnya.

Kapolres juga menegaskan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya tanggung jawab kepolisian, melainkan tugas bersama seluruh komponen masyarakat.

Untuk memudahkan pelaporan gangguan kamtibmas, telah disebarkan Call Center 110 dan WA Center Lapor Kapolres Labusel dengan nomor 0812 6086 669.

Pihak gereja GMI Tiberias Sei Kalam mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Labusel beserta jajaran yang telah berkunjung. Mereka merasa nyaman dan aman dalam menjalankan ibadah, berkat dukungan pengamanan dari pihak kepolisian.

Dengan kegiatan ini, Kapolres Labusel berhasil membangun kedekatan dengan masyarakat serta memberikan pesan-pesan penting terkait keamanan dan ketertiban. Minggu Kasih di GMI Tiberias Sei Kalam menjadi bukti komitmen kepolisian dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Baca Juga: Mimpi PSMS Terkubur di Langsa, Legimin: Kami Minta Maaf

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya