Bangganya Rustam, Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp88 Juta

Sapi jenis Brahman Peranakan Ongole dengan Bobot 1,2 Ton

Langkat, IDN Times - Suatu kebanggaan bagi Rustam, khususnya dan Kabupaten Langkat umumnya.

Ya, dari rumah peternakan miliknya yang terletak di Jalan Lintas Langkat-Aceh, Desa Batu Malenggang, Dusun 1, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat. 

Sapi dengan berat dengan berat saat ini mencapai 1,2 ton dan berjenis Brahman Peranakan Ongole (PO), menjadi salah satu pilihan orang nomor satu di Indonesia. Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo membeli sapi ini untuk dikurbankan pada Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah nanti.

1. Syarat usia sapi lebih dua tahun dengan usia 4,5 tahun

Bangganya Rustam, Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp88 JutaIDN Times/Handoko

Sapi Presiden ini diketahui sudah layak kurban, dengan syarat lebih dua tahun dengan usia 4,5 tahun. Ini dibuktikan dengan telah bergantinya empat pasang gigi susu menjadi gigi seri permanen. Selain itu, kondisi matang layak untuk dikurbankan pada Iduladha 1440 Hijriah. 

Bahkan, sebelumnya sapi ini dibeli Presiden RI, terlebih dahulu sapi sudah diuji tim kesehatan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat dan Dinas Peternakan Provinsi serta Staf Kepresidenan.

Baca Juga: Cerita Angel, Cewek Gendut Juga Bisa Jadi Model Photoshoot Kok

2. Sudah diincar sejak bulan Mei 2019

Bangganya Rustam, Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp88 JutaIDN Times/Handoko

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat Nasiruddin mengatakan, dipilihnya salah satu sapi dari rumah peternakan di Kabupaten Langkat oleh Presiden RI, merupakan satu kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Langkat.

Hal ini juga diharapkan dapat memotivasi bagi peternak lain yang ada di Kabupaten Langkat, untuk menghasilkan hewan ternak unggulan.

"Terpilihnya sapi milik Pak Rustam, melalui tahapan-tahapan dan pengujian. Baik itu dari Dinas Peternakan Provinsi, maupun dari kantor Staf Kepresidenan. Setelah dinilai layak, barulah sapi dibeli dan dirawat dengan baik hingga hari H nantinya," kata Nasiruddin. 

Ditambahkannya, jika sapi milik Pak Rustam, sudah mulai dilirik oleh Presiden RI sejak bulan Mei tahun 2019 lalu. Saat itu, memang setiap bulannya pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat, melakukan monitoring dan penyuluhan kepada setiap peternak. Laporan inipun disampaikan ke Dinas Peternakan Provinsi. 

"Alhamdulillah, ternyata hasil laporan ini dilirik oleh Dinas Perternakan Provinsi dan Staf Keperesidenan. Sapi Pak Rustam, diajukan sebagai salah satu hewan kurban dari Presiden RI dan setelah melalui beberapa tahap proses, terpilihlah sapi ini menjadi salah satu sapi yang dibeli oleh Presiden RI," kata dia.

3. Dapat perhatian khusus dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat

Bangganya Rustam, Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp88 JutaIDN Times/Handoko

Dikatakan Nasiruddin, dengan terpilih dan dibelinya sapi jenis Brahman milik Pak Rustam oleh Presiden RI. Tentunya hal ini menjadi perhatian penting bagi Dinas Perternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat. Pihaknya harus terus melakukan pengontrolan dan pengecekan hingga hari H nanti. 

"Saat ini kita terus melakukan pengecekan terhadap sapi ini agar terpelihara dengan baik. Pengontrolan seperti memeriksa kesehatan untuk mengantisipasi parasit atau penyakit cacing menyerang sapi dengan memeriksa kotoran Lep, sehingga nantinya sapi milik Presiden RI dapat dikurbankan dengan hasil yang cukup memuaskan," kata dia.

4. Dibeli dengan harga Rp88 juta rupiah

Bangganya Rustam, Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp88 JutaIDN Times/Handoko

Rustam, pemilik sapi merasa senang dan bangga dengan dipilihnya sapi yang dipeliharanya. Diakuinya, sapi yang dibeli Presiden RI saat ini memiliki bobot mencapai 1,2 ton dan kemungkinan akan bertambah berat lagi hingga hari H nanti. "Tentunya sangat senang dan banggalah, Presiden loh yang membeli, siapa yang tidak bangga bang," kata Rustam, tersenyum sumringah.


Ayah tiga anak ini mengakui, jika sapi miliknya dibayar dengan harga yang cukup pantastis yakni Rp88 juta. Tentunya harga ini sebanding dengan bobot yang dimiliki oleh sapi yang akan dibeli. "Kemungkinan hingga hari H, bobot sapi ini akan bertambah lagi jika dirawat dengan baik," kata pria bertubuh kekar ini.

Diakuinya, untuk memelihara sapi dengan baik, tidak harus memiliki keahlian khusus ataupun makanan yang istimewa. Sapi hanya perlu diberimakan sepuasnya dan mendapatkan perlakuan secara baik, mulai dari waktu istirahat (tidur) dan memandikannya hingga terhindar dari farasit. 

"Tidak perlu perhatian khusus, hanya makanan saja yang dijaga dan terus dipantau. Untuk kesehatannya, kita mesti berkonsultasi dengan dokter hewan dan memeriksakannya. Jangan lupa, setiap hewan ternak seperti sapi ini mesti dimandikan, agar terlihat segar dan bersih terhindar dari penyakit," kata dia.

5. Sabtu ini akan diantar ke Medan

Bangganya Rustam, Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp88 JutaIDN Times/Handoko

Terkait sapi milik Presiden RI ini, jelas dia, pihaknya telah mempersiapkan untuk pengantarannya ke Medan. Diwacanakan jika tidak ada halangan, Sabtu tanggal 10 Agustus ini sapi akan diantar ke Masjid Agung Medan untuk persiapan kurban.

"Jika tidak ada halang rintang, Sabtu ini kita akan mengantar sapi ke Masjid Agung Medan," terangnya.

Dirinyapun berharap, dengan terpilihnya sapi miliknya. Para peternak lain di Kabupaten Langkat, akan termotivasi untuk merawat hewan ternak dengan baik. Sehingga Kabupaten Langkat, bisa memasok daging ke Sumatera Utara khususnya Indonesia umumnya. 

Memang selama ini, jelasnya, hewan yang diternak miliknya kerap menjadi incaran para pejabat. Namun baru kali ini seorang Presiden RI, membeli sapi miliknya dengan harga dan bobot yang terbilang fantastis. Selain usaha peternakan, dirinya juga mengakui telah membuka Rumah Potong Hewan (RPH). 

"Alhamdulillah, banyak pejabat-pejabat mengincar hewan ternak milik kita. Tapi entah mimpi apa, baru kali ini Presiden RI mengincar sapi milik saya. Hal ini sangat membuat saya bangga, bahkan nama saya sering disebut-sebut di media. Ini merupakan satu keberuntungan bagi saya," tegas Rustam. 

Baca Juga: Kisah M Nur, Driver yang Kaget Dapat Penumpang Sang CEO Gojek

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya