Fasilkom-TI USU Gelar Acara Puncak Dies Natalis Ke-9 secara Daring

Berhasil menorehkan berbagai Prestasi di Tahun 2020

Medan, IDN Times - Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan acara puncak Dies Natalis Ke-9, Sabtu (19/12/2020) secara daring di tengah pandemi COVID-19 yang belum kunjung mereda. Dies Natalis Fasilkom-TI tahun ini bertemakan “Produktif Berkarya dan Berkolaborasi dalam Menyongsong Indonesia Emas di Tengah Pandemi COVID-19”.

Acara ini sebelumnya telah diawali dengan serangkaian acara, diantaranya webinar dan talkshow secara daring dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Fasilkom-TI dengan mengundang berbagai pembicara dari institusi pendidikan dan dunia industri baik dalam maupun luar negeri sejak bulan Oktober sampai dengan Desember 2020. Rangkaian acara pendahulu ini mendapatkan respon yang sangat baik terlihat dari antusiasme partisipasi mahasiswa Fasilkom-TI dan masyarakat umum untuk mengikuti webinar dan talkshow dimaksud. 

Dalam acara puncak Dies Natalis ini, Fasilkom-TI juga mengadakan orasi ilmiah bertajuk “Penelitian dalam Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML): Tantangan dan Arah Baru” yang disampaikan oleh Dr. Erna Budhiarti Nababan, M.IT. Orasi ilmiah ini diharapkan mampu membuka wawasan luas tentang tantangan dan arah baru area AI dan ML di era industri 4.0.

1. Fasilkom-TI sudah banyak menorehkan berbagai capaian di Tahun 2020

Fasilkom-TI USU Gelar Acara Puncak Dies Natalis Ke-9 secara DaringBiro Rektor USU (Dok. USU)

Pada kesempatan itu juga, Dekan Fasilkom-TI, Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc. mengatakan bahwa situasi pandemi Covid-19 tidak lantas menyurutkan semangat sivitas akademika Fasilkom-TI dalam berkarya menghasilkan karya-karya yang inovatif dan kreatif baik di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Diusia yang Ke-9, Fasilkom-TI sudah banyak menorehkan berbagai capaian di Tahun 2020. di antaranya, pertama, berdirinya Program studi yang baru yakni Program Studi Magister (S2) Sains Data dan Kecerdasan Buatan. Program studi ini merupakan program studi yang dibangun atas program kerjasama internasional antara Fasilkom-TI USU dan Erasmus+. Kehadiran program studi ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan akan praktisi sains data yang saat ini sangat banyak diperlukan oleh industri digital.

"Kerjasama ini juga melibatkan perguruan tinggi di Eropa maupun di Asia, diantaranya Athens University of Economics and Business (AUEB), Leiden University (LEU), Asian Institute of Technology (AIT), University of Minho (UMI), University of Sri Jayewardenepura (USJP), University of Peradeniya (UoP), Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Institut Teknologi Bandung (ITB), Khon Kaen University (KKU), dan Walailak University," ujarnya.

Kedua, terjalinnya kerjasama antara Fasilkom-TI USU dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam menyelenggarakan Digital Talent Scholarship (DTS) untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, 10 Artis Indonesia Ini Ternyata Asli Korea

2. Delapan dosen Fasilkom-TI masuk dalam 500 peneliti terbaik Indonesia

Fasilkom-TI USU Gelar Acara Puncak Dies Natalis Ke-9 secara Daringwww.usu.ac.id

Pencapaian ketiga, delapan dosen Fasilkom-TI masuk dalam 500 peneliti terbaik Indonesia berdasarkan SINTA Kemristek/BRIN Tahun 2020, yakni Muhammad Fadly Syahputra, B.Sc., M.Sc.IT, Romi Fadillah Rahmat B.Comp.Sc., M.Sc., Baihaqi Siregar S.Si., MT., Ulfi Andayani, M.Kom., Dr. Erna Budhiarti Nababan, M.IT., Prof. Dr. Mahyuddin K.M. Nasution, M.IT., Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc., dan Prof. Dr. Muhammad Zarlis.

Keempat, berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Program Program World Class Visiting Professor Universitas Sumatera Utara (USU) dengan mengundang 3 professor dari 3 universitas luar negeri untuk memberikan kuliah umum. Ketiga professor tersebut adalah Prof. Dr. Rahmat Budiarto dari Al Baha University, Prof. Dr. Rahmita O.K. Wirza dari Universiti Putra Malaysia dan Assoc. Prof. Dr. Rabiah A. Kadir dari Universiti Kebangsaan Malaysia.

"Kelima, meluncurkan 6 Research Group yang diharapkan menjadi keunggulan kedepan dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat Indonesia, secara khusus Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara. Keenam Research Group tersebut adalah Data Science and Intelligent System, Software Engineering, Multimedia, Computer Graphics and Vision, Data Security and Digital Forensic, dan Computer System," ungkapnya.

3. Mahasiswanya berhasil membuat layanan Chatbot yang diberi nama Sigap Covid-19

Fasilkom-TI USU Gelar Acara Puncak Dies Natalis Ke-9 secara DaringLaboratorium di Rumah Sakit USU sudah bisa memeriksa sampel swab tenggorok dengan metode PCR (Tim Humas USU/Amri Affandi Simatupang)

Keenam, meluncurkan E-Magazine (majalah elektronik) Fasilkom-TI USU yang diberi nama CLICKER. CLICKER ini diharapkan menjadi salah satu media informasi Fasilkom-TI USU dalam memberikan informasi seputar teknologi, inovasi, kreatifitas dan penelitian yang dihasilkan oleh sivitas akademika Fasilkom-TI USU. Majalah ini dapat diakses melalui tautan resmi https://fasilkom-ti.usu.ac.id.

Ketujuh, satu Tim Mahasiswa (M. Aulia Ramadhan, Mailan Roni Saputra dan Javic Rotanson) Fasilkom-TI USU memperoleh juara 3 Nasional dalam ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 13 Tahun 2020 Bidang Pengembangan Aplikasi Permainan (GameDev). Tim ini berada dibawah naungan Unit Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (ITIKom) dengan bimbingan Jos Timanta Tarigan, S.Kom., M.Sc..

Kedelapan,  dua mahasiswa Fasilkom-TI USU (Muhammad Bagus Syahputra dan Rogate Sola Fide) dibawah bimbingan Indra Aulia, S.TI., M.Kom menghadirkan layanan Chatbot yang diberi nama Sigap Covid-19 berbasis LINE Messanger untuk media edukasi, pemantauan dan pengecekan resiko Covid-19.

Terakhir, Terpilihnya 2 mahasiswa Fasilkom-TI USU (Adine Yasmine Belinda dan Selina Amelia Savitri) untuk mengikuti program student mobility ke FH Joanneum University of Applied Science, Austria selama 1 semester.

"Acara puncak Dies Natalis ini menjadi refleksi bagi Fasilkom-TI dalam berkomitmen meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat melalui bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kedepannya, Fasilkom-TI USU akan memfokuskan upaya mewujudkan dan meningkatkan program internasionalisasi di bidang pendidikan dan penelitian, kerjasama dengan berbagai universitas dan industri, peningkatan lisensi produk teknologi, penataan kampus, serta kolaborasi untuk inovasi, yang sejalan dengan arah strategis Universitas Sumatera Utara," pungkasnya.

Baca Juga: Bikin Pangling, 10 Potret Asli Kiki Pembantu Aldebaran di Ikatan Cinta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya