FISIP USU Tepung Tawari 17 Alumni yang Melenggang ke Legislatif

Meski berbeda partai tetap bersatu di FISIP USU

Medan, IDN Times – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) menggelar acara Halalbihalal di Aula FISIP USU, Kamis (2/5/2024). Pada acara ini sekaligus digelar tepung tawar dan doa bersama untuk 17 alumni yang berhasil memenangkan Pileg 2024.

Dekan FISIP USU, Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP mengatakan acara ini awalnya terlaksana dari hasil bincang-bincang dengan Ketua Prodi Pascasarjana. Dimana FISIP USU merasa perlu membuat silaturahmi dengan semua alumni yang berhasil memenagkan Pileg dan duduk di kursi wakil rakyat periode 2024-2029.

“Sekaligus pada acara ini  kita tepung tawari para alumni ini sebagai pengantar doa dan semangat, agar mereka amanah pada jabatan yang baru,” ujar Hatta Ridho pada sambutannya.

Menurutnya, meski berasal dari partai yang berbeda, para alumni ini harus tetap menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik demi nama almamater USU.

Dari ke-17 alumni yang lolos Pileg, 11 di antaranya hadir pada acara Halalbihalal dan Tepung Tawar ini. Yakni Musa Rajekshah (DPR RI), Sugiat Santoso (DPR RI), Dedi Iskandar Batubara (DPD RI), Hj Anita Lubis (DPRD Sumut), Palacheta Subies Subianto (DPRD Sumut), Defri Noval Pasaribu (DPRD Sumut), M Ziad Ananta (DPRD Sumut). Selain itu ada oula Safaruddin (DPRA Aceh), Hari Ananda (DPRD Sergai), Afri Rizki Lubis (DPRD Medan), dan Masyur Ginting (DPRD Karo)

“Sebenarnya lebih banyak lagi dari lulusan S1 yang lolos ke DPRD, di Riau saja ada 3 orang, di Humbahas ada 1 orang, dan masih banyak di daerah lain. Bagaimanapun alumni kita ini harus kita antarkan dalam satu acara, sebagai almamater kita sangat bangga bisa mengumpulkan mereka di sini yang didukung puluhan ribu suara bahkan ratusan ribu dan bisa duduk sebagai wakil rakyat. Kita gelar kirim doa ini untuk menyatakan komitmen dukungan kita. Kita harus tetap bekerjasama, saling mendukung, sumbangsih pemikiran dan lainnya dan kampus harus mendukung ini semua,” ungkap Hatta Ridho.

Menurutnya sumber daya luar biasa yang dimiliki FISIP USU sangat tepat untuk mendukung kerja-kerja alumni yang duduk di legislatif, seperti kerjasama yang telah dijalin FISIP USU dengan dengan lembaga eksekutif selama ini.

“Kita bersedia untuk menjalin kerjasama agar semua ini bertabur hikmah untuk kita semua,” jelasnya.

Baca Juga: May Day Sumut 2024, Mahasiswa Bawa Keranda ke DPRD: RIP Keadilan!

1. Wakil Rakyat akan menentukan nasib kebijakan publik di Indonesia

FISIP USU Tepung Tawari 17 Alumni yang Melenggang ke LegislatifFISIP USU menggelar acara Halalbihalal sekaligus tepung tawar dan doa bersama untuk 17 alumni yang berhasil memenangkan Pileg 2024, di Aula FISIP USU, Kamis (2/5/2024). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Wakil Rektor II USU, Dr. M Arifin Nasution, S.Sos., M.SP menyampaikan permohonan maaf pada semua alumni yang hadir karena Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si tidak bisa bergabung dalam acara ini karena sedang memiliki agenda dengan Kementerian Pendidikan.

Ia menyampaikan pesan dari Rektor USU agar para alumni yang terpilih pada Pileg 2024 mampu menjaga amanah. Karena amanah ini penting dijaga sebagai tanggung jawab atas pilihan masyarakat kepada para alumni FISIP USU.

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh alumni yang sudah berhasil memenangkan hati rakyat, semoga bisa menjalankan amanah. Kami atas nama universitas mengucapkan selamat menjalankan amanah yang luar biasa ini dan kami bangga atas terpilihnya para alumni. Di tangan bapak-ibu tanggungjawab ini bisa menentukan nasib kebijakan publik di Indonesia. Kami mendoakan  bapak-ibu selalu sehat dan selalu di bawah lindungan Allah SWT,” ujar Arifin dalam sambutannya.

Menurutnya kegiatan ini juga bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi para alumni. “Mari kita buka lembaran baru di Bulan Syawal ini. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan bathin,” tambahnya.

2. Momen ini menjadi penyemangat bagi para alumni yang menang Pileg

FISIP USU Tepung Tawari 17 Alumni yang Melenggang ke LegislatifFISIP USU menggelar acara Halalbihalal sekaligus tepung tawar dan doa bersama untuk 17 alumni yang berhasil memenangkan Pileg 2024, di Aula FISIP USU, Kamis (2/5/2024). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Anggota DPD RI, Dedi Iskandar Batubara mengaku sangat bahagia bisa kembali ke kampus FISIP USU setelah sekian lama lulus. Acara ini menjadi nostalgia dan sekaligus mempererat silaturahmi para alumni, khususnya yang terpilih menjadi Wakil Rakyat.

“Saya juga berterima kasih pada semua alumni, saya yakin banyak di sini, termasuk Prof Subilhar, yang menjadi tim sukses saya. Beliau (Prof Subilhar) ini yang membidani saya hingga menjadi seperti ini,” katanya.

Dedi menjelaskan ini merupakan ketiga kalinya ia terpilih sebagai DPD RI. Pada Pemilu 2014 ia berhasil mendulang 480 ribu suara, pada Pemilu 2018 sebanyak 710 ribu suara, dan teranyar pada Pemilu 2024 berhasil meriah 1,08 Juta Suara.

“Itu tentu bukan karena kehebatan saya tapi itu semua karena kepercayaan dan keikhlasan rakyat Sumut, terkhusus kampus FISIP USU untuk mendukung saya. Mudah-mudahan iringan doa hari ini menjadi penyemangat bagi kami dan doa agar kami sukses menjalankan amanah ini. Sejak awal saya menganggap amanah ini seperti genggagam saja, bisa lepas kapan saja. Semoga kita yang diamanahi bisa kita laksanakan sebaik-baiknya,” jelas Dedi.

3. Menang Pileg menjadi amanah yang harus dipertanggungjawabkan

FISIP USU Tepung Tawari 17 Alumni yang Melenggang ke LegislatifFISIP USU menggelar acara Halalbihalal sekaligus tepung tawar dan doa bersama untuk 17 alumni yang berhasil memenangkan Pileg 2024, di Aula FISIP USU, Kamis (2/5/2024). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Anggota DPR RI, Musa Rajekshah berharap acara ini semakin mendekatkan para alumni sebagai keluarga besar FISIP USU. Ia mengaku bangga menjadi alumni almamater USU karena bisa menjalin hubungan yang begitu dekat bukan karena pangkat dan jabatan.

“Saya S2 dan S3 di USU, Alhamdulillah saya diizinkan tamat S3 di sini. (Kemenangan Pileg) ini menjadi amanah yang harus dipertanggungjawabkan, apapun itu setelah terpilih pasti akan membuat sesuatu yang baik demi generasi selanjutnya.  Kami mengucapkan terima kasih untuk kegiatan hari ini untuk saling mengenal satu sama lain,” pungkas pria yang akrab disapa Ijeck ini.

Pada kegiatan ini, ke-11 wakil rakyat Alumni FISIP USU ditepungtawari oleh Wakil Rektor II USU, Dekan FISIP USU, para guru besar dosen yang hadir pada kegiatan ini. Kegiatan ini ditutup dengan makan siang bersama.

Baca Juga: Bursa Pilgub Sumut Semakin Ramai, 7 Nama Ikut Penjaringan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya