INALUM Pasang Target Raih Proper Emas Lagi Tahun Ini

Ajak PFI hunting foto ke beberapa kawasan CSR PT Inalum

Batubara, IDN Times - Januari 2023 lalu jadi awal yang baik bagi PT INALUM untuk memulai tahun 2023. Perusahaan Grup MIND ID ini berhasil meraih penghargaan kategori emas dalam hal pengelolaan lingkungan tahun 2022.

Proper ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk menilai kinerja dan kontribusi Perusahaan terhadap Pengelolaan Lingkungan. Selain Inalum,

Grup MIND ID yang berhasil mendapatkan penghargaan yang sama adalah PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Timah Tbk.

Pada tahun 2023, Sekretaris Perusahaan PT INALUM, Mahyaruddin AR menargetkan perusahaan yang beroperasional di Kabupaten Batubara dan Toba di Sumatera Utara ini meraih Proper emas lagi tahun ini dari dua lokasi operasional yang berbeda yaitu Pabrik Peleburan (Kuala Tanjung), dan PLTA (Paritohan).

"Tahun lalu kita dapat satu. Target tahun ini emas lagi dari kedua lokasi kami baik di Kuala Tanjung maupun di Paritohan," ujar Mahyaruddin saat menerima kunjungan silaturahmi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan, Selasa (23/5/2023).

Silaturahmi ini dihadiri oleh Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, Sekretaris PFI Medan, Arifin Al Alamudi, Korwil PFI Wilayah Sumatra Hendra Syamhari dan jajaran pengurus lainnya.

1. Inalum raih sertifikasi ISO 37001 dari Mutu International

INALUM Pasang Target Raih Proper Emas Lagi Tahun IniAktivitas di pabrik peleburan alumunium PT Inalum, 24 Mei 2023. Perusahaan Grup MIND ID ini berhasil meraih penghargaan kategori emas dalam hal pengelolaan lingkungan tahun 2022 dan telah berhasil mengantongi berbagai sertifikasi internasional. (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID)/PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM ini sudah mendulang berbagai penghargaan dan sertitikasi internasional.

Pada 13 Agustus 2020 lalu, Inalum pernah mendapatkan sertifikasi SNI ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dari Mutu International.

⁣INALUM menunjukkan komitmen dalam menjalankan tugas yang bersih. Buktinya, INALUM berhasil mendapatkan sertifikat SNI ISO 37001, yakni Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan berharap kedepannya menerapkan SMAP secara efektif dan sesuai agar dapat mencegah penyuapan dalam bentuk apapun serta memastikan kebijakan ini dijalankan setiap individu sejalan dengan nilai integeritas yang dijunjung MIND ID dan INALUM.⁣

Pada Maret 2023 juga berhasil meraih Sertifikat Aluminium Stewardship Initiative atau ASI V3 (2022) dengan scope Pabrik Peleburan Aluminium di Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatra Utara.

Sertifikasi ASI dikembangkan melalui proses konsultasi multi-stakeholder yang ekstensif dan merupakan satu-satunya inisiatif standar keberlanjutan sukarela yang komprehensif untuk rantai nilai aluminium.

Sertifikasi ASI menjadi bukti, Inalum produsen yang ramah lingkungan. Jadi selain menjaga reputasi perusahaan dan effort para pendahulu untuk mendaftarkan brand Inalum di LME.

2. Bendungan Tangga Asahan jadi ikon Sumut

INALUM Pasang Target Raih Proper Emas Lagi Tahun IniSilaturahmi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan dengan Sekretaris Perusahaan PT Inalum (Persero), Selasa (23/5/2023). (Dok. IDN Times)

Mahyaruddin bercerita banyak CSR dampingan INALUM yang sangat layak untuk diulas dan diabadikan oleh para jurnalis PFI Medan. Termasuk salah satunya Bendungan Tangga di Asahan yang dikelola oleh PT Inalum. Bentuknya melengkung seperti busur dan pernah tertera di uang Rp100 keluaran tahun 1984.

"Dibuat tahun 1980, hingga saat ini bendungan ini masih kokoh dan menjadi ikon kebanggaan Sumatera Utara," ujarnya yang didampingi Manager PT Inalum Candra Gunawan dan Officer M Gilang dan tim Humas Suryono.

3. Ajak PFI hunting foto ke beberapa kawasan CSR PT Inalum

INALUM Pasang Target Raih Proper Emas Lagi Tahun IniSilaturahmi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan dengan Sekretaris Perusahaan PT Inalum (Persero), Selasa (23/5/2023). (Dok. IDN Times)

Bendungan ini berguna untuk mengontrol air Danau Toba ke Sungai Asahan yang bermuara di Laut Asahan. Sehingga kecil besarnya debit air sungai dikendalikan lewat bendungan ini. Selain itu ada juga kawasan mangrove binaan PT Inalum dan berbagai spot menarik lainnya.

Pria yang akrab disapa Ende ini pun berharap dalam kesempatan berbeda para jurnalis PFI Medan bisa melakukan hunting foto ke beberapa kawasan CSR PT Inalum. Serta bisa bekerja sama melakukan hunting foto untuk pembuatan buku jejak sejarah Inalum dalam rangka memeringati HUT Ke-48 Inalum tahun ini.

4. Inalum sudah berhubungan baik dengan PFI Medan sejak lama

INALUM Pasang Target Raih Proper Emas Lagi Tahun IniSilaturahmi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan dengan Sekretaris Perusahaan PT Inalum (Persero), Selasa (23/5/2023). (Dok. IDN Times)

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi mengatakan kunjungan ini untuk mempererat silaturahmi PFI Medan dan PT Inalum yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Bahkan dalam beberapa tahun ini, Inalum selalu mendukung event yang digelar oleh PFI Medan.

"Termasuk acara berskala Nasional APFI 2022 yang digelar di Medan tahun lalu, Inalum memberikan dukungan yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan silaturahmi ini bisa terjalin terus," ujar Rahmad.

Fotografer di berbagai media internasional ini juga berharap pada HUT Ke-48 Inalum nanti, PFI Medan bisa menjalin kerjasama dalam hal pembuatan buku foto bertajuk 48 Tahun Inalum Mengukir Histori untuk Negeri. Serta bekerja sama dalam kegiatan lainnya yang mendukung peningkatan kapasitas fotografer jurnalis di Kota Medan.

Pada kesempatan ini Rahmad juga menyerahkan buku APFI 2022 kepada Mahyaruddin AR.

Baca Juga: Inalum Berangkatkan 125 Warga Mudik Gratis ke Aceh, Riau hingga Padang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya