Hadiri Musrenbang Sumut, Wali Kota Siantar Bawa Pulang Penghargaan

Siantar juga borong 3 penghargaan pekan lalu

Medan, IDN Times - Pemprov Sumut menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024 di Santika Premiere Dyandra Hotel, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Rabu (12/4/2023).

Seluruh kepala daerah di Sumut diundang untuk menghadiri acara ini. Salah satu di antaranya yang hadir adalah Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA.

Pada acara ini Susanti Dewayani menerima penghargaan dari Gubernur Edy Rahmayadi atas perolehan Dana Insentif Daerah Tahun 2022 dan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 Terbaik III untuk Kota Pematang Siantar bersama dengan Kepala Daerah Kabupaten/Kota lainnya.

1. Naik becak ke lokasi Musrenbang

Hadiri Musrenbang Sumut, Wali Kota Siantar Bawa Pulang PenghargaanWali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani menerima Penghargaan dari Gubernur Edy Rahmayadi. (Dok. IDN Times)

Sebelumnya acara dimulai, hal yang tidak biasa terjadi Musrenbang RKPD Sumut tahun ini. Gubernur Edy Rahmayadi beserta jajarannya datang ke Hotel Santika menaiki becak motor (betor). Termasuk Sekdaprov Sumut Arif S Trinugroho serta bupati/walikota juga ikut dalam rombongan ini. Mereka naik becak dari Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman menuju Santika.

Penggunaan betor ini merupakan salah satu bentuk promosi Sumut dan kendaraan khasnya.

"Ini merupakan bentuk promosi kita kepada dunia, mempromosikan Sumut dan kendaraan khasnya," kata Edy Rahmayadi sebelum bergerak ke Santika Premiere Dyandra Hotel.

2. Program 2024 harus sesuai kebutuhan daerah

Hadiri Musrenbang Sumut, Wali Kota Siantar Bawa Pulang PenghargaanWali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani menerima Penghargaan dari Gubernur Edy Rahmayadi. (Dok. IDN Times)

Gubernur Edy Rahmayadi berharap Musrenbang kali ini mampu menjawab tantangan pembangunan Sumut tahun 2024, yang terdiri atas 33 kabupaten/kota. Oleh karena, itu program serta kebijakan tahun 2024 sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah.

"Usulan program itu harus dari daerah ke provinsi, karena mereka yang tahu apa kebutuhannya, tetapi tentu harus sesuai RPJMD provinsi," kata Edy Rahmayadi.

Musrenbang ini merupakan Musrenbang terakhir Gubernur Edy Rahmayadi dan Wagub Musa Rajekshah periode kepemimpinan 2018-2023. Acara ini dihadiri anggota DPRD Sumut, bupati/walikota se-Sumut beserta OPD-nya.

3. Borong 3 penghargaan pekan lalu

Hadiri Musrenbang Sumut, Wali Kota Siantar Bawa Pulang PenghargaanWali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, menerima Top BUMD Awards 2023 yang diserahkan di hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/2023). (Dok. IDN Times)

Pekan lalu, Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, menerima Top BUMD Awards 2023 yang diserahkan di hotel Raffles Jakarta.

Penghargaan ini diperoleh atas prestasi Wali Kota yang berhasil sebagai kepala daerah dalam membina Perumda Tirta Uli, BUMD yang terbaik di Indonesia atas prestasi, perbaikan, dan kontribusi BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Selain dr Susanti, Perumda Tirta Uli meraih TOP BUMD Awards 2023 dengan Bintang 5 (Excellent). Sedangkan Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Uli, Zulkifli Lubis mendapatkan penghargaan TOP CEO BUMD 2023.

Baca Juga: Wali Kota Siantar dan Dirut Perumda Tirta Uli Terima 3 Top BUMD Award

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya