Ini Alasan Mengapa Harus Belajar Fotografi ala Dudi Sugandi

Dudi Sugandi buka Kelas Garasi di rumahnya

Medan, IDN Times - Di era zaman now saat ini, skill fotografi sangat dibutuhkan dan menjanjikan banyak peluang pekerjaan. Untuk itu anak-anak muda sangat disarankan untuk belajar fotografi.

Hal ini diungkapkan oleh Fotografer Dudi Sugandi saat menjadi pembicara pada acara Coaching Clinic Photography di Kito Floral Cafe Medan beberapa waktu lalu.

Acara diskusi fotografi tersebut digagas oleh organisasi wartawan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan bekerjasama dengan PT Inalum serta diikuti oleh peserta secara tatap muka yang terbatas, dan siarkan melalui live streaming di channel youtube Inalum.

1. Dudi Sugandi buka Kelas Garasi

Ini Alasan Mengapa Harus Belajar Fotografi ala Dudi SugandiCoaching Clinic Photography bersama Dudi Sugandi dalam rangka memeringati HUT Ke-46 PT Inalum yang berlangsung di Kito Floral Cafe Medan, Senin (20/12/2021).(IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Eks Fotografer Pikiran Rakyat Bandung ini mengatakan sudah memulai profesi fotografi sejak tahun 1996. Beberapa tahun terakhir ini ia membuka Kelas Garasi untuk membahas fotografi di garasi rumahnya.

Tujuannya untuk sharing pengetahuan dan pengalaman kepada masyarakat luas, khususnya anak-anak millennial.

"Anak zaman now gak kuat baca, jadi saya bikin konten tentang fotografi yang simple lewat foto. itu berada di garasi rumah saya," ungkapnya.

2. Mengapa harus belajar forografi?

Ini Alasan Mengapa Harus Belajar Fotografi ala Dudi SugandiDudi Sugandi (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Mengapa harus belajar forografi? Menurut Dudi, pertama, profesi fotografer ini sangat menjanjikan di zaman now karena semua bidang butuh fotografi.

Kedua, ada perbedaan antara yang dilihat mata dengan yang bisa terekam oleh kamera. Memang benar motret bisa pakai HP, tapi berbeda dengan hasil jepretan kamera.

"Nah di zaman sekarang, setelah paham fotografi maka harus adaptasi, inovasi, dan kolaborasi sehingga bisa mengikuti perkembangan zaman," katanya di hadapan sekitar 30 peserta yang hadir.

3. Multitasking skill

Ini Alasan Mengapa Harus Belajar Fotografi ala Dudi SugandiDudi Sugandi (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Bekal yang perlu dimiliki seorang fotografer yakni multitasking skill. Di antaranya skill teknis dan nonteknis, mengenal media sosial, melakukan digital marketing, dan bergabung di komunitas.

Selain itu, yang harus dipahami, tambah Dudi, fotografi is FUN. Singkatan dari Focus, Unpredictable, dan Narative.

"Menguasa teknis, kita akan membuat foto yg bagus. menguasai konten, kita akan membuat foto yang keren. Untuk itu perbanyak membaca, melihat foto, dan belajar mempraktikkannya saat memotret," terang Dudi.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya