Filo Coffee Specialty Sipirok Bikin Ngopi Bareng 1.000 Cup Gratis

Citarasa kopi Excelsa berbeda dari Arabika dan Robusta

Tapanuli Selatan, IDN Times - Filo Coffee Specialty Sipirok bersama Parsorminan Park and Farm ikut memeriahkan HUT Ke-78 RI dengan mengadakan "Ngopi Bareng 1.000 Cup Gratis" untuk masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (17/8/2023).

Manager Filo Coffe, Sartika Permata, mengatakan kehadiran filo kopi di Alun-alun Tapsel, di Sipirok itu untuk mengenalkan citarasa kopi excelsa ke masyarakat luas.

"Di samping memeriahkan Hari Kemerdekaan RI, Filo Coffee Specialty Sipirok hadir untuk memberikan cita rasa kopi excelsa terbaik dengan aroma yang khas dan unik yang dimiliki dengan packaging yang super premium," jelasnya.

1. Kopi godang atau kopi kuning

Filo Coffee Specialty Sipirok Bikin Ngopi Bareng 1.000 Cup GratisFilo Coffee Specialty Sipirok bersama Parsorminan Park and Farm ikut memeriahkan HUT Ke-78 RI dengan mengadakan "Ngopi Bareng 1.000 Cup Gratis" di Sipirok (Dok. IDN Times)

Menurutnya, kopi excelsa merupakan kopi khas Tapanuli Bagian Selatan meliputi wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Mandailing Natal, dan Kota Padangsidimpuan, karena ciri khas citarasanya yang unik.

"Kopi excelsa, tidak kalah jauh dengan citarasa kopi arabika dan robusta. Di Sipirok kopi excelsa sering di sebut sebagai kopi godang atau kopi kuning," kata perempuan yang akrab disapa Tika ini.

Ia menyatakan bahwa budidaya kopi godang atau kopi kuning ini sudah tidak banyak lagi, disebabkan masalah harga di bawah dibanding arabika maupun robusta. Termasuk soal perawatan excelsa jauh lebih mudah.

"Semoga momen Hari Kemerdekaan RI yang Ke-78 dengan membagikan 1000 cup gratis kepada masyarakat Tapanuli Selatan khususnya, Kopi Excelsa Specialty Sipirok semakin diminati warga utamanya para pencinta kopi," harap Tika.

2. Perawatannya jauh lebih mudah dibandingkan arabika dan robusta

Filo Coffee Specialty Sipirok Bikin Ngopi Bareng 1.000 Cup GratisFilo Coffee Specialty Sipirok bersama Parsorminan Park and Farm ikut memeriahkan HUT Ke-78 RI dengan mengadakan "Ngopi Bareng 1.000 Cup Gratis" di Sipirok (Dok. IDN Times)

Ia juga berharap pihaknya dapat bersama-sama pemerintah untuk memajukan Kopi Sipirok hingga ke manca negara melalui event nasional maupun internasional.

Saat ini, tambah Tika, tidak banyak lagi petani kita mau menanam kopi excelsa dikarenakan harganya lebih rendah dibanding jenis kopi lain.

Namun yang jarang diketahui petani adalah perawatannya jauh lebih mudah dan gampang dibandingkan arabika dan robusta. Lewat "Ngopi Bareng 1.000 Cup Gratis" ini ia berharap masyarakat semakin kenal dengan kopi excelsa dan petani semakin paham tentang kelebihan kopi excelsa ini.

Baca Juga: Potret Keseruan Pengibaran Bendera Raksasa di Puncak Gunung Sibayak

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya