[BREAKING] Jalan ke Danau Toba Longsor Lagi, Hanya Dibuka Satu Arah

Sudah delapan kali longsor dalam tiga minggu terakhir

Simalungun, IDN Times - Longsor kembali terjadi di jalan lintas Pematangsiantar-Parapat menuju ke Danau Toba, Jumat (11/1), kira-kira pukul 14.40 WIB.

Longsor di perbukitan Bangun Dolok, Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara sudah kerap terjadi dalam beberapa minggu terakhir.

Tidak ada kendaraan yang terdampak material longsor yang cukup banyak itu, hanya saja menutupi satu dari dua jalur jembatan kembar Sidua-dua.

"Kini lalu lintas satu jalur lagi, hanya dari Parapat ke Pematangsiantar," kata Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno.

Jalur Pematangsiantar - Parapat dan daerah lain di kawasan Tapanuli dialihkan melalui Simpang Palang Tiga Dolok ke Sitahoan Girsang Sipangan Bolon. Sedangkan yang sempat memasuki jalur longsor digunakan sistem buka tutup.

Sekretaris Camat Girsang Sipangan Bolon, Ferry Risdonni Sinaga, mengatakan pihaknya bersama Kepolisian dan kesatuan Koramil berusaha mengeruk material longsor dengan menggunakan alat berat milik perusahaan.

Berdasarkan catatan, longsor terjadi sedikitnya sudah delapan kali sejak 18 Desember 2018. Empat unit mobil dan dua sepeda motor ikut tertimbun material pada kejadian tersebut.

Baca Juga: Walhi Sumut Menduga Longsor di Parapat karena Ilegal Logging

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya