[BREAKING] Gempa 5.0 SR Guncang Banda Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Masyarakat diimbau agar tetap tenang

Banda Aceh, IDN Times - Kota Banda Aceh diguncang gempa tektonik bermagnitudo 5.0 pada skala richter pada Kamis (20/8/2020) pukul 20.53 WIB.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.86 LU dan 96.08 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 26 km baratdaya Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 Kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro dalam pernyataan tertulisnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar sumatera pada Segmen Aceh.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault)," tulisnya.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Banda Aceh dan Pidie Jaya dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Dirasakan juga di Nagan Raya, Bener Meriah, Aceh Jaya dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelasnya.

Baca Juga: Jadi Perbincangan Netizen, 10 Gaya Pacaran Adhisty Zara dan Zaki Pohan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya