Ini 6 Solusi Grab Percepat Transformasi Digital UMKM di Medan

Lewat program digitalisasi UMKM #TerusUsaha

Medan, IDN Times - Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia, hari ini meluncurkan solusi digitalisasi UMKM #TerusUsaha di Medan. Program ini mencakup 6 solusi yang didedikasikan membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat beradaptasi dan berkembang di era tatanan baru pasca-COVID-19.

Program yang mendukung inisiatif #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah ini mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM, iklan gratis guna membantu meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan, juga sebuah portal yang dirancang khusus bagi UMKM yang berisikan tips dan juga pengetahuan lainnya agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

Di Medan, Grab mendigitalisasi 6 pasar tradisional melalui layanan GrabMart agar mereka dapat tetap melayani pelanggan yang kebanyakan beraktivitas dari rumah. 

Berikut 6 Solusi Grab untuk Percepatan Digitalisasi UMKM Sumatera Utara:

1. Meningkatkan Visibilitas dan Permintaan

Ini 6 Solusi Grab Percepat Transformasi Digital UMKM di MedanGrab meluncurkan solusi digitalisasi UMKM #TerusUsaha di Medan (Dok. IDN Times)

Pertama, Digitalisasi Pedagang Pasar Tradisional dengan GrabMart: Grab bermitra dengan PD Pasar Jaya untuk mendigitalisasi 5 pasar tradisional di Medan agar mereka dapat terus melayani pelanggan yang kebanyakan beraktivitas dari rumah. Selain itu ada juga 1 pasar lain yang juga hadir dalam layanan GrabMart, yakni Pasar Bakti, Pasar Kwala Bekala, Pasar Petisah, Pasar Pringgan, Pasar Sei Sikambing dan Pasar Medan Tembung.

Para pembeli bisa memesan seluruh kebutuhan harian dari ratusan pedagang tradisional melalui layanan GrabMart dalam aplikasi Grab. Sejak terdigitalisasi oleh GrabMart, rata-rata transaksi pedagang pasar meningkat hingga 245% dalam satu bulan.

Kedua, Dukung Usahawan Lokal: Grab membantu ribuan UMKM Medan untuk meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan penjualan melalui penyediaan iklan gratis khusus pada laman utama aplikasi. Grab juga akan memberikan ruang untuk beriklan di media sosial dan saluran digital Grab, serta influencer media sosial yang bekerja sama dengan Grab. Pelanggan akan diarahkan pada laman transaksi langsung saat meng-klik iklan ini. 
 

Baca Juga: Aura Kasih hingga Vicky Shu Ramaikan Konser Amal Grab dan Likee

2. Memberikan Pelatihan Keterampilan dan Pertumbuhan bagi Bisnis Kecil

Ini 6 Solusi Grab Percepat Transformasi Digital UMKM di MedanGrab hadirkan program untuk mendukung UMKM di Bali bangkit saat pandemik (Dok.IDN Times/Grab)

Tiga, Portal khusus bagi UMKM, www.grabforgood.id yang memberikan ruang bagi jutaan UMKM untuk mencari tips terkait pengembangan bisnisnya, inspirasi dari bisnis kecil yang sukses, dan menemukan cara bergabung dalam ekosistem digital Grab.

Keempat, Program ‘Grab #TerusUsaha Akselerator UMKM’ yang bermitra dengan Sahabat UMKM dan Google Gapura Digital dalam menyediakan program pelatihan dan dukungan bagi pemilik usaha kecil di Indonesia.

Dari 500 UMKM dari puluhan provinsi di Indonesia yang telah mendaftarkan untuk mengikuti program ini, sebanyak 50 peserta telah terpilih dan ada juga yang berasal dari Sumatera Utara. Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan intensif serta berbagai sesi bimbingan selama 2,5 bulan seputar legalitas, pemasaran, literasi keuangan, pengelolaan sumber daya, permodalan, hingga daya saing produk mulai awal Agustus 2020.

4. Menciptakan Kesempatan Pendapatan Baru Bagi Mereka yang Membutuhkan

Ini 6 Solusi Grab Percepat Transformasi Digital UMKM di MedanPinterest

Kelima, Aplikasi GrabMerchant & Grab Merchant Center: Sebuah aplikasi all-in-one untuk UMKM yang bergerak di sektor kuliner yang akan memudahkan mereka menjalankan bisnis secara menyeluruh. UMKM Kuliner dapat mendaftar menjadi merchant GrabFood, memasukkan profil karyawan, berbelanja barang-barang keperluan, membuat iklan, juga mendapatkan laporan penjualan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan Google Play. Tersedia juga sebuah layanan offline Grab Merchant Center yang disediakan untuk memfasilitasi kebutuhan mitra merchant di Medan, seperti pendaftaran, keluhan, edukasi dan lainnya.

Keenam, Agen Individu GrabKios: Bagi masyarakat yang mata pencahariannya terdampak akibat COVID-19, mereka dapat bergabung menjadi agen individu GrabKios untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mereka dapat menawarkan berbagai produk finansial dan digital, seperti pengiriman uang, pembelian produk asuransi mikro, pembayaran tagihan, dan pengisian pulsa melalui aplikasi GrabKios kepada 170 juta masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses perbankan. 

4. Mendukung terciptanya ekonomi digital untuk mempercepat pemulihan ekonomi Sumatera Utara

Ini 6 Solusi Grab Percepat Transformasi Digital UMKM di MedanLaunching GrabMart di Pasar Sei Sikambing Medan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sektor UMKM di Sumatera Utara merupakan tulang punggung perekonomian lokal dengan kontribusi ekonomi sebesar 67%. Temuan dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara mengungkapkan bahwa pekerja lepas dan UMKM yang didukung teknologi Grab berkontribusi sebesar Rp2,66 Triliun bagi perekonomian Sumatera Utara pada 2018.

Riset terbaru yang dilakukan pada 2020 juga menunjukkan peran UMKM dalam membuka lapangan pekerjaan, dengan 21% responden mengaku bisa menambah karyawan saat bisnisnya berkembang. Namun faktanya, pandemi membuat 672.000 UMKM di Sumatera Utara mengalami gangguan operasional, termasuk penutupan bisnis. Hal ini menandakan pentingnya digitalisasi untuk membantu UMKM dapat bertahan dan juga mempercepat pemulihan ekonomi Sumatera Utara.

Richard Aditya, Head of West Indonesia Grab Indonesia, menjelaskan peran program #TerusUsaha dalam mendukung terciptanya ekonomi digital untuk mempercepat pemulihan ekonomi Sumatera Utara.

“Dukungan kepada seluruh UMKM di Sumatera Utara sangat perlu dilakukan untuk memastikan mereka dapat bertahan, mengingat kontribusi ekonomi sektor ini yang sangat signifikan. Dengan adanya perubahan perilaku dan kebiasaan konsumen di masa pandemi, digitalisasi menjadi sangat mendesak. Program #TerusUsaha yang sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood kami harapkan dapat memberikan solusi konkret dan juga membawa semangat baru bagi para pelaku UMKM untuk bangkit dan menyongsong era tatanan kehidupan baru ini,” jelasnya.

5. Gubernur mengapresiasi solusi #TerusUsaha yang diberikan Grab guna membantu UMKM di Sumatera Utara

Ini 6 Solusi Grab Percepat Transformasi Digital UMKM di MedanGrab meluncurkan solusi digitalisasi UMKM #TerusUsaha di Medan (Dok. IDN Times)

H. Edy Rahmayadi, Gubernur Sumatera Utara, sangat mengapresiasi solusi #TerusUsaha  yang diberikan Grab guna membantu UMKM di Sumatera Utara.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara merancang berbagai strategi guna mendorong digitalisasi UMKM yang terkena dampak pandemi COVID-19, salah satunya dengan mengalokasikan dana khusus untuk membantu UMKM UNTUK meningkatkan kapasitas serta daya saing koperasi dan UMKM. Selain itu, peran swasta dalam hal ini Grab juga sangat diharapkan bisa membangkitkan kinerja usaha koperasi dan UMKM yang terdampak pandemi di Provinsi Sumatera Utara. Saya juga sangat mengapresiasi rangkaian solusi digitalisasi yang dihadirkan Grab melalui #TerusUsaha yang tentunya bisa jadi penyelamat bagi banyak pihak. Terakhir, saya juga mengajak para UMKM untuk merangkul digitalisasi  agar tercipta perekonomian yang lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Baca Juga: Idul Adha, Komunitas Mitra Grab Terbaik Dapat Hadiah Kambing Kurban

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya