Begini Cara Meningkatkan Minat Baca Murid di Sekolah

Yuk dicoba

Medan, IDN Times - Kecakapan literasi saat ini menjadi tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2019, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi. Salah satu penyebabnya ditengarai karena rendahnya budaya baca siswa di Indonesia.

Menindaklanjuti hasil survei tersebut, SMP Negeri 2 Kabupaten Tebo Jambi mencoba berbenah.

Untuk menumbuhkan kecintaan siswa dalam membaca, SMP Negeri 2 Kabupaten Tebo menggagas gerakan literasi sekolah yang sudah dicanangkan sejak tahun 2019 yang lalu.

Gerakan literasi sekolah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan sekolah sebagai tempat untuk membaca dan menulis agar seluruh warga sekolah memiliki minat baca yang baik. Konteks literasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kabupaten Tebo tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisa suatu bacaan dan memahami konsep di balik tulisan itu.

“Program literasi ini kami gagas melihat minat baca siswa yang kurang. Sehingga dengan adanya program literasi, minat baca siswa akan membudaya sehingga jendela dunia akan terbuka,” ujar Bapak Wahyudi Dwi Muljono, selaku Kepala Sekolah, Senin, (21/2/2022).

Baca Juga: Harga Kedelai Naik, Pedagang di Medan Siasati Harga Jual Tahu-Tempe

1. Luangkan waktu 15 menit membaca pada hari Selasa, Rabu, dan Sabtu

Begini Cara Meningkatkan Minat Baca Murid di SekolahGerakan literasi di sekolah (Dok. IDN Times)

Sebagai sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation, Kepala SMP Negeri 2 Kabupaten Tebo mengatakan bahwa ada beberapa kiat dalam melaksanakan program literasi ini, di antaranya menyusun jadwal dengan mengalokasikan waktu lima belas menit untuk membaca sebelum memasuki jam pelajaran pertama setiap hari Selasa, Rabu dan Sabtu.

Kemudian dilanjutkan setiap bulan ada kegiatan literasi bersama di taman baca.

“Dalam kegiatan literasi bersama ini, siswa yang mau berpartisipasi akan meyampaikan apa yang dibacanya di depan umum. Tidak sampai disitu, setiap akhir semester kami juga mengadakan perlombaan literasi,” ujarnya bersemangat.

2. Kegiatan membaca tidak hanya dilakukan oleh siswa namun juga dilakukan oleh guru

Begini Cara Meningkatkan Minat Baca Murid di SekolahDokumentasi Pribadi/ SMPN 4 Tenggarong

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia sejak tahun 2020 berpengaruh besar terhadap kegiatan literasi di dunia pendidikan. Hal itu juga berdampak pada kegiatan literasi di SMP Negeri 2 Kabupaten Tebo.

“Program yang sudah dirancang dengan baik, akhirnya tidak berjalan seiring terjadinya pandemi. Namun sejak diberlakukan PTM terbatas dan sekarang sudah mulai PTM 100% kami kembali menggerakkan program ini agar kemampuan literasi siswa tidak mengalami penurunan” ujar kepala sekolah ini sambil tersenyum.

Penulis yang juga Fasilitator Daerah Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Tebo terus mendorong sekolah-sekolah lainnya untuk terus mengembangkan pendidikan dan pembelajaran agar learning loss di masa pandemi bisa teratasi.

Gerakan literasi sekolah merupakan gerakan yang memerlukan dukungan dan sinergi warga sekolah. Salah satu upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membaca 15 menit sebelum proses pembelajaran dimulai. Kegiatan membaca ini tentunya tidak hanya dilakukan oleh siswa namun juga dilakukan oleh guru.

Lebih lanjut kepala sekolah mengungkapkan bahwa di awal program memang ada kendala. Kendalanya karena kurang terbiasa jadi agak sulit mengajak siswa untuk membaca. Penghambat kegiatan literasi berikutnya yaitu kurang tersedianya buku-buku yang menarik sesuai dengan usia anak tingkat sekolah menengah.

Sekolah mencoba memfasilitasi dengan membuat pojok baca di setiap kelas, melengkapi isi perpustakaan dan membuat taman baca.

3. Pindahkan sebagian buku perpustakaan di kelas

Begini Cara Meningkatkan Minat Baca Murid di SekolahPexels.com/Filipe Sabino

Untuk mendukung kegiatan literasi di sekolah, sebagian buku-buku bacaan yang ada di perpustakaan kami letakkan ke dalam kelas untuk disimpan pada pojok baca. Kemudian siswa juga diwajibkan membawa buku.

Buku ini dirolling per kelas sehingga buku bacaan tidak monoton. Selain itu, ada juga kontribusi alumni dengan memberikan sumbangan buku untuk menambah koleksi bacaan. Bahkan ada juga guru yang meminjamkan buku dari koleksi pribadi.

Berkat dukungan semua warga sekolah program ini bisa berjalan dengan lancar. Bahkan saat ini setiap guru memiliki catatan dan buku kontrol mengenai apa yang dibaca siswa, sehingga guru terlibat langsung dan antusias dalam kegiatan literasi.

“Saya menyambut positif kegiatan ini. Program literasi membuat siswa menjadi termotivasi untuk membaca,” ungkap Ibu Seri Rosana Puji Astuti, S.Pd.I salah seorang guru.

Di kalangan siswa juga ada gerakan yang mereka lakukan untuk menjaga pojok baca yang sudah dibuat. Seperti yang diungkapkan Rinaldo Ferdean salah seorang siswa.

“Kami membuat jadwal piket khusus untuk membersihkan pojok baca setiap hari, menyapu karpetnya dan merapikan buku-buku. Selain itu, setelah membaca kami berupaya meletakkan kembali buku pada tempatnya," katanya.

4. Bikin gerakan literasi di sekolah

Begini Cara Meningkatkan Minat Baca Murid di Sekolahunsplash/@anniespratt

Maulida Khilmaya, salah seorang siswi SMP Negeri 2 Kabupaten Tebo mengungkapkan perasaan senang dengan adanya gerakan literasi ini.

“Adanya gerakan literasi di sekolah ditunjang dengan adanya pojok baca di dalam kelas membuat minat baca saya meningkat,” imbuhnya.

Ibu Andwi Putri Rezki, salah satu fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation menambahkan bahwa gerakan literasi adalah solusi untuk meningkatkan minat baca bagi siswa. Melalui gerakan literasi bisa menjadi sarana mengenal, memahami dan memperdalam ilmu bagi siswa.

Dengan membaca wawasan dan pengetahuan siswa akan semakin luas, gagasan akan semakin tajam dan kreatifitas akan semakin meningkat.

“Harapan saya dan harapan kita bersama kegiatan literasi ini membudaya di kalangan guru dan siswa. Dengan adanya program literasi anak-anak menjadi termotivasi untuk membaca,” tambah kepala sekolah di akhir perbincangan.

Baca Juga: Mengenal Agama Pamena Dalam Budaya Masyarakat Karo

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya