Ijeck Ingin Kembalikan Kejayaan Balap Reli di Sumatera Utara

Grand final APRC akan digelar 24-26 November 2023

Medan, IDN Times - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut menggelar pre-event bertajuk Road to Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 di Posbloc Medan, Sabtu (11/11/2023). Kegiatan pre-event untuk mempromosikan Grand Final APRC ini berlangsung hingga hari ini, Minggu (12/11/2023).

Dalam kegiatan ada digelar talkshow hingga memamerkan mobil balap reli yang akan beraksi di Danau Toba Rally - Asia Pacific Rally Championship (APRC) Grand Final pada tanggal 24-26 November 2023.

Pembina IMI Sumut, Musa Rajekshah bercerita pada Masa Tommy Soeharto menjabat Ketua Umum PP IMI periode 1991–1995, olahraga reli sangat dikenal oleh masyarakat, khususnya di Sumatera Utara. Bahkan Sumut pernah menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC).

"Dulu startnya dibuat dari Lapangan Merdeka. Ramai sekali masyarakat yang menonton. Dari lapangan merdeka, masuk ke tol, sampai keluar pintu tol, sangat banyak warga yang menyambut antusias," kenang pria yang akrab disapa Ijeck ini.

Namun saat ini peminat dan pengemarnya tidak seperti dahulu. Lewat pre-event yang digelar di pusat Kota Medan ini, Ijeck ingin masyarakat Sumut lebih antusias lagi dengan balap reli harapannya reli bisa dikenal seperti dulu lagi.

1. Ijeck senang Reli berdampak pada UMKM, pariwisata, dan perhotelan

Ijeck Ingin Kembalikan Kejayaan Balap Reli di Sumatera UtaraIkatan Motor Indonesia (IMI) Sumut menggelar pre-event bertajuk Road to Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 di Posbloc Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Di motor sport saat ini MotoGP dan F1 paling banyak penonton dan sponsirnya. Untuk reli, diakui Ijeck, belum setenar MotoGP dan F1. Dampaknya, susah mendapatkan sponsor dan panitia lebih bekerja keras untuk mempersiapkan acara dengan dana seadanya.

Meski demikian, Ijeck mengaku puas karena bisa membuat sesuatu yang berdampak. Reli adalah olahraga balapan, namun dampaknya bisa ke UMKM, perhotelan, pariwisata, dan masyarakat sekitar.

"Saya tahu panitia ini gak ada untungnya. Tapi ini kepuasan hati dan olahraga hobi ini bisa berdampak pada orsng banyak. Sebenarnya lebih murah kalau kami reli ke luar negeri dan hadiahnya juga lebih besar. Namun kami ingin dampaknya, kita buat di Toba untuk mendukung pariwisatanya. Karena Presiden Jokowi sudah menetapkan 5 destinasi super prioritas. Jadi kami bukan sekadar hobi tapi juga berdampak," ungkap mantan Wakil Gubernur Sumut ini.

2. Sebanyak 9 pembalap asing sudah memastikan hadir

Ijeck Ingin Kembalikan Kejayaan Balap Reli di Sumatera UtaraIkatan Motor Indonesia (IMI) Sumut menggelar pre-event bertajuk Road to Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 di Posbloc Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Ketua Ikatan Motor Indonesia Sumatera Utara (IMI Sumut) Harun Mustafa Nasution menjelaskan Danau Toba Rally - Asia Pacific Rally Championship (APRC) Grand Final ini akan diikuti 65 pembalap dan beberapa di antaranya berasal dari Luar Negeri.

“Sekarang sudah ada 9 pembalap asing dari lima negara yang sudah memastikan hadir, dari Jepang, Thailand, Malaysia, New Zealand dan India. Kita batasi hanya untuk 65 pembalap saja dan daftatnya online. Pembalap-pembalap dari luar sekarang mobilnya sudah di kirim ke Medan," teranganya.

Soal persiapan, tambah Harun, IMI Sumut sudah mempersiapkan secara matang. Ia yakin Grand Final APRC ini akan berlangsung lancar.

3. Akan ada Super Special Stage di Kaldera Toba

Ijeck Ingin Kembalikan Kejayaan Balap Reli di Sumatera UtaraIkatan Motor Indonesia (IMI) Sumut menggelar pre-event bertajuk Road to Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 di Posbloc Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi))

Menurut Ijeck, ada yang menarik di tahun ini karena ada Super Special Stage (SS1) sepanjang 3,10 km di kawasan The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba.

Pembukaan Danau Toba Rally APRC Grand Final juga akan dilaksanakan di The Kaldera. Sementara itu untuk update media akan dilaksanakan di Samosir.

Pertandingan SS2 hingga SS12 di Kawasan Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli hingga Tobasari Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Selain itu, Ijeck mengatakan Menpora Dito juga akan hadir. "Mudah-mudahnan Presiden Jokowi juga bisa hadir," ungkapnya.

Baca Juga: Menpora Dito Akan Hadiri Grand Final Danau Toba Rally APRC 2023

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya