Becak BSA Legendaris dari Siantar Jadi Daya Tarik di PRSU Medan

Wisatawan lokal dan mancanegara selfie di becak BSA

Medan, IDN Times - Paviliun Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar menghiasi kemeriahan PRSU Ke-49 tahun ini. Ragam UMKM dan profil wisata Kota Pematang Siantar terpajang di stand Pemko setempat, Minggu (16/7/2023).

Pada PRSU Ke-49 ini, Pemerintah Kota Pematang Siantar mengusung komoditi unggulan, seperti produk minuman cap badak, bubuk teh, kopi simalungun, lukisan seniman siantar, dan kerajinan tangan dari kampung tematik, pakaian adat simalungun, ulos, Becak BSA, miniatur Becak BSA, dan Profil Wisata Taman Hewan (Siantar Zoo) Pematang Siantar menjadi local genuine siantar terpajang.

Uniknya, Becak BSA juga terpampang tampak gagah di Paviliun Pemko Pematang Siantar di arena PRSU. Masyarakat yang berkunjung di Paviliun Pemko Siantar untuk berfoto ria dengan Becak Legendaris tersebut.

Ada pengunjung yang dari Medan, Langkat, Deli Serdang, Karo, Batubara, para bikers se-Sumut, Lhokseumawe, Manado. Bahkan warga negara Malaysia yang mengujungi berdecak kagum dan berfoto di atas BSA.

1. Becak BSA dan miniatur Becak Siantar dipamerkan di paviliun Pemko

Becak BSA Legendaris dari Siantar Jadi Daya Tarik di PRSU MedanBecak BSA dipajang di paviliun Kota Pematangsiantar PRSU Medan. (Dok. IDN Times)

Hendra Tambunan selaku salah satu pengurus BOM’S Pematang Siantar menuturkan bahwa BSA Legendaris ini memiliki nilai sejarah yang telah melewati empat generasi.

”Saya mewakili BOM’S, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Pematang Siantar yang telah men-support dan ikut membantu melestarikan ikon Siantar ini,” jelasnya.

Pemerintah Kota Pematang Siantar memamerkan beragam kerajinan tangan dan karya seni di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-49. Beberapa kerajinan tangan yang dipamerkan yakni Becak BSA dan miniatur Becak Siantar yang memang begitu kesohor.

2. Koleksi Siantar Zoo juga dipamerkan

Becak BSA Legendaris dari Siantar Jadi Daya Tarik di PRSU Medanberinteraksi dengan elang (instagram.com/siantar_zoo)

Selain memajangkan produk UMKM seperti tas ulos simalungun, madu asli, produk minuman, Pemko Pematang Siantar juga memajangkan sejumlah hewan yang sudah diawetkan sebagai profil wisata Taman Hewan yang kerap dikunjungi masyarakat dan anak sekolah.

Hewan-hewan yang diawetkan ini merupakan milik Galeri Rahmat International Wildlife Museum dan Gallery.

Hewan yang dipajangkan yakni Babi Hutan, Kangguru, Kucing Hutan, Heyna, Rusa, Serigala, Kambing Gunung, Zebra, Burung Merak dan Wombat Australia.

3. PRSU akan ditutup hari ini

Becak BSA Legendaris dari Siantar Jadi Daya Tarik di PRSU MedanGubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat membuka PRSU ke 49 tahun (IDN Times/Indah Permata Sari)

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Ketua Dekranasda H.K Erizal Ginting SH ikut menghadiri pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-49 Tahun 2023 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) bertempat di Panggung Utama PRSU, Jalan Gatot Subroto Tapian Daya, Medan Jumat, (16/6/2023).

Acara ditandai dengan pemukulan gondang 9 (sembilan) oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, Kepala Daerah se-Sumut serta Forkopimda se-Sumut.

Sedangkan penutupan akan digelar pada hari ini, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Ditikam Pacar 16 Kali, Eka Memilih Berdamai dan Akan Menikah

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya