Hari Batik, Ibis Styles Medan Pattimura dan UMKM Bikin Batik Showcase

Sarana untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan batik

Medan, IDN Times - Dalam rangka merayakan hari Batik Nasional seluruh hotel Accor Indonesia mengundang para tamu untuk ikut berpartisipasi merayakan kekayaan lokal Indonesia. Yakni melalui penawaran KarnavALL Batik Indonesia.

Tema “Wonders of Nature” mengambil inspirasi dari keindahan flora dan fauna Indonesia yang menawan, yang mewujudkan semangat harmoni dan warisan budaya.

Khusus di Medan, Ibis Styles Medan Pattimura bekerjasama dengan UMKM Medan untuk mengadakan Batik Showcase. Selain itu juga menyediakan snack - snack dengan motif batik untuk menemani anda di acara Batik Showcase tersebut.

Batik Showcase ini dilaksanakan dari tanggal 5 Oktober dan berlangsung selama satu minggu di lobby area ibis Styles Medan Pattimura.

"Para tamu bisa merasakan pengalaman baru membuat motif batik secara langsung. Selain terpajang dengan indah di area lobby, para tamu juga dapat menggali informasi terkait dengan cerita di balik setiap ukiran batik," ujar Alfi Dika selaku Senior Sales Manager.

1. Perkenalkan batik sebagai warisan budaya pada pelanggan setia Ibis

Hari Batik, Ibis Styles Medan Pattimura dan UMKM Bikin Batik ShowcaseRibuan prajurit TNI Pria memecahkan rekor Muri dengan membatik massal, pada acara Karnaval Abhinaya Abyakta Batik Jogja 2nd Series 2023, di tengah Jalan Jenderal Sudirman, Senin (2/10/2023). (Dok. Istimewa)

General Manager Ibis Styles Medan Pattimura, Insan M. Fachrudin menyampaikan, tujuan penyelenggaraan Batik Showcase ini adalah untuk memperkenalkan batik sebagai warisan budaya yang harus selalu dilestarikan.

"Selain itu melalui Batik Showcase ini dapat memperlihatkan kekayaan dan keindahan budaya khususnya dalam hal seni batik. Mengingat bahwa belakangan sudah banyak yang melupakan keindahan dari kekayaan lokal Indonesia (Batik)," ungkapnya.

Dengan KarnavALL Batik Nusantara ini ibis Styles Medan Pattimura juga menawarkan pengalaman menginap dan mendapatkan souvenir batik dari UMKM Medan yang bekerjasama dengan ibis Styles Medan Pattimura yaitu Pouch dengan motif Batik Gorga Simeol-meol.

Batik Gorga Simeol-meol salah satu motif batik yang berasal dari Suku Batak Toba yang menjadi salah satu kebanggaan Suku Batak Toba. Dapatkan pouch motif Batik Toba tersebut dengan melakukan pemesanan melalui website Accor.

2. Sarana untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan batik

Hari Batik, Ibis Styles Medan Pattimura dan UMKM Bikin Batik ShowcaseRibuan prajurit TNI Pria memecahkan rekor Muri dengan membatik massal, pada acara Karnaval Abhinaya Abyakta Batik Jogja 2nd Series 2023, di tengah Jalan Jenderal Sudirman, Senin (2/10/2023). (Dok. Istimewa)

Hari Batik Nasional secara resmi diperingati setiap tanggal 2 Oktober, bertepatan dengan pengakuan resmi UNESCO pada tahun 2009 atas Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Pada perayaan spesial ini, bekerja sama dengan komunitas lokal dan UMKM batik, para tamu diajak untuk menyelami dunia batik yang mempesona dengan penawaran kamar eksklusif termasuk sarapan lezat, oleh-oleh batik yang dipilih dengan cermat, atau suvenir berbahan batik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi dan mendukung penuh atas perayaan yang memancarkan semangat dan keindahan budaya batik yang begitu berharga dalam sejarah dan warisan budaya.

"Batik bukan hanya sebuah kain indah, tapi juga sebuah cerita tentang identitas kearifan lokal dan kreativitas tanpa batas,” jelasnya.

Pengalaman membatik yang mendalam lainnya juga disediakan di hotel-hotel, seperti hidangan teh sore bernuansa batik, pameran UMKM lokal yang menginspirasi, peragaan busana batik yang indah, lokakarya membatik, talkshow batik yang menarik, dan banyak lagi.

“Kami dengan bangga mempersembahkan KarnavALL Batik Nusantara – Wonders of Nature sebagai sarana untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan batik, tidak hanya mencakup hotel dan resor kami di seluruh Indonesia, namun juga menginspirasi lebih dari sekadar pengalaman menginap. Kami dengan sepenuh hati mendukung inisiatif pemerintah dan menyadari pentingnya pemberdayaan komunitas lokal. Dukungan kami diperluas ke mitra ekonomi kreatif dan UMKM, dan tujuan kami adalah menginspirasi kejayaan Indonesia melalui seni batik,“ kata Garth Simmons, Chief Executive Officer of Accor’s Premium, Midscale and Economy Division in Asia.

3. Ada promo menarik hingga 31 Desember

Hari Batik, Ibis Styles Medan Pattimura dan UMKM Bikin Batik ShowcaseKarnavALL Batik Nusantara di Hotel dan Resor Accor se-Indonesia (Dok. IDN Times)

Para tamu dapat melakukan reservasi untuk penawaran menarik ini di https://all.accor.com/promotions-offers/hot-deals-offers/owm016387-001-karnavall-batik-nusantara.id.shtml mulai 2 Oktober hingga 31 Desember 2023, untuk masa menginap antara tanggal 4 Oktober sampai 31 Desember 2023.

Sebagai suguhan istimewa dalam perayaan meriah ini, anggota ALL - Accor Live Limitless akan menikmati diskon eksklusif sebesar 5 persen, sedangkan anggota Accor Plus dapat menikmati diskon eksklusif sebesar 10 persen.

Menjadi anggota ALL – Accor Live Limitless sangatlah mudah dan gratis dengan mengunjungi www.all.accor.com.

Baca Juga: Accor Hotels dan 1.001 TNI Membatik Massal di Hari Batik Nasional

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya