Bidan Jadi Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan di Deli Serdang

Bidan berperan dalam mengurangi angka kematian ibu dan bayi

Deli Serdang, IDN Times - Bidan memiliki peran penting dalam dunia kesehatan, sebab bidan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat. Terutama terkait kesehatan ibu hamil, bayi dan anak-anak serta pelayanan kesehatan reproduksi.

“Bidan dan IBI memiliki peran penting terhadap pembangunan kesehatan di Kabupaten Deli Serdang. Mereka berperan dalam mengurangi angka kematian ibu dan bayi di kabupaten ini. Karenanya, kegiatan senam sehat ini sangat baik menurut saya karena bisa meningkatkan tali silaturahmi antar sesama bidan,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Deli Serdang, Asri Tambunan di sela acara Senam Sehat HUT IBI yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Deli Serdang, Jumat (13/9/2024).

Lebih lanjut Asri mengatakan, kegiatan senam sehat itu harus dilaksanakan secara berkesinambungan agar seluruh bidan di Deli Serdang semakin erat silaturahminya dan memiliki langkah yang sama ke depan. Ia juga berharap IBI bisa memberi warna baru bagi pelayanan kesehatan di seluruh Kabupaten Deli Serdang, di 22 kecamatan, 380 desa dan 14 kelurahan.

“Hari ini sangat luar biasa ya acaranya. Dinkes Deli Serdang akan terus mendukung program-program IBI Deli Serdang ke depan. Juga seluruh organisasi profesi terkait kesehatan lainnya, seperti IDI, PPNI, apoteker dan lainnya,” pungkasnya.

Ketua IBI Kabupaten Deli Serdang, Sri Lisna Murni menjelaskan, pihaknya rutin mengadakan senam sehat setiap tahunnya untuk meningkatkan tali silaturahmi antar sesama anggota. Kegiatan itu diadakan untuk memperingati HUT ke-73 IBI yang jatuh pada 24 Juni.

“IBI Deli Serdang memiliki total 1.400 anggota namun hanya seperempatnya yang kami undang. Mereka yang hadir berasal dari 34 puskesmas dan 17 ranting. Kami sangat senang acara ini bisa dihadiri Bapak Kepala Dinas Kesehatan Deli Serdang, kami harap beliau selalu membimbing dan membina kami. Beliau adalah junjungan kami di pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Baca Juga: Menpora Sebut Venue Voli PON 2024 Terbaik, Atlet: Masih Banyak Debu

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya